Home Apps & Platform TikTok Ajak Masyarakat #SalingJaga Melawan Misinformasi

TikTok Ajak Masyarakat #SalingJaga Melawan Misinformasi

Platform distribusi video singkat terkemuka, TikTok, terus memperluas inisiatifnya di bawah kampanye #SalingJaga untuk menjaga integritas pemilu dan melawan misinformasi. Kali ini, TikTok memperkenalkan panduan kreatif melalui video, bekerjasama dengan figur publik dan kreator, untuk membantu komunitas dan masyarakat umum memahami cara melawan misinformasi dengan tagar #SalingJaga di ranah digital. Video ini, bersama dengan serangkaian inisiatif lainnya, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar terus #SalingJaga saat berinteraksi di platform digital dan media sosial, khususnya menjelang Pesta Demokrasi tahun 2024.

“Dalam menghadapi gelombang informasi harian yang melimpah, seringkali warganet merasa kewalahan untuk memproses dan memverifikasi kredibilitas informasi yang mereka temukan di platform digital dan media sosial. Oleh karena itu, kami berupaya membantu masyarakat tidak hanya bersiap menghadapi, tetapi juga memahami cara melawan misinformasi di dunia digital. Keamanan digital adalah tanggung jawab bersama, dan bersama-sama, kita dapat #SalingJaga untuk menghindari konten negatif dan informasi yang salah,” ungkap Faris Mufid, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia.

Dalam video #SalingJaga ini, TikTok bekerja sama dengan publik figur dan kreator seperti Angga Yunanda, Merry Riana, Sania Leonardo, dan Dims The Meat Guy. Keempatnya memberikan edukasi kreatif tentang bagaimana pengguna dapat #SalingJaga di platform digital melalui serangkaian tips melawan misinformasi yang sederhana namun efektif. Video kampanye #SalingJaga juga mengingatkan komunitas dan masyarakat agar berhati-hati saat menciptakan, mengonsumsi, dan membagikan konten di platform digital dan media sosial. Dalam format video singkat yang kreatif dan menghibur, TikTok berharap pesan ini dapat disampaikan dengan mudah dipahami dan menjangkau lebih banyak orang.

Merry Riana, salah satu figur publik yang terlibat dalam video ini, menekankan pentingnya perilaku bijak saat berinteraksi di platform digital. “Kemajuan teknologi telah memberikan dorongan kepada semua kalangan, khususnya generasi muda, untuk lebih berani menyuarakan pendapat. Namun, kemudahan ini juga harus diimbangi dengan tanggung jawab besar. Kita semua perlu terus memainkan peran kita dalam #SalingJaga, seperti melakukan pengecekan fakta sebelum membagikan cuplikan video tanpa mengetahui keseluruhan konteks dan kebenarannya,” kata Merry Riana, Entrepreneur, Investor, dan Content Creator.

Di TikTok, sistem rekomendasi pada laman For You bekerja berdasarkan preferensi pengguna, termasuk interaksi pengguna di TikTok (komentar, like, share, dan sebagainya), informasi dalam video, serta pengaturan perangkat dan akun. Video #SalingJaga mengingatkan pengguna bahwa mereka memiliki kendali atas pengalaman mereka di platform ini, termasuk konten yang dikonsumsi. TikTok menyediakan fitur keamanan, seperti ‘Tidak Tertarik’ (Not Interested), penyaringan ‘Kata Kunci’ (Keyword Filter), pelaporan konten melalui fitur ‘Laporkan’ (Report), dan menyegarkan laman For You (Refresh Your For You Feed).

Konten video singkat juga rentan terhadap misinformasi, dan kreator konten memiliki peran penting dalam berbagi informasi yang kredibel dan tepercaya. Dimas Ramadhan (Dims The Meat Guy), seorang kreator TikTok, menyatakan, “Seringkali kita hanya melihat potongan video atau kutipan yang sengaja diunggah untuk mengarahkan ke konteks tertentu, yang mungkin jauh dari kejadian sebenarnya, atau bahkan hanya narasi dari satu pihak. Sebelum membagikan suatu konten atau informasi yang dilihat di platform digital, penting untuk mencari tahu kebenarannya agar kita dapat #SalingJaga dari dampak misinformasi.”

Sebagai bagian dari kampanye #SalingJaga, TikTok telah mengimplementasikan serangkaian upaya proaktif, seperti kerjasama dengan Rekata Studio untuk film “Budi Pekerti,” meluncurkan “Pusat Panduan Pemilu 2024” yang didukung oleh KPU RI dan BAWASLU RI di platform TikTok, bekerja sama dengan mitra cek fakta independen seperti AFP, MAFINDO, dan Perludem, serta mengadakan tantangan tagar (#SalingJaga) bagi pengguna untuk berbagi versi mereka tentang cara #SalingJaga.

Untuk informasi lebih lanjut tentang upaya TikTok dalam mendukung kampanye #SalingJaga dan menyediakan ruang digital yang aman menjelang Pemilu 2024, kunjungi Pusat Panduan Pemilu 2024 TikTok Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana TikTok membangun platformnya secara bertanggung jawab, setara, dan terbuka, kunjungi Pusat Transparansi TikTok di https://www.tiktok.com/transparency/id-id/.