Home Apps & Platform LinkAja Perluas Jangkauan Digitalisasi Pembayaran Ekosistem Retail SIG

LinkAja Perluas Jangkauan Digitalisasi Pembayaran Ekosistem Retail SIG

LinkAja menjalin kolaborasi bersama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) untuk mendukung pembiayaan toko bangunan dalam jaringan rantai pasok (supply chain) SIG menjadi lebih kuat dalam menjaga arus kas dan kelangsungan usaha melalui digitalisasi pembayaran. Memiliki misi membangun sinergi dengan BUMN dan platform layanan keuangan digital yang melayani kebutuhan masyarakat dan UMKM di Indonesia, LinkAja percaya kolaborasi ini turut dapat mendukung percepatan program inklusi keuangan dan mendorong transaksi non-tunai di Indonesia.

Kolaborasi strategis ini resmi diawali dengan seremoni penandatanganan kerja sama yang dilakukan di Gedung Kementerian BUMN, yang dihadiri oleh Direktur Utama SIG, Donny Arsal, Direktur Operasi LinkAja, Widjayanto yang disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo. Seremoni ini turut meresmikan kolaborasi antara SIG dengan Telkomsel, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

“Kolaborasi strategis ini merupakan bentuk komitmen LinkAja meningkatkan inklusi keuangan digital melalui kerjasama dengan berbagai mitra, terutama kolaborasi dengan perusahaan BUMN. Salah satu upaya dengan melakukan digitalisasi pada rantai pasok ekosistemnya melalui penyediaan layanan keuangan, mulai dari pembayaran hingga pembiayaan. LinkAja telah melakukan digitalisasi ke ratusan ribu warung pulsa di ekosistem tradisional Telkomsel, dan juga digitalisasi ke mitra strategis lainnya. Digitalisasi rantai pasok ini, juga akan kami replikasikan ke dalam ekosistem tradisional yang berada dalam jaringan SIG di seluruh Indonesia. Dengan kolaborasi ini diharapkan, mitra toko bangunan SIG akan mendapatkan manfaat seperti meningkatkan penjualan, menyederhanakan penanganan uang tunai, memungkinkan mitra mendapatkan pembayaran secara cashless dari konsumen, hingga dapat memantau kinerja bisnis mereka.” jelas Widjayanto – Direktur Operasi PT Fintek Karya Nusantara.

Ekosistem BUMN menjadi key competitive advantage LinkAja, salah satunya melalui digitalisasi rantai pasok tradisional secara end-to-end dari tingkat principal hingga pengecer dengan menyediakan solusi finansial. Pada tahap pertama kerja sama ini, LinkAja akan melakukan elektronifikasi digitalisasi pembayaran dengan partner menggunakan aplikasi merchant yang disebut MiLA (Mitra LinkAja), yang kemudian digitalisasi transaksi akan dapat dilakukan pada aplikasi AksesToko milik Semen Indonesia. Digitalisasi pembayaran pada ekosistem retail PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mencakup M2M Payment atau Merchant to Merchant payment sehingga sistem pembayaran lebih praktis dan memudahkan pencatatan. Juga dukungan fasilitas retail financing melalui LinkAja Modalin yang mendukung pengaturan keuangan ritel, QRIS, dan pembayaran tagihan atau Payment Point Online Banking (PPOB) yang mendukung akurasi data dalam proses pembayaran. Melalui kerjasama ini diharapkan seluruh ekosistem SIG dapat terdigitalisasi.

“Kami percaya melalui sinergitas BUMN, kami dapat mengakselerasi upaya keberlanjutan untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Secara komprehensif, kami mengarahkan ekosistem kami untuk beralih digital. Kolaborasi kami dengan LinkAja menjadi tahap awal bagi kami untuk semakin mendorong penggunaan layanan keuangan digital sebagai solusi bertransaksi dalam ekosistem kami” jelas Donny Arsal, Direktur Utama SIG.

Sebagai program kerja sama yang akan diterapkan secara nasional, digitalisasi pembayaran ini akan dilakukan secara bertahap, dimulai dari beberapa area di Kawasan Jawa Barat, Jabodetabek, dan seterusnya dilakukan ekspansi sesuai dengan agenda yang disepakati antara kedua pihak.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk merupakan badan usaha milik Negara (BUMN) yang menaungi sejumlah anak usaha, antara lain PT Semen Gresik, PT Semen Padang, PT Semen Tonasa, Thang Long Cement Company, dan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. Saat ini PT Semen Indonesia (Persero) Tbk telah memiliki lebih dari 60 ribu toko retail yang tersebar di seluruh Indonesia. LinkAja melihat kolaborasi ini memiliki potensi yang sangat besar untuk mengakselerasi pemerataan digitalisasi untuk daerah-daerah di Indonesia.

Melalui ekosistem layanan transaksi keuangan elektronik yang lengkap dan terintegrasi, konsistensi dan komitmen LinkAja dalam upayanya untuk #SatukanPotensiIndonesia semakin terealisasi. Dengan mengoptimalkan seluruh layanan yang diunggulkan oleh setiap BUMN, LinkAja optimis dapat memenuhi kebutuhan transaksi digital yang aman dan nyaman, serta semakin mempercepat proses inklusi keuangan yang merata di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here