Home Apps & Platform Tingkatkan Infrastruktur Digital Indonesia, CDN Siapkan Keamanan Cloud Tercanggih dan Tercepat Se-ASEAN

Tingkatkan Infrastruktur Digital Indonesia, CDN Siapkan Keamanan Cloud Tercanggih dan Tercepat Se-ASEAN

Riyan Baharudin - Regional Sales Director, CDNetworks Indonesia

CDNetworks, penyedia jaringan dan layanan Edge as a Service terdepan di Asia Pasifik, mengumumkan rencana untuk memperkuat ekosistem digital Indonesia dengan membangun lebih banyak Point of Presence (PoP) di berbagai kota pada seluruh penjuru Nusantara. Tambahan PoP baru milik CDNetworks akan memperluas jaringan global miliknya yang saat ini berjumlah lebih dari 2.800, sehingga dapat memastikan jangkauan jaringan yang komprehensif, mengurangi latensi, dan meningkatkan kinerja situs untuk mendukung transformasi digital pada semua sektor ekonomi di Indonesia.

Inisiatif ini memperkuat fondasi infrastruktur CDNetworks yang sudah terbangun di Indonesia. CDNetworks telah mencapai 100 persen cakupan jaringan lokal melalui kemitraan strategis dengan berbagai penyedia layanan internet (ISP) di Indonesia, seperti Telin, XL, dan Smartfren. Melalui penambahan jaringan PoP-nya, CDNetworks memperkuat komitmennya dalam menyediakan jaringan berkualitas terbaik dengan kapasitas terabit-per-detik (Tbps), sehingga siap untuk memenuhi kebutuhan bandwidth di Indonesia yang terus meningkat.

Yien Wu, Head of Sales, SSEA, CDNetworks, menyampaikan “Investasi dan kemitraan strategis kami akan memberdayakan berbagai bisnis dan individu di Indonesia dengan konektivitas yang lancar dan aman, sehingga mempercepat transformasi digital di seluruh wilayah Nusantara”.

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), tingkat penetrasi internet Indonesia pada 2024 akan mencapai 79,5 persen dari total populasi nasional. Namun demikian, sebagian besar penyebarannya belum merata karena masih berpusat di Pulau Jawa — karena dipengaruhi oleh kondisi geografis Indonesia yang beragam di setiap daerah. 

Selain itu, tingginya serangan siber juga dapat menghambat transformasi digital, meskipun Indonesia memiliki perkembangan sektor e-commerce yang diproyeksikan memiliki pertumbuhan terbesar di dunia dengan mencapai angka 30,5 persen di 2024. Hal ini semakin menunjukkan urgensi pemerataan jaringan internet yang aman dan stabil.

Sebagai pemain industri teknologi global dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, CDNetworks menyediakan berbagai solusi teknologi terdepan untuk memungkinkan bisnis meningkatkan kinerja dan keterandalan situs dan aplikasi mereka. Salah satu layanan utama CDNetworks adalah Cloud Security 2.0 yang meliputi Web Application and API Protection (WAAP) — solusi tangguh untuk perlindungan aplikasi, web dan API, mitigasi botWAFperlindungan API, dan perlindungan dari serangan DDoS. Selain itu, CDNetworks juga telah mendirikan 20 scrubbing center secara global; salah satunya berada di Indonesia, dengan kapasitas total lebih dari 15 Tbps. Scrubbing center inilah yang memungkinkan CDNetworks memastikan jaringan tanpa gangguan, melindungi mitranya dari serangan DDoS, serta didukung oleh tim ahli yang tersedia 24 jam untuk memberikan bantuan.

CDNetworks berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jaringan tercepat dan teraman di Asia Tenggara melalui penambahan infrastruktur secara berkala, persiapan talenta lokal, dan inisiatif kerja sama dengan pemerintah dalam memastikan regulasi yang berlaku demi tercapainya proyeksi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia hingga 800 persen pada 2030.

“Sebagai negara dengan potensi pertumbuhan ekonomi digital yang pesat, Indonesia merupakan pasar penting bagi CDNetworks. Oleh karena itu, kami berharap dapat menjadi bagian dari pembangunan bangsa dengan membantu memperkuat fondasi ekonomi digital secara berkelanjutan,” ujar Riyan Baharudin, Regional Sales Director, CDNetworks Indonesia.

CDNetworks juga dipercaya oleh berbagai perusahaan besar seperti Citilink, MRT Jakarta, Faspay, TVRI, MNC Pictures, Circle-K, Ruangguru, dan lainnya. Kedepannya, CDNetworks juga memiliki misi untuk membantu lebih banyak perusahaan dan mendorong transformasi digital Indonesia.