Home Review Review OPPO Reno7 Z 5G: Menawan dengan Dual Orbit Light, Performa Mengesankan

Review OPPO Reno7 Z 5G: Menawan dengan Dual Orbit Light, Performa Mengesankan

Tujuh bulan setelah peluncuran seri Reno6 di Indonesia, OPPO bergegas menghadirkan penerusnya yaitu Reno7 series yang terdiri dari Reno7, Reno7 5G dan Reno7 Z 5G. Meskipun namanya mirip-mirip, namun setiap anggota keluarga Reno7 memiliki karakteristik yang berbeda.

Dibanderol dengan harga Rp5,999 juta, OPPO Reno7 Z 5G mengunggulkan desain artistik yang dirancang dengan presisi tinggi. Keberadaan chipset terbaru Snapdragon 695 dan fitur kamera khas Reno menjadikan Reno7 Z 5G sebagai pendatang di segmen menengah yang layak dicermati. Oh ya, tentu saja koneksi 5G memberi nilai tambah tersendiri.

Desain

Berbeda dengan saudara kandungnya Reno7 5G yang memakai desain curve dengan sudut-sudut frame melengkung, Reno7 Z 5G memilih desain flat edge yang datar di semua sisi. Tampil minimalis dengan frame tegas, Reno7 Z 5G terkesan edgy dan elegan.

Dengan ketebalan hanya 7,5mm dan bobot sekitar 173 gram, tampilan Reno7 Z 5G juga ramping dan nyaman digenggam.

Dua kamera berbentuk silinder tampil menonjol lebih tinggi dibanding bodi belakangnya. Hal ini mungkin akan membuat Reno7 Z 5G akan terasa tersangkut saat dimasukkan ke dalam saku. Namun jangan khawatir, OPPO menyertakan casing transparan yang membuat masalah tersebut menghilang.

Di sekeliling kamera belakang terdapat Dual Orbit Light atau Lampu Orbit Ganda. Lampu ini dapat berkedip atau menyala dengan pilihan warna biru elektrik, biru muda, atau biru sian pada berbagai skenario. Misalnya saat perangkat dihidupkan, saat mengisi daya, menerima panggilan masuk atau pemberitahuan notifikasi yang belum dibaca, serta saat meluncurkan game.

Unit yang Kami review hadir dalam varian warna spektrum pelangi atau rainbow spectrum. Tampilannya merupakan perpaduan berbagai warna seperti hijau tosca, merah muda, kuning, biru, hingga ungu yang akan berubah-ubah komposisinya saat terpapar cahaya dengan angle yang berbeda. Finisihing matte khas OPPO Glow yang diterapkan membuat permukaan Reno7 Z 5G kesat, bebas sidik jari dan goresan.

Terus terang, kehadiran varian Rainbpw Spectrum ini seperti menyegarkan pasar smartphone kelas menengah yang umumnya menganut desain ‘itu-itu saja’. Pilihan warna lainnya, matte black tampil dengan warna gelap yang tenang dengan finisihing serupa varian yang Kami pegang.

Reno7 Z 5G dilengkapi dengan port audio 3.5mm sehingga Anda tetap dapat mendengarkan musik dan game dengan earphone kabel. OPPO Reno 7 Z 5G menggunakan Kabel USB-C untuk port pengisian daya. Jangan khawatir, mereka tetap menyertakan kabel type-C dan pengisi daya SUPERVOOC 33W dalam boks pembeliannya. Speaker grill dapat ditemukan di kanan bawah perangkat. Dua buah mic ditempatkan masing-masing di bagian bawah dan di atas.

Layar dan Antarmuka

Reno7 Z 5G dikemas dengan layar berbahan panel AMOLED 1080p dengan diagonal 6,4 inci. Penggunaan layar jenis ini membuat Reno7 Z 5G leluasa menyematkan fitur always on -yang meski diaktifkan-, tetap tak menguras baterai. Tak ada kendala saat melakukan guliran, usapan, melakukan pinch maupun zoom. Semuanya terasa lancar. Reno7 Z 5G juga menambahkan pembaca sidik jari di bawah layar yang responsif. Di bagian kiri atas terdapat punch hole tempat bersemayam kamera depan sebesar 16MP yang juga berfungsi saat fitur Face unlock diaktifkan.

Sebagai tambahan, Layar Reno7 Z sudah bersertifikat Netflix HDR, Amazon HDR dan YouTube HD sehingga Kamu bisa nyaman memutar video berkualitas tinggi.

Dari kiri: Tampilan halaman depan Reno7 Z 5G, smart sidebar, floating windows, dan ColorOS12

Antarmuka ColorOS 12 yang Reno7 Z 5G usung berbasis Android 11. OPPO melengkapi UI besutan mereka sendiri dengan dengan fitur-fitur seperti Smart Sidebar untuk akses cepat ke aplikasi yang umum digunakan dan Floating Windows agar Kamu bisa melakukan multitasking secara lebih fleksibel.

Performance dan Fitur

Perangkat ini dipastikan dapat menjalankan banyak game dengan pengaturan grafis maksimal. Keberadaan GAme Toolkit dan GAme Focus Mode membantu gamers mendapatkan setelan terbaik saat bermain game, seklaigus meminimalisisr gangguan yang mungkin muncul saat sedang bermain

Game Toolkit

Game Toolkit menawarkan berbagai pintasan yang dapat Kamu akses saat sedang berada dalam game. Tampilannya berupa jendela yang muncul saat kita usap sisi kiri layar (dalam posisi landskap) ke kanan. Jika Kamu menekan salah satu shortcut ke aplikasi, maka wujudnya berubah menjadi floating windows (misalkan, Kamu menekan shortcut whatsapp di Game toolkit ini). Kamu dapat memodifikasi shortcut atau pintasan seperti misalnya mengganti shortcut voice changer atau orientation lock dengan pintasan lain melalui menu edit.

Kamu juga dapat menambahkan aplikasi lain yang kompatibel hingga 17 shortcut. Hanya satu jendela dapat ditampilkan dalam satu waktu. Informasi lain yang ditampilkan di Game Toolkit adalah waktu, suhu, dan persentase daya baterai.

Quick Launch

Fitur Quick Launch dapat Kamu gunakan untuk mengakses hingga 5 fungsi atau aplikasi yang Kamu pilih segera setelah membuka kunci perangkat. Quick Launch dapat diakses ketika Kamu menyentuh dan menahan sensor sidik jari. Sebagai contoh, di Quick Launch Kamu bisa menambahkan fungsi untuk mengakses Mobile Banking, memesan makanan via aplikasi, membuka list lagu favorit di Spotify, dan masih banyak lagi.

Game Focus Mode

Betapa menjengkelkan saat kita bermain game, muncul notifikasi yang sebenarnya tidak terlalu penting. Dengan Mode Fokus Game, Kamu memiliki opsi untuk mematikan sama sekali notifikasi sehingga benar-benar fokus pada game. Selain bisa memblokir pemberitahuan, panggilan dan alarm, fitur ini juga bisa memblokir navigasi gerakan yang dapat =mencegah Kamu mengetuk layar beranda secara tidak sengaja saat sedang asyik berkompetisi.

Air Gestures

Kamu sedang makan, atau sedang membawa barang, namun perlu untuk menggunakan perangkat? Tenang, Reno7 Z 5G dibekali dengan fitur Air Gesture. Dengan hanya melambaikan tangan di depan kamera, Kamu bisa menggulir halaman di browser seperti layaknya menyapu layar. Fitur ini juga dpat digunakan di berbagai aplikasi seperti Facebook, TikTok

Tanganmu penuh dengan barang-barang? Atau mungkin Anda makan makanan ringan tetapi Anda perlu menggunakan telepon Anda? Air Gestures adalah fitur lain dengan perangkat ini di mana Anda dapat melambaikan tangan di depan kamera untuk menggulir halaman. Saat ini, Air Gestures tersedia untuk aplikasi Facebook, YouTube, Instagram, dan TikTok.

Hardware

OPPO Reno7 Z 5G dilengkapi dengan prosesor Snapdragon® 695 5G (6nm) Octa-Core 2,2 GHz dipadukan dengan RAM 8 GB dan ROM 128 GB.

Jika dirasa kurang, KAmu bisa memanfaatkan fitur RAM Expansion yang bisa ‘meminjam’ penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual dengan pilihan 2 GB, 3 GB, dan 5 GB. Dengan demikian, Reno7 Z 5G bisa memiliki RAM total hingga 13 GB.

Snapdragon 695 juga memiliki modem yang sangat mumpuni untuk menangkap jaringan 5G di beberapa frekuensi yang berjalan di Indonesia. OPPO Reno7 Z 5G memiliki kompartibilitas pada jaringan 5G dengan pita 1800 Mhz, 2100 Mhz, 2300 Mhz.dan 3500 Mhz. Perangkat ini juga memberikan dukungan 5G dengan teknologi DSS (Dynamic Spectrum Sharing) yang juga turut digunakan oleh salah satu operator penyelenggara 5G di tanah air.

Sebagai gambaran seberapa cepat kecepatan 5G, uji dilakukan dengan Reno7 Z 5G untuk mengunduh permainan Call Of Duty pada toko aplikasi Google dengan besaran file sebesar 1,8 GB. Game ini berhasil diunduh dalam waktu 1 menit 37 detik.

