Home Tips Trik Airconsole: Main Game Ramai-Ramai Pakai Browser PC dan Smartphone

Airconsole: Main Game Ramai-Ramai Pakai Browser PC dan Smartphone

Airconsole Main Game Pakai Browser PC Smartphone
Airconsole Main Game Pakai Browser PC Smartphone

Masa social distancing (jaga jarak sosial) selama COVID-19 atau wabah corona mensyaratkan Kita berada di rumah selama beberapa waktu. Ini artinya Anda akan berkumpul dengan anggota keluarga dalam jangka waktu lama. Agar tidak membosankan, Anda bisa memanfaatkan waktu jeda dengan bermain game rame-rame menggunakan browser PC dan Smartphone.

Anda bisa bermain game bersama keluarga dengan memanfaatkan layanan bernama Airconsole. Layanan ini menyediakan ratusan game dari berbagai genre seperti sport, battle games, board dan masih banyak lagi. Uniknya, game tersebut tidak memerlukan instalasi yang ribet, cukup memanfaatkan browser PC sebagai display gamingnya dan smartphone sebagai controller.

Beberapa game bisa dimainkan secara gratis. Anda juga bisa membayar biaya langganan sebesar 2,99 dolar (sekitar 47 ribu rupiah) per bulan untuk dapat mengakses semua game yang ada di Airconsole.

PC sebagai Konsol, Smartphone sebagai Controller

Pada prinsipnya, Anda akan memainkan game di browser PC dan menjadikan smartphone sebagai controlernya. Jadi, Anda tak perlu repot-repot menginstal game terlebih dahulu di PC.

Game Airconsole dapat dimainkan bersama-sama oleh beberapa orang. Tergantung tipe gamenya, Anda akan bermain dengan split screen atau layar tunggal.

Misalnya ada dua orang anggota keluarga memainkan game balapan Go Kart Air, maka akan muncul layar terpisah dalam satu browser. Atau Anda ingin bermain game strategi The Neighbourhood, maka yang muncul adalah layar tunggal.

Instalasi di Smartphone

  1. Instal aplikasi Airconsole di smartphone Anda. Untuk iPhone dan iPad, Anda bisa menginstalnya melalui App Store. Sedangkan untuk Android, Anda bisa menginstalnya melalui Google Play. Anda bisa menginstal Airconsole di beberapa smartphone misalnya di smartphone Anda dan anak Anda.
  2. Buka aplikasi Airconsole, setelah itu muncul dua pilihan yaitu “login with facebook” dan “continue without facebook”. Kami memilih opsi “continue without facebook”
  3. Akan muncul pilihan akun Google yang bisa Anda gunakan, tapi Anda bisa menskip langkah login ini dengan menekan tombol cancel. Setelah itu akan muncul jendela “Connect to screen” dan muncul opsi “I got the connect code”. Dari sini Anda bisa berpindah ke PC atau laptop terlebih dahulu.

Menyiapkan Games di PC

  1. Buka browser laptop Anda. Semua browser populer seperti Edge, Chrome, Firefox, Opera bisa digunakan.
  2. Ketik airconsole.com di kolom alamat di browser Anda kemudian tekan enter
  3. Klik tombol start yang muncul
  4. Sejurus kemudian, Airconsole akan memunculkan kode yang harus dimasukkan di aplikasi Airconsole di smartphone.

Cara Bermain

  1. Klik opsi “I got the connect code”. Masukkan kode yang muncul di browser PC ke aplikasi Airconsole di smartphone. Hal ini juga berlaku untuk smartphone lain yang ingin bergabung dalam permainan.
  2. Setelah terkoneksi dengan Airconsole di browser PC, tampilan aplikasi Airconsole di smartphone akan berubah menjadi controller virtual lengkap dengan tombol-tombol arah dan beberapa pilihan. Anda juga bisa mengubah nama pemain dengan menekan ikon pensil.
  3. Untuk memilih game di browser PC, Anda bisa menekan tombol-tombol arah yang tersedia di aplikasi Airconsole di smartphone. Setelah menemukan game yang cocok, tekan tombol enter

4. Sampai di sini, browser PC akan meloading game yang telah Anda pilih. Di sini Kami memilih game balapan mobil Burnin’ Rubber 5 Air dengan dua pemain.

5. Tekan tombol start untuk mulai bermain

6. Seketika smartphone Anda berubah menjadi gamepad untuk mengontrol permianan di browser PC

7. Game dimulai, terlihat layar berubah mode menjadi split screen.

Seru bukan? Game Airconsole ini bisa Anda manfaatkan untuk mengusir kebosanan di kala social distancing. Selain simpel dan murah meriah, game ini bisa membuat interaksi antar anggota keluarga menjadi lebih erat karena dimainkan bersama-sama. Selamat mencoba!