Home Review Review realme C11 2021 : Sejutaan dengan Layar Lega dan Baterai Tahan...

Review realme C11 2021 : Sejutaan dengan Layar Lega dan Baterai Tahan Lama


Meski smartphone di kisaran kelas menengah banyak membanjiri pasar, namun kebutuhan akan smartphone budget di rentang harga sejutaan tetap tak boleh diremehkan. Potensi di kelas ini tetap besar dengan persaingan yang tak kalah sengit dibanding level harga lainnya.

Bagi vendor, meracik smartphone di segmen ini merupakan tantangan tersendiri. Bagaimana menyajikan fitur yang memenuhi kebutuhan pengguna, daya tahan yang mumpuni namun dengan harga yang tetap terjangkau tentu butuh seni tersendiri.

realme yang rajin menelurkan produk-produk value for money-nya kembali memenuhi tantangan ini dengan menghadirkan smartphone seri C terbarunya.
Seperti diketahui, realme seri C sendiri telah dipakai oleh lebih dari 5 juta orang di Indonesia, menandakan bahwa seri yang kerap menawarkan produk dengan harga terjangkau ini bisa diterima pasar dengan baik.

Menyambut pay day dan mendukung stay at home, realme merayakannya dengan meluncurkan realme C11 2021 bagi kaum muda untuk aktivitas tanpa gangguan.

Dengan slogan Baterai Cadas Seru Tanpa Batas, realme C11 2021yang merupakan penerus C20 dengan baterai besar dan tahan lama 5000mAh dilepas seharga Rp 1.199.000.

Desain dan Layar

realme C11 versi 2021 mengemas layar lega seluas 6,5 inci berbahan IPS LCD dengan rasio screen to body mencapai 89,5% berkat desain mindrop yang semakin ekcil. Ditambah tingkat kecerahan hingga 400nits, Anda mendapatkan bidang pandang yang luas, bahkan lebih luas dibanding beberapa smartphone kelas menengah. Hal ini membuat Anda tak banyak mengalami gangguan saat megoperasikannya maupun saat menikmati berbagai konten.

Realme C11 memiliki desain geometris dan tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Lake Blue, -seperti yang sedang Kami uji kali ini-, dan Iron Grey. Kedua warna tersebut terinspirasi dari alam sehingga pengguna yang meemgangnya akan terasa dekat dengan kehidupan natural.

Varian Lake Blue menampilkan warna biru yang meskipun kalem, namun terlihat atraktif. Tak perlu risau sidik jari Anda akan menempel ke bodinya, karena kehadiran tekstur unik yang sekaligus juga memancarkan pantulan geometris menarik saat dipandang dari sudut yang berbeda-beda.

Modul kamera berupa persegi dengan ujung-ujung membulat terlihat estetis dan pas dengan bodi secara keseluruhan. Sebuah garis pita melintang di bagian belakang dari atas ke bawah, merangkai modul kamera dengan logo realme yang tegas untuk membuat desain lebih premium dan trendi. Jika dilihat lebih detil, Anda akan menemukan lubang speaker di ujungnya.

Di samping kanan seperti biasa dihuni oleh tombol volume dan power, sementara di sisi berseberangan terdapat tray yang dapat diisi dengan 2 kartu SIM dan sebah micro SD sekaligus. Di bagian bawah ditempati oleh sebuah prot audio 3,5mm, lubang mikropon dan port USB.

Daya Tahan Baterai

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh realme C11 2021 adalah daya tahan baterainya. realme C11 2021 memiliki baterai dengan kapasitas 5000mAh dengan kemampuan charging 10W. Cukup besar sehingga pengguna dapat terus beraktivitas tanpa perlu khawatir akan kehabisan daya.

realme C11 2021 juga dilengkapi dengan OTG reverse charge khusus sehingga bisa digunakan untuk menghemat masa pakai baterai Anda. Dari hasil pengujian realme Lab di bawah ini, terlihat bahwa realme C11 2021 mampu bertahan hingga 43 hari dalam mode standby.

Hasil tes daya tahan baterai:

realme C11 2021 juga mendukung Super Power Saving Mode. Saat baterai berada dalam kondisi minim daya, C11 2021 akan mengaktifkan skema hemat daya yang lebih agresif, sehingga Anda masih dapat memanfaatkan fungsi-fungsi dasar smartphone dan menggunakan enam aplikasi umum.

Hasil tes baterai 5% (dalam Super Power Saving Mode):

Beberapa fitur realme C11 2021 menawarkan penghematan daya bagi para penggemar teknologi.

App Quick Freeze dapat mengurangi penggunaan daya oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang, sementara Screen Battery Optimization akan menonaktifkan beberapa animasi maupun efek tampilan untuk memperpanjang daya tahan baterai smartphone.

