
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) baru-baru ini memperkenalkan program baru yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan atau customer experience (CX). Program yang diberi nama AKBAR (Akrab Bareng Retail Outlet) ini meminta seluruh karyawan, termasuk manajemen XL Axiata, untuk mengunjungi langsung para pelanggan dan pengecer (retail outlet/RO) produk agar mendapatkan masukan yang berguna dari mereka.
Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengungkapkan bahwa program CX sudah menjadi fokus perusahaan dalam beberapa tahun terakhir dan telah terbukti meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan serta mendorong penjualan. Oleh karena itu, XL Axiata mengajak lebih dari 1.500 karyawan dan 40 ribu retail outlet di seluruh Indonesia untuk ikut terlibat dalam memahami dan menyerap aspirasi pelanggan serta retail outlet melalui program AKBAR.
Mekanisme program AKBAR cukup sederhana. Setiap karyawan XL Axiata harus mendaftar melalui aplikasi NewXLife untuk menjadi peserta program dan membuat jadwal kunjungan ke retail outlet yang telah dipilih. Karyawan juga harus memilih RO terdekat dari rumah mereka. Pada saat kunjungan ke RO, karyawan akan berinteraksi dengan pemilik atau karyawan RO untuk mendapatkan masukan terkait pengalaman menggunakan dan menjual produk-produk XL Axiata.
Selain itu, karyawan juga akan berinteraksi dengan pelanggan XL Axiata yang berkunjung ke RO untuk membeli produk XL Axiata. Interaksi dengan pelanggan XL Axiata selama di RO menjadi masukan yang berharga terkait pengalaman pelanggan menggunakan layanan XL Axiata. Semua jawaban dari pelanggan dan RO akan dimasukkan dalam aplikasi NewXLife yang digunakan khusus untuk karyawan XL Axiata.