Home Review Review Infinix Smart 8: Smartphone Sejutaan dengan Performa Optimal

Review Infinix Smart 8: Smartphone Sejutaan dengan Performa Optimal

Pada tanggal 5 Desember 2023, Infinix kembali memperkenalkan inovasi terbarunya dalam dunia smartphone entry level dengan merilis penerus Smart 7, yakni Infinix Smart 8. Dengan berbagai peningkatan yang diusungnya, Smart 8 menjanjikan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan harga yang tetap terjangkau. Dengan harga mulai Rp1.099.000 saja, kehadiran Smart 8 membuat kompetisi smartphone entry level menjadis emakin sengit. Mari kita telaah lebih dalam tentang smartphone ini.

Desain dan Tampilan

Infinix Smart 8 hadir dengan desain yang menggabungkan estetika modern dengan konstruksi yang tangguh. Gabungan kaca di bagian depan dan plastik di bagian belakang serta lingkupan bingkai plastik di bagina sisi, memberikan kesan ringan namun kokoh. Dengan dimensi 163.6 x 75.6 x 8.5 mm dan berat hanya 184 gram, perangkat ini memberikan kenyamanan dan portabilitas. Pilihan warna Timber Black, Shiny Gold, Crystal Green, dan Galaxy White memberikan variasi yang sesuai dengan selera pengguna.

Layar IPS LCD 6.6 inci dengan resolusi 720 x 1612 piksel menampilkan visual yang jernih, sementara refresh rate 90Hz membuat pengoperasian layar menjadi lebih halus dan lebih responsif. Tingkat kecerahan puncak 500 nits memastikan bahwa layar tetap terbaca dengan baik meski digunakan di bawah sinar matahari langsung.

Performa dan Penyimpanan

Mengusung chipset Unisoc T606 (12 nm) Octa-core dengan inti Cortex-A75 dan Cortex-A55, Smart 8 menjanjikan kinerja yang lebih tangguh dibandingkan pendahulunya. Pengguna dapat menikmati pengalaman penggunaan aplikasi yang lebih lancar, mulai dari multitasking hingga menjalankan aplikasi yang lebih berat.

Dengan kapasitas RAM sebesar 4GB dan memori internal sebesar 128GB, Smart 8 memberikan ruang penyimpanan yang cukup besar untuk kebutuhan sehari-hari. Kinerja Smart 8 bisa dimaksimalkan berkat penambahan memori virtual 4GB sehingga total RAM yang tersedia bisa mencapai 8GB. Keberlanjutan pengalaman pengguna ditingkatkan dengan adanya slot microSDXC yang mendukung kartu hingga 2TB, memberikan fleksibilitas ekstra untuk penyimpanan data.

Kamera yang Lebih Baik

Sebagai ponsel entry level, Smart 8 menampilkan peningkatan signifikan pada sektor kamera. Kamera utama ganda 13MP dengan aperture f/1.9, bersama dengan lensa AI, menghasilkan foto yang lebih tajam dan detail. Tambahan ring LED flash dengan empat lampu LED membantu meningkatkan pencahayaan dalam kondisi cahaya rendah, menghasilkan foto yang natural dan berkualitas.

Berbagai mode pemotretan seperti SHORT VIDEO, VIDEO, AI CAM, BEAUTY, SUPERNIGHT, PORTRAIT, SLOW MOTION, TIME-LAPSE, AR SHOT, dan DOCUMENTS memberikan kreativitas lebih kepada pengguna. Kemampuan merekam video 4K pada 30fps dan opsi resolusi lainnya menambah dimensi kualitas visual pada pengalaman pengguna.

Galeri Foto

Sistem Operasi dan Konektivitas

Infinix Smart 8 menjalankan sistem operasi Androidâ„¢ 13 T Go, yang dioptimalkan untuk kinerja efisien pada perangkat entry level. Konektivitas yang komprehensif meliputi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, Bluetooth 5.0, dan USB Type-C 2.0, memastikan pengguna tetap terhubung dengan dunia digital.

Baterai dan Pengisian Daya

Ditenagai oleh baterai Li-Po 5000 mAh yang tidak dapat dilepas, Smart 8 menawarkan daya tahan yang luar biasa untuk penggunaan sehari-hari. Meskipun pengisian daya kabel hanya mendukung 10W, kehadiran fitur pengisian daya terbalik (reverse wired) memberikan fleksibilitas tambahan bagi pengguna.

Harga yang Terjangkau

Salah satu keunggulan utama dari Infinix Smart 8 adalah harga yang sangat terjangkau. Dengan pilihan varian, 3/64GB seharga Rp 1.099.000 dan 4/128GB seharga Rp 1.249.000, perangkat ini menjadi opsi menarik bagi pengguna yang mencari smartphone dengan fitur dan performa optimal tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Kesimpulan

Infinix Smart 8 berhasil menawarkan kombinasi yang seimbang antara harga terjangkau dan performa optimal. Dengan desain yang menarik, layar berkualitas, kamera yang memuaskan, dan daya tahan baterai yang kuat, smartphone ini cocok untuk pengguna yang membutuhkan perangkat handal untuk kebutuhan sehari-hari tanpa harus mengorbankan aspek finansial. Infinix Smart 8 mewakili langkah positif dalam memberikan pengalaman smartphone yang memuaskan di segmen entry level.