Home Cloud & Services Lembaga Riset Gartner® Magic Quadrant™ Nobatkan Alibaba Cloud Sebagai Pemain Nomor Satu...

Lembaga Riset Gartner® Magic Quadrant™ Nobatkan Alibaba Cloud Sebagai Pemain Nomor Satu DBMS Selama Empat Tahun Berturut-turut

Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan kecerdasan dari Alibaba Group, telah dinobatkan sebagai Leader dalam Laporan Gartner® Magic Quadrant™ untuk Sistem Manajemen Basis Data Cloud tahun 2023 (“the report”) untuk tahun keempat selama berturut-turut.

Gartner, sebuah perusahaan yang memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti dan obyektif kepada para eksekutif dan tim mereka mengevaluasi penyedia cloud di seluruh dunia atas kapabilitas mereka berdasarkan Ability to Execute dan Completeness of Vision dalam sistem manajemen basis data (DBMS) cloud. Menurut Gartner, “Para pemimpin menjalankan dengan baik visi mereka saat ini dan memiliki posisi yang tepat untuk menjawab tantangan masa depan.”

“Bagi kami, dinobatkan sebagai Leader dalam laporan Gartner Magic Quadrant terbaru untuk DBMS cloud selama empat tahun berturut-turut adalah pengakuan besar atas upaya tim kami dalam menyediakan produk dan layanan basis data cloud yang komprehensif bagi para pelanggan kami,” kata Dr Li Feifei, President of Database Products Business at Alibaba Cloud. “Kami melihat perkembangan menarik dari AI generatif dan peningkatan permintaan untuk aplikasi AI generatif yang dapat disesuaikan. Sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki produk basis data yang inovatif dan berkinerja tinggi jika mereka ingin mempercepat proses pengembangan yang berkelanjutan. Kami akan terus meningkatkan penawaran kami, menerapkan tren AI generatif terbaru, dan bekerja sama dengan mitra ekosistem kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami.”

Ada sejumlah perusahaan besar yang memercayakan pengelolaan sistem database bisnisnya kepada Alibaba Cloud. Berikut adalah empat di antaranya:

PT Jasa Angkasa Semesta (dikenal sebagai PT JAS) adalah penyedia layanan ground handling dan kargo yang terpercaya di Indonesia. Seiring berkembangnya layanan operasi PT JAS, infrastruktur TI mereka menjadi semakin kompleks, dan menyebabkan munculnya tantangan dalam mengelola dan memelihara sistem mereka. Untuk mengatasi masalah ini, PT JAS melakukan sistem TI mereka ke Alibaba Cloud karena infrastrukturnya yang stabil dan andal. Dengan menggunakan Relational Database Service (RDS) Alibaba Cloud, PT JAS dapat lebih fokus pada manajemen basis data dan memastikan layanan basis datanya lebih efisien, terskalasi, dan aman. Hasil dari migrasi yang dilakukan ke Alibaba Cloud memungkinkan PT JAS untuk merampingkan operasi TI mereka dan meningkatkan kinerja dan keandalan sistem mereka.

A Plus, sebuah perusahaan game di Jepang, memilih Alibaba Cloud sebagai penyedia layanan cloud terpercaya dalam membangun infrastruktur TI yang kuat untuk mendukung pertumbuhan bisnis game yang cepat. Alibaba Cloud memberikan penawaran komprehensif untuk A Plus beberapa diantaranya seperti layanan basis data online, PolarDB untuk MySQL dan RDS untuk MySQL. Dengan kemampuan baca/tulis yang kuat, kluster PolarDB dilengkapi dengan kemampuan pengolahan yang tinggi. Selain itu, hanya satu titik akhir yang diperlukan untuk pemisahan baca/tulis berkat pemetaan titik akhir otomatis yang memudahkan PolarDB untuk berinteraksi dengan MySQL dalam lingkungan pengembangan game. Fitur-fitur tersebut membantu A Plus mempercepat proses pengembangan game-nya secara hemat biaya, dan mengurangi biaya pemeliharaan dalam operasional sehari-hari.

Di Malaysia, EasyParcel, sebuah platform pemesanan layanan ekspedisi satu atap, berkolaborasi dengan Alibaba Cloud untuk mendorong transformasi digitalnya, yang secara signifikan meningkatkan efisiensi operasionalnya. EasyParcel telah mengadopsi PolarDB, basis data relasional cloud-native dari Alibaba Cloud, untuk meningkatkan kemampuannya dalam menawarkan pembaruan pelacakan real-time dan ketersediaan layanan yang efisien bagi pelanggannya. PolarDB berkontribusi pada upaya EasyParcel untuk meningkatkan kinerja dan meningkatkan efisiensi biaya untuk kepuasan klien yang lebih baik.