Home Cloud & Services Cloudera Mendorong Adopsi AI yang Aman dan Terpercaya melalui Blueprint LLM pada...

Cloudera Mendorong Adopsi AI yang Aman dan Terpercaya melalui Blueprint LLM pada Enterprise Cloudera

Cloudera telah menjadi kekuatan pendorong dalam memperkuat adopsi Artificial Intelligence (AI) yang aman dan terpercaya bagi perusahaan di seluruh dunia. Sebagai salah satu penyedia terkemuka dalam bidangnya, Cloudera telah mengembangkan blueprint untuk Large Language Model (LLM) yang siap digunakan, memungkinkan pelanggan untuk memanfaatkan generative AI berbasis data internal mereka dan konteks perusahaan dengan keamanan yang dijamin.

Dengan kemampuan unggul dalam mengelola data di lingkungan private cloud dan public cloud, Cloudera menawarkan solusi Open Data Lakehouse yang menggabungkan keunggulan data warehouse dan data lake. Solusi ini didesain untuk mendukung kecerdasan bisnis (business intelligence), AI, dan machine learning (ML). Dalam kenyataannya, Cloudera telah berhasil mengelola 25 juta terabyte data untuk berbagai perusahaan global terbesar dari berbagai sektor, menempatkannya pada posisi yang tak tertandingi dalam mengoptimalkan nilai data bagi para pelanggan.

CEO dan Chief Analyst The Futurum Group, Daniel Newman, menegaskan bahwa Cloudera telah menciptakan solusi hybrid open data lakehouse terbaik di kelasnya. Kemampuan untuk mengelola data sebesar itu menjadikan Cloudera dapat membantu perusahaan menerapkan generative AI berbasis Open Data Lakehouse dalam konteks enterprise, sehingga menghasilkan aplikasi AI yang efektif dan dapat diandalkan.

Erwin Sukiato, Country Manager Indonesia Cloudera, menekankan pentingnya data yang terkelola dengan baik dalam menghasilkan Large Language Model (LLM) yang unggul. Mengutipnya, “Generative AI dan Large Language Models hanya akan sebaik data yang telah dilatih, dan mereka membutuhkan konteks yang tepat. Agar model dan AI semacam ini dapat berhasil, mereka harus dipercaya. Dan mempercayai AI dimulai dengan mempercayai data Anda.”

Untuk memberdayakan pelanggan dalam mengadopsi enterprise AI yang aman dan terpercaya, Cloudera menyajikan LLM Chatbot Augmented with Enterprise Cloudera. Dengan solusi ini, perusahaan dapat membangun aplikasi AI yang didukung oleh LLM open source pilihan mereka, semuanya dihosting secara internal di enterprise. Dengan cara ini, semua pengembang dan lini bisnis dapat berkontribusi dalam mendemokratisasi AI, tidak hanya terbatas pada data scientists dan tim ML.

Keberhasilan implementasi Cloudera tidak diragukan lagi. Bank OCBC, grup layanan keuangan terbesar kedua di Asia Tenggara, telah berhasil mengintegrasikan AI di seluruh organisasi mereka dengan dukungan Cloudera. Hasilnya, Bank OCBC dapat menganalisis data kontekstual secara real-time dari percakapan pelanggan yang berkaitan dengan penjualan dan layanan, meningkatkan pendapatan dan efisiensi operasional mereka.

Erwin menyatakan bahwa pasar AI berubah cepat dan keberhasilan model LLM atau AI bergantung pada data dan konteks enterprise. Cloudera berkomitmen untuk terus berinovasi dan berinvestasi besar-besaran di seluruh produknya, sehingga pelanggan dapat memanfaatkan aplikasi berbasis AI yang terpercaya, aman, dan bertanggung jawab.

Dengan fokus yang tajam pada kualitas data dan keamanan AI, Cloudera terus mengukuhkan posisinya sebagai mitra terdepan bagi perusahaan yang ingin meraih manfaat maksimal dari kecerdasan buatan di era modern. Untuk informasi lebih lanjut tentang Enterprise AI, kunjungi situs resmi Cloudera sekarang.