Home Review Review OPPO Watch Free: Stylish dengan Fitur Kebugaran Berlimpah

Review OPPO Watch Free: Stylish dengan Fitur Kebugaran Berlimpah

OPPO tak hanya rajin menggelontorkan perangkat smartphone untuk berbagai segmen. Untuk melengkapi ekosistemnya, kali ini OPPO juga memperkenalkan peranti Internet of Things (IoT) berupa jam pintar OPPO Watch Free. Dilepas ke pasar dengan harga Rp1,399 juta, OPPO Watch Free memiliki lebih dari 100 mode olahraga yang dapat dipilih oleh pengguna. Untuk memantau kesehatan, OPPO Watch Free mendukung fitur pengukuran kadar oksigen dalam darah secara berkelanjutan, OSleep untuk memantau dan menganalisis kualitas tidur dengan lebih professional dan komprehensif.

Desain dan layar

OPPO Watch Free mengambil bentuk dasar persegi panjang dengan dimensi 46 x 29,7 x 10,6 mm dan berat 32,6 gram. Strapnya terbuat dari bahan silikon dengan panjang 130 – 205 mm, lebar 19mm, dan memiliki 12 lubang untuk menyesuaikan dengan ukuran pergelangan tangan Kamu. Meski dari bahan sintetis, strap terasa nyaman saat menyentuh kulit tanpa menyebabkan iritasi. Kait terbuat dari bahan plastik yang lebih keras, membuat Kamu tak perlu khawatir tergores dan juga membuat strap lebih awet.

Layar OPPO Watch Free menggunakan bahan AMOLED dengan diagonal 1,64 inci dan resolusi 280 x 456 piksel. Komposisi ini sanggup meproduksi tampilan dengan 16,7 juta warna. Pantas saja, tampilannya terlihat tajam meski dalam kondisi cahaya berlebih sehingga Kamu tak akan salah mengakses menu yang ada di dalamnya.

Tingkat kecerahan layar OPPO Watch Free sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada opsi kecerahan rendah, menengah, tinggi, dan otomatis.

Di bagian belakang jam, terdapat 3 titik sentuh sensor. Sementara untuk mengisi daya, terdapat area magnetik dengan 2 pin untuk terhubung dengan kabel pengisi daya khsusu yang sudah disediakan oleh OPPO.

OPPO Watch Free hadir di Indonesia dengan dua varian warna yaitu hitam dan Vanilla yang kali ini sedang Kami coba. Sesuai namanya, varian vanilla ini memiliki strap berwarna vanilla dengan bezel warna keemasan. Meski terkesan lembut, jam tangan ini sifatnya unisex, cocok dipakai pria maupun perempuan.

Teknis dan Pengoperasian

OPPO Watch Free sanggup bertahan di dalam air dengan kedalaman 50m atau tekanan hingga 5Atm. Tak ada tombol fisik sama sekali di bodi jam pintar ini. Untuk mengoperasikannya, Kamu dapat mengandalkan fungsi gesture di layar dengan mengulir atau menekannya lebih lama.

Untuk mengakses menu pengaturan, Kamu bisa menggulir ke atas, sementara untuk mengetahui aktivitas yang sudah Kamu lakukan bisa dnegan menggulir ke kiri. Mengusap ke kanan akan berjumpa dengan berbagai macam fitur kbugaran dan kesehatan termasuk excercise, monitor oksigen darah, dan monitor jantung.

Untuk mengganti watch face, Kamu bisa menekan layar utama agak lama, kemudian akan tersedia berbagai pilihan. Penggantian watch face juga bisa dilakukan via apliaksi hey tap di smartphone yang sudah terhubung dengan OPPO Watch Free.

Hey Tap merupakan aplikasi wajib jika Kamu ingin menghubungkan Watch Free dengan smartphone. Aplikasi ini tersedia di Goole Store dan App Store sehingga bisa diinstal di smartphone berbasis Android maupun iOS. Watch Free sanggup terhubung melalui bluetooth hingga jarak 10 meter.

Fungsi

Di bagian menu, Kamu akan menemukan berbagai opsi excercise, pemantau tidur, monitor oksigen darah, monitor detak jantung, cuaca, alarm, stopwatch, hingga pengontorl musik dan kamera

Di menu excersise, Kamu bisa melihat berbagai macam pelatihan kebugaran seperti lari, jalan kaki, bersepeda, renang, dan berbagai macam aktivitas lainnya. Total ada 100 lebih aktivitas yang bisa Kamu lakukan dan Kamu pantau. Untuk memulainya, Kamu bisa mengatur Goal sesuai kebutuhan. Misalkan saat memilih aktivitas jalan kaki, Kamu bisa mengatur berapa lama durasi yang dibutuhkan, kalori yang dibakar, dan target langkah yang hendak kamu jalankan.

Pemantauan kebugaran di OPPO Watch Free sangat akurat berkat sensor akselerasi enam sumbu dan sensor giroskop. Keduanya memungkinkan OPPO Watch Free untuk mendeteksi gerakan kita dengan lebih baik sehingga dapat memantau aktivitas kebugaran kita.

OPPO Watch Free sudah dibekali dengan fitur GPS sehingga Kamu bisa memantau rute olahraga Kamu dengan lebih akurat termasuk jarak saat kamu beraktivitas kebugaran seperti jalan kaki, lari, bersepeda, dan lainnya. Hasilnya akan tertampil di aplikasi Hey Tap secara lengkap.

Di saat pandemi Covid-19, pemantauan kadar oksigen darah sangatlah penting. Meski form factornya kecil, OPPO Watch Free sudah memiliki pemantau kadar darah optik yang memungkinkan pengecekan kadar oksigen dalam darah. Demikian juga, sensor detak jantung optik. Selain digunakan untuk mendeteksi detak jantung, sensor ini juga bisa memantau aktivitas dan kualitas tidur.

Fitur Personalisasi Watch Face

Apliaksi Hey Tap Health menyediakan lebih dari 40 Watch Face untuk personalisasi tampilan OPPO Watch Free. Selain itu, Kamu masih bisa berkreasi untuk membuat Watch Face sendiri melalui fitur AI Outfit dan Photos.

AI Outfit imemungkinkan Artificial Intelligence (AI) membuat Watch Face yang disesuaikan dengan komposisi warna dari foto yang Kamu ambil. Fitur foto cukup menarik, karena Kamu bisa memilih foto yang Kamu suka dan menjadikannya Watch Face personal yang unik!

Selanjutnya, Photos membuat saya dapat memasukkan wallpaper pada Watch Face di OPPO Watch Free dengan menggunakan gambar maupun foto sendiri yang telah tersimpan di handphone.

Baterai dan Pengisian Daya

OPPO Watch Free dibekali dengan teknologi VOOC Flash Charge, sehingga apabila Kamu memiliki charger atau pengisi daya dengan teknologi yang sama, maka pengisian daya bisa optimal. Saat diisi penuh, baterai OPPO Watch Free sebesar 230mAh memiliki daya tahan baterai 14 hari lamanya selama penggunaan pada umumnya. Dengan 5 menit pengisian daya, maka Kamu sudah bisa menggunakan OPPO Watch Free seharian penuh.

Kesimpulan

Dengan form factor yang kompak, OPPO Watch Free menggabungkan fleksibilitas smartband dengan fitur-fitur lengkap smartwatch. 100 lebih excersises dan berbagai pemantau kesehatan seperti oksigen darah, aktivitas tidur, dan detak jantung yang tersedia di Watch Free sudah cukup membuatnya menjadi asisten kebugaran maupun kesehatan yang mumpuni. Layar AMOLEDnya tak akan mengecewakan Kamu baik saat digunakan di indoor maupun outdoor. Desain stylish dengan warna elegan membuat OPPO Watch Free cocok digunakan dalam berbagai kesempatan, tak hanya saat beraktivitas kebugaran saja. Ur

Spesifikasi

Dimensi & Berat46 x 29,7 x 10,6 mm, 32,6 gram
WarnaVanila, Hitam
LayarAMOLED 1,64″, 280 x 456 piksel, 16,7 juta warna
GPSGPS
Ketahanan Air5 ATM
SensorAkselerasi enam sumbu & giroskop, sensor detak jantung optik, sensor oksigen darah optik, sensor cahaya sekitar
HargaRp1.399.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here