Home Apps & Platform Couchbase Mobile 3 Hadir, Makin Mudah Bikin Aplikasi Modern untuk Perangkat Seluler,...

Couchbase Mobile 3 Hadir, Makin Mudah Bikin Aplikasi Modern untuk Perangkat Seluler, Desktop, dan IoT

Penyedia database modern terkemuka untuk aplikasi Couchbase, baru-baru ini meluncurkan produk teranyarnya yaitu Couchbase Mobile 3, platform data dengan dukungan sepenuhnya EDGE-ready yang memungkinkan pengembang seluler dan perancang EDGE membangun database yang sepenuhnya original, aplikasi modern di cloud, di EDGE dan pada perangkat seluler dan juga perangkat IoT dengan menggunakan bahasa, kerangka kerja, dan platform pilihan pengembang.

Couchbase Mobile 3 memperkenalkan database dokumen yang ter-embed pertama di industri ini yang mendukung perangkat seluler, desktop, dan perangkat keras yang terinstal khusus dengan kemampuan sinkronisasi bawaan. Dengan diperkuatnya kemampuan pada EDGE oleh Couchbase Mobile 3, tim developer atau pengembang dapat fokus pada kompetensi inti aplikasi mereka tanpa mengkhawatirkan masalah kecepatan dan konektivitas.

Wayne Carter, Vice President of Engineering, Couchbase menjelaskan keunggulan dari Couchbase Mobile 3 yang telah menyederhanakan proses yang rumit dari sinkronisasi data apabila menggunakan tiga platform berbeda. Menurutnya couchbase moile 3 ini akan memabantu dan memudahkan proses sinkronisasi data pada aplikasi modern selain itu Ia menambahkan produk ini akan memungkinkan sebuah aplikasi beroperasi dengan kecepatan yang tinggi.

“Pelanggan semakin membutuhkan kemampuan mobile dan EDGE untuk memenuhi permintaan aplikasi modern dan data yang harus selalu tersedia sehingga aplikasi selalu bekerja dengan kecepatan yang tak tertandingi,” Terang Wayne.

Ia pun menambahkan “Dengan Couchbase Mobile 3, kami telah menyederhanakan pengembangan dan pengelolaan tugas sinkronisasi data yang kompleks. Basis data tertanam modern pertama kami memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah membangun aplikasi dinamis dari cloud hingga EDGE, sambil memanfaatkan keterampilan dan kode yang ada.”

Meningkatkan Kemampuan Seluler dan EDGE untuk Aplikasi Modern Pelanggan

Couchbase Mobile 3 dirancang memiliki kemampuan komputasi pada EDGE untuk mengatasi jaringan yang kurang lancar problem ini-lah yang sering ditemui, dimana setiap data yang tersimpan di cloud akan mengalami penundaan bahkan rawan terputus jika konektivitas intenet kurang lancar. Kemampuan komputasi tepi Couchbase Mobile 3 mengatasi masalah ini dengan memindahkan data dan menghitung lebih dekat ke tempat yang digunakan, bahkan saat bergerak, membuat aplikasi lebih cepat dan lebih tangguh dengan menghilangkan ketergantungan pada pusat data cloud yang jauh.

Dengan kemampuan offline pertama untuk aplikasi, Couchbase Mobile 3 secara unik memastikan integritas data dengan menyinkronkan data secara otomatis di seluruh infrastruktur seluler dan rangkaian EDGE, dengan atau tanpa konektivitas internet. Ini berarti pengembang dapat dengan cepat dan mudah mengembangkan dan menerapkan aplikasi yang memenuhi persyaratan untuk tata kelola dan sistem keamanan yang ketat, sekaligus memungkinkan konsumen untuk mempertahankan penggunaan-nya dikarenakan kenyamanan dalam menggunakannya terutama dalam hal kecepatan.

Berikut ini adalah contoh aplikasi modern yang dimungkinkan oleh Couchbase adalah maskapai penerbangan yang dapat mendigitalkan proses pemeriksaan pra-penerbangannya dengan menyematkan Couchbase Mobile 3 ke tablet untuk merekam inspeksi. Data kemudian disinkronkan ke tablet kru lainnya secara real-time – bahkan saat perangkat terputus – meningkatkan akurasi dan keamanan sambil memastikan keberangkatan tepat waktu.

Couchbase Mobile 3 menghadirkan platform tunggal universal yang memungkinkan pengembang seluler mengelola penerapan global dengan mudah dan mulus – yang pada akhirnya mengarah pada inovasi yang lebih cepat, di berbagai vertikal dan kasus penggunaan untuk waktu kerja bisnis maksimum. Manfaat Couchbase Mobile 3 meliputi:

 • Device ubiquity: Pengembang dapat menyematkan penyimpanan data ringan langsung ke aplikasi mereka di hampir semua EDGE, IoT, atau perangkat seluler karena dukungan platform yang komprehensif dan C-API.

• Kemudahan penggunaan operasional: Penambahan administrasi jarak jauh berbasis REST mendukung aplikasi EDGE multi-penyewa yang besar dengan mudah. Penyempurnaan arsitektur di bidang pengelolaan dan keamanan membuatnya lebih mudah untuk mengonfigurasi dan mengelola platform dari jarak jauh dari cloud hingga EDGE.

• Fleksibilitas yang lebih besar dalam arsitektur EDGE yang kompleks: Couchbase dapat berjalan dan menyinkronkan data di mana saja: cloud, pusat data EDGE, dalam jaringan 5G, dan bahkan di perangkat EDGE sekalipun, memungkinkan arsitektur komputasi EDGE bertingkat yang memenuhi semua kecepatan, ketersediaan atau persyaratan keamanan.

Ekosistem Mitra Seluler dan EDGE yang Berkembang

Untuk membantu pelanggan sepenuhnya menyadari kekuatan seluler dan EDGE, Couchbase disertifikasi di AWS, Verizon, GCP, dan Azure. Arsitektur referensi dan penerapan referensi telah dikembangkan untuk AWS Local Zones, AWS Wavelength, AWS Outposts, dan Verizon 5G EDGE. Couchbase juga baru-baru ini disertifikasi sebagai “Layanan Siap” di AWS Outposts.

Couchbase Mobile 3 sendiri saat ini telah tersedia secara umum.  Pengguna dapat mengunduh-nya  di www.couchbase.com untuk mengetahui lebih banyak sekaligus untuk mencoba langsung betapa mudahnya menerapkan aplikasi modern di perangkat seluler, desktop, dan perangkat IoT khusus yang tertanam.