Baterai dan Pengisian Daya

OPPO Reno7 Z 5G dibekali baterai sebesar 4500mAh dan pengisi daya 33W SuperVOOC. OPPO sendiri mengklaim bahwa daya Reno7 Z 5G bisa terisi penuh dalam waktu 63 menit dari kondisi 0% ke 100%.

Untuk mengoptimalkan pemakaian baterai, Reno7 Z dibekali dengan sejumlah pengaturan diantaranya power saving mode untuk menghemat daya dan super power saving mode untuk pengaturan yang lebih irit dengan hanya menjalankan beberapa aplikasi. Sementara jika KAmu membutuhkan daya optimal untuk bermain game misalnya, bisa mengaktifkan high performance mode

Kamera

Reno7 Z 5G dibekali 3 kamera dengan kamera utama 64 MP, f/1.7, 26mm (wide), PDAF diikuti kamera makro 2 MP, f/2.4, dan kamera pengukur kedalaman gambar 2 MP, f/2.4.

Kamera utama 64MP bekerja dengan sangat baik di berbagai skenario. Penggunaan teknologi 4-in-1 pixel binning membuat kamera utamanya dapat menghasilkan foto dengan hasil yang tajam dan warna-warna dinamis.

Jika Kamu ingin mendapatkan hasil dengan resolusi yang lebih besar, aktifkan 64 MP melalui aplikasi kamera. mode pada aplikasi kamera bawaan yang hadir di OPPO Reno7 Z 5G. Detilnya terlihat tajam meski dicrop sekalipun.

Fitur Bokeh Flare Portrait yang menjadi andalans eri Reno sebelumnya ekmbali diusung pada kamera depan dan belakang. Dengan fitur ini, amu bis amenghasilkan foto porttrait dengan subyek yang jelas dan latar belakang dengan efek bola-bola cahaya yang artistik. Fitur ini sangat cocok digunakan untuk malam hari dengan latar belakang berbagai sumber cahaya.

Night Mode pada Reno7 Z 5G tidak pernah mengecewakan. Foto yang dihasilkan tetap tajam walau minim cahaya. Noise yang dihasilkanpun minim bahkan seringkali tak nampak. Fitur Dual-View memungkinkan Kamu untuk menghasilkan video dengan megggunakan kamera depan dan belakang sekaligus dalam satu frame.

Galeri

Kesimpulan

Tampilan Reno7 Z 5G sangat menawan, jika tidak bisa dibilang outstanding di kelasnya. Paduan desain flat edge, pesona rainbow spectrum, dan finishing khas OPPO Glow menjadikan Reno7 Z 5G sangat layak untuk dipamerkan. Meski demikian, Reno7 Z 5G tidak melupakan urusan performa. Chipset Snapdragon 695 yang diembannya mampu dipacu untuk menggawangi game-game dengan intensitas permainan tinggi. Plus, dukungan 5G dengan pilihan band yang luas menjadikan Reno7 Z kompatibel dengan berbagai jaringan 5G yang diselenggarakan oleh operator seluler di Indonesia. Kinerja kameranya juga memuaskan. PAduan hardware kamera utama 64Mp dengan computational photography milik OPPO menjadikan foto-foto yang dihasilkan menjadi sebuah karya seni tersendiri. Sangat menarik untuk dijadikan pilihan di segemen kelas menengah.

Spesifikasi

Dimensi & Berat73,9 x 159,9 x 7,55mm (Rainbow Spectrum) / 7,49 mm (Cosmic Black), 173 gram
WarnaRainbow Spectrum, Cosmic Black
LayarAMOLED 6,4 inci
Full HD+ 2400 x 1080 piksel
Sistem OperasiColorOS 12 (Android 11)
Memori RAM 8GB / ROM 128 GB
ChipsetQualcomm Snapdragon 695 5G
Kamera BelakangUtama 64 MP, f/1.7
Makro 2 MP, f/2.4
Depth 2 MP, f/2.4
Kamera Depan16 MP, f/2.4
Baterai4.500mAh, 33W SuperVOOC
Konektivitas5G, 4G- LTE, Wi-Fi, Wi-Fi, Direct, NFC, Bluetooth 5.2
KonektorUSB Type-C
SensorAkselerometer, barometer, pemindai sidik jari di dalam layar, giroskop, kompas, proximity, cahaya, orientasi, magnetik
GPSGPS, GLONASS, Galileo, BDS
SpeakerSpeaker stereo
FiturDual Orbit Light, Air Gesture, Face Unlock, Bokeh Flare Portrait
HargaRp5.999.000

Sementara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here