Telkomsel 4G Mendorong Optimalisasi Gaya Hidup Digital Masyarakat

    Internet sudah menyentuh sendi-sendi kehidupan keseharian masyarakat. Tak hanya untuk korporasi maupun perusahaan, kehadiran bandwith berkecepatan tinggi di rumah pun kian mutlak diperlukan.

    Telkomsel sebagai pelopor akses internet broadband di Indonesia memegang peranan penting dalam menyediakan jaringan internet cepat. Tak hanya menyediakan pengalaman akses internet yang lancar, keberadaannya juga mampu mengakselerasi gaya hidup digital masyarakat.

    Menjangkau 96% Wilayah Populasi

    Jumlah BTS 3G/4G Telkomsel saat ini sudah mencapai 187.000 unit dan sudah menjaring  96% coverage population. Di tahun Tahun 2021 sendiri, Telkomsel telah membangun hingga 28.000 lebih BTS.

    “Dari sisi coverage, Telkomsel 4G sudah menjangkau 96% wilayah berpopulasi di Indonesia. Telkomsel sudah hadir di 100% di seluruh 514 kota/ kabupaten,” tutur Akhmad, VP RAN Engineering and Project Telkomsel.

    “Telkomsel akan selalu mendukung program pemerintah dan secara berkelanjutan memperluas cakupan area,” Imbuhnya.

    Pernyataan ini sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam mendukung program Kominfo yang, -berdasarkan arahan presiden-, memerintahkan untuk menjangkau desa-desa yang belum tercover 4G.

    Saat ini ada sekitar 12.000 desa yang belum tercover 4G. Khusus untuk daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal), Telkomsel akan mendukung dan mengoperasikan 8 dari 9 area yang ditenderkan.

    4G Telkomsel dan Pemanfaatannya

    Akhmad menyatakan bahwa Telkomsel memiliki 3 pilar utama yaitu: digital connectivity, digital platform, dan digital service.

    Pemanfaatan Telkomsel 4G sendiri terbagi untuk enhanced mobile broadband dan fixed wireless access. Fokus enhanced mobile broadband adalah menyediakan user experience yang lebih baik bagi pelanggan, sementara untuk fixed wireless access, Telkomsel berupaya mengisi daerah-daerah residensial, yang salah satunya melalui Telkomsel Orbit.

    Untuk pemanfaatan Telkomsel 4G sebagai enhanced mobile broadband, cakupannya sangat luas.

    Pemanfaatan dari sisi hiburan juga cukup beragam. Entertainment digital yang tersedia melalui layar smartphone, laptop, maupun Smart TV kini bisa dikonsumsi dengan lancar melalui jaringan 4G milik Telkomsel. Telkomsel melalui MAXstream juga memfasilitasi layanan video on demand yang bekerjasama dengan hampir semua layanan terkemuka dunia seperti HBO, Disney, Lionsgate Play, Amazon Prime.

    UMKM dan Work from Home

    Jaringan cepat Telkomsel 4G juga bisa dimanfaatkan untuk menunjang program work from home. Tak hanya menyediakan jaringan dengan latensi rendah untuk menjamin kelancaran video meeting, Telkomsel juga menyediakan beragam paket terjangkau untuk aplikasi seperti CloudX dan Zoom. Terbaru, mereka menyediakan paket Telkomsel Zoom Pro yang tersedia mulai harga Rp 15.000,- hingga Rp 50.000,-dengan masa aktif 1 hingga 7 hari.

    Telkomsel 4G juga tak lupa memfasilitasi UMKM untuk #BukaSemuaPeluang, terutama saat pemulihan di masa pandemi. Selain menghadirkan paket-paket khusus untuk UMKM, Telkomsel juga menghadirkan berbagai platform agar UMKM terbantu dan lebih  melek digital.

    Aplikasi 99% Usahaku yang dibesut Telkomsel misalnya, menjadi solusi untuk mengakselerasi pelaku usaha UKM untuk go digital dan memenuhi berbagai kebutuhan secara online. Sementara aplikasi Kuncie akan membagikan berbagai tips dan tutorial bisnis dalam bentuk video pembelajaran.

    Telkomsel 4G juga membuat pelajar dapat memanfaatkan kegiatan  belajar daring dari rumah secara optimal. Selain bisa berkomunikasi dengan lancar, dukungan paket-paket Kuota Telkomsel yang beragam membuat pelajar memiliki banyak pilihan untuk memaksimalkan kuota sesuai kebutuhan. Telkomsel juga secara aktif memberikan bantuan kuota internet yang tak hanya diperuntukkan bagi pelajar, namun juga bagi pendidik.

    Bagi gamers, keberadaan Telkomsel 4G dengan latensi yang rendah tentu menjadi ‘surga’ tersendiri. Selain membuat koneksi lebih stabil, gamers juga memiliki opsi lebih baik untuk menjