Home Network & Operator XL Axiata Siapkan Jaringan Telekomunikasi Kuat dan Berkualitas untuk Ramadan dan Lebaran...

XL Axiata Siapkan Jaringan Telekomunikasi Kuat dan Berkualitas untuk Ramadan dan Lebaran 2023

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) siap menghadapi Ramadan dan Lebaran 2023 dengan menyiapkan jaringan telekomunikasi yang kuat dan berkualitas. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan data selama Ramadan dan terutama saat libur panjang Lebaran. XL Axiata telah melakukan uji coba jaringan di jalur utama pulang kampung yang berada di berbagai daerah, termasuk di kawasan Sumatera.

Menurut Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, trafik layanan XL Axiata diperkirakan akan meningkat hingga 30% selama Ramadan dan Lebaran nanti. Peningkatan ini dipicu oleh perubahan perilaku pelanggan yang semakin banyak melakukan pertemuan tatap muka secara daring/online dengan keluarga, kerabat, komunitas, dan teman-teman yang sudah lama tidak bertemu. Selain itu, banyak layanan digital yang menyajikan hiburan dan media sosial menjadi sarana bagi masyarakat dan pelanggan untuk mengisi masa liburan panjang.

Gede memperkirakan trafik akan meningkat hingga 10% selama Ramadan dibandingkan hari biasa, dan akan meningkat hingga 15% saat libur Lebaran. Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 3x dari hari biasa.

XL Axiata juga telah menyiagakan sumber daya yang memadai untuk menjaga kenyamanan pelanggan selama Ramadan dan Lebaran, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan. Selain itu, juga dilakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 140 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik.

XL Axiata memastikan sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE. Peningkatan kualitas jaringan secara rutin dilakukan sesuai peningkatan trafik, antara lain dengan penambahan BTS baru, penambahan jaringan fiber optik dan kapasitas BTS, serta optimalisasi jaringan. Perluasan ini akan terus dilakukan agar layanan bisa lebih merata menjangkau area-area dengan potensi ekonomi besar, termasuk yang terhubung dengan Jalan Tol Trans Sumatera.