Home Science Tech Portrait Expert dan Puncak-Puncak Pencapaian Teknologi OPPO

Portrait Expert dan Puncak-Puncak Pencapaian Teknologi OPPO

OPPO Imaging Director Simon Liu

OPPO saat ini dikenal sebagai brand yang konsisten memperbaharui dan menyempurnakan fitur portait. Hal ini menjadikan mereka mendapat julukan Portrait Expert. Namun pencapaian teknologi OPPO tak hanya melulu soal teknologi imaging.

OPPO termasuk satu dari sedikit vendor yang memiliki divisi riset dan pengembangan yang mumpuni. Tak hanya menghasilkan perangkat lunak, OPPO juga piawai menciptakan hardware yang bahkan mampu mengubah peta persaingan smartphone. Perkembangan teknologi 5G pun tak luput dari perhatian tim riset OPPO.

Berikut adalah puncak-puncak pencapaian teknologi yang menghantarkan OPPO menjadi perusahaan teknologi yang disegani.

Komersialisasi Jaringan 5G Standalone (SA) Pertama di Eropa

April Tahun kemarin, OPPO bekerja sama dengan Vodafone, Ericsson, dan Qualcomm untuk membangun jaringan 5G SA (Stand Alone) pertama di Eropa tepatnya di Jerman. Kolaborasi ini menempatkan Ericsson sebagai produk dan solusi 5G untuk Vodafone dan membantu membangun jaringan 5G mandiri. Sementara, OPPO menyuguhkan kemampuan OPPO Find X3 Pro untuk digunakan sebagai testbed dalam mendemonstrasikan jaringan baru.

VOOC Fast Charging

Pada tahun 2014, OPPO pertama kali meluncurkan teknologi pengisian daya cepat VOOC yang dikembangkan secara independen. Pertama kali disematkan pada perangkat Find 7, VOOC secara inovatif mengadopsi solusi pengisian langsung arus tinggi tegangan rendah, mencapai daya pengisian 5V/4A, hingga 20W. Di atas kertas, teknologi ini dapat mengisi daya hingga 75% (pada baterai 3000mAh) dalam waktu 30 menit.

Di tahun yang sama, OPPO menghadirkan mini flash charger VOOC dengan ukuran lebih kecil.

Pada musim panas 2018, seri OPPO Find kembali hadir. Selain mengemas desain layar penuh dan struktur periskop  yang inovatif, Find X hadir dengan teknologi SuperVOOC untuk pertama kalinya. Ini dapat mengisi baterai ponsel 3400mAh dalam 35 menit.

Selanjutnya yang hadir adalah SuperVOOC 2.0 Flash Charge. Dengan pengisi daya 65W, proses charging bisa memompa baterai kapasitas 4200mAh hanya dalam 38 menit (dari 0 hingga 100 persen). SuperVOOC 2.0 Flash Charge. OPPO juga memperkenalkan AirVOOC Wireless Flash Charge 30W sehingga perangkat OPPO yang kompatibel seperti OPPO Find X3 Pro bisa di-charge secara nirkabel. Secara teori, dengan AirVOOC 30W, perangkat dapat rterisi penuh  100 persen hanya dalam waktu  80 menit.

Perkembangan selanjutnya VOOC Flash Charge kini sudah mencapai versi 4.0.

Terakhir di ajang Mobile World Congresss 2022, OPPO telah mengumumkan purwarupa pengisian daya ponsel tercepat di dunia. SuperVooc 240W dapat mengisi baterai 4500mAh hanya dalam sembilan menit!

Melalui kabel USB-C, OPPO menggunakan tiga ‘pompa pengisian’ sekaligus untuk memasok daya ke perangkat pada tegangan 10V/24A. Meskipun output daya sangat tinggi yaitu 240W, Oppo mengatakan bahwa teknologi oini tetap sesuai dengan standar untuk pembuangan panas.

Teknologi Imaging

OPPO  meluncurkan serangkaian terobosan dalam teknologi pencitraan smartphone yang berfokus pada peningkatan sensor, modul, dan algoritme. Perusahaan ini telah berfokus pada pengembangan diri dan optimalisasi teknologi pencitraan yang mendasarinya untuk memungkinkan pengguna “menangkap keindahan dalam hidup dengan mudah”.

Termasuk inovasi imaging yang dikembangkan oleh OPPO adalah  sensor RGBW generasi terbaru, Zoom Optik Berkelanjutan 85-200mm, teknologi OIS 5-axix, dan kamera bawah layar generasi berikutnya dengan serangkaian algoritme AI yang dipatenkan.

Sensor RGBW generasi berikutnya dari OPPO secara signifikan meningkatkan sensitivitas cahaya dengan memperkenalkan sub-piksel putih tambahan (W), teknologi DTI, dan algoritma piksel 4-in-1 yang dikembangkan sendiri oleh OPPO. Hasilnya, sensor baru memungkinkan 60% lebih banyak cahaya tertangkap dibanding sensor sambil mengurangi noise hingga 35%. Ini berguna  untuk menghasilkan gambar yang jauh lebih jelas dan lebih cerah dalam kondisi cahaya rendah.

Teknologi zoom baru OPPO mendukung zoom optik berkelanjutan yang setara dengan panjang fokus 85~200mm, mampu mengabadikan obyek dari skema potret hingga lanskap tanpa perlu melakukan crop. Kamu dapat  menikmati transisi yang mulus di seluruh rentang zoom dengan kualitas gambar yang sebanding dengan kamera profesional. Selain itu, teknologi ini dapat menghindarkan pengguna dari masalah klasik seperti white balance yang kurang akurat, atau bias warna yang mungkin dialami oleh sistem zoom multi-kamera konvensional.

NPU MariSilicon X

Akhir tahun lalu, OPPO mengumumkan kehadiran NPU MariSilicon X di ajang OPPO Inno Day 2021. Dibangun dalam proses 6nm, MariSilicon X menggabungkan NPU canggih, ISP, dan arsitektur memori multi-level untuk menghadirkan kinerja luar biasa dengan efisiensi daya yang mantab.

Chipset ini dikenal memberikan dorongan besar pada fotografi seluler dan pemrosesan gambar. Hasilnya, MariSilicon X dapat melakukan 18 triliun operasi INT8 per detik (TOPS), pada 11,6 TOPS per watt, dan menghasilkan kinerja video 4K AI hingga 20X lebih cepat.

Dengan kata lain, pengguna dapat merekam Video Malam Ultra 4K, sedangkan kompetitor hanya dapat merekam video malam dengan resolusi 1080p, alias terjadi peningkatan resolusi video 4 kali lipat.