Satu lagi yaitu Sleep Standby Optimization yang membuat C11 berjalan pada mode yang lebih rendah saat pengguna tidur. Ketiganya secara simultan akan membuat durasi pemakaian bateria menjadi lebih lama meski hal tersebut dapat membuat beberapa notifikasi mungkin akan tertunda.

Hardware

Meski tergolong smartphone terjangkau, realme tetap memperhatikan kualitas realme C11 2021. Setiap unit menjalani pengujian kualitas yang ketat sebelum keluar dari tahap produksi untuk memastikan keandalan dan daya tahan. Termasuk di dalamnya adalah 10.000 kali uji cabut jack headphone, 10.000 kali uji cabut port USB, 200.000 kali tes tombol daya, dan 100.000 kali tes kunci volume

Seperti disinggung di atas, realme C11 2021 memiliki tray yang bisa menampung dua kartu sim dan sebuah micro SD yang bisa diekspansi hingga kapasitas 256GB.

Untuk menunjang kinerjanya, realme C11 2021 dibekali dengan chipset octacore yang powerful dimana empat inti Cortex-A55-nya akan bekerja pada clock speed 1.6 GHz Cortex-A55 sedangkan empat lainnya akan berjalan melakukan komputasi dengan kecepatan 1.2 GHz. Chipset ini didukung dengan GPU IMG8322, RAM sebesar 2GB dan media penyimpanan 32GB.

Tak ada hambatan berarti saat Kami melakukan pengujian standar seperti menerima dan melakukan panggilan, browsing, membuka email, aplikasi media sosial hingga chatting menggunakan aplikasi perpesanan.

Software dan Antarmuka

Realme C11 menjalankan antarmuka realme UI Go Edition berbasis Android 11. Tampilannya simpel dengan gestur yang mulus. Berbagai aplikasi Google hadir dalam versi Go seperti Gallery, Gmail, Maps, dan YouTube. Hal ini memberi keuntungan tersendiri bagi pengguna karena antarmuka yang dihadirkan sesuai dengan kelas harganya sehingga dapat menjalankan aplikasi dengan lebih lancar.

Tak banyak aplikasi bawaan yang disematkan di realme C11 sehingga ruang yang tersedia menjadi lebih lega dan Anda bisa memanfaatkan untuk menginstal lebih banyak aplikasi maupun menyimpan lebih banyak foto dan dokumen.

Kamera

realme C11 2021 dibekali dengan utama berkekuatan 8MP dengan area yang luas dan aperture besar f/2.0 yang mampu menangkap cahaya lebih banyak sehingga membuat gambar yang dihasilkan lebih jernih dan cerah.

Selain itu, produk ini juga mendukung Auto focus yang membuat waktu fokus lebih cepat dan tepat. Zoom 4x juga memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang jelas dari jarak jauh. Fitur Chroma Boost akan memberdayakan realme C11 2021 untuk memotret gambar dengan warna yang lebih hidup dan juga mendukung perekaman video 1080P.

Anda bisa melakukan penyesuaian background pada mode potrait sehingga foto obyek yang dihasilkan menjadi lebih fokus. Terdapat ebrbagai mode pemotretan lain yang bisa Anda coba semisal Busrt, Interval, Panorama, Time lapse, dan Pro. Kamera depannya mendukung pengenalan wajah dan juga menyertakan mode potrait.

Galeri

Kesimpulan

Hadir sebagai smartphone yang menantang pasar sejutaan, realme C11 2021 tampil dengan fitur-fitur dasar yang mumpuni. Pilihan terbaik untuk smartphone sejutaan yang memiliki layar lebar 6,5 inci dengan kapasitas baterai besar 5000mAh yang awet digunakan selama dua hari. Kedua faktor ini menjadikan realme C11 2021 unggul dibanding kompetitor di segmen yang sama.

Meski dibanderol terjangkau, desain realme C11 2021 lebih terkesan atraktif dan jauh dari kata murahan. Pilihan warna Blue Lake dan Iron Grey sama bagusnya.

Program Pembelian

Bagi yang ingin membeli realme C11 2021 maupun produk realme lainnya selama masa pandemi, Anda tak perlu repot-repot keluar rumah.

Untuk mendukung program pemerintah selama pandemi Covid-19, realme juga menggelar program #BelirealmeDariRumah dimana Anda bisa memesan produk realme melalui WhatsApp Store realme di 0856-0000-0721. Pembayarannya pun bisa dilakukan secara Cash on Delivery (COD) di seluruh Indonesia.

Temukan juga realme C11 2021 pada periode flash sale besok jam 10 pagi di Lazada, akulaku dan realme.com/id serta di semua toko resmi online dan toko resmi offline seluruh Indonesia mulai 7 Agustus nanti.

Spesifikasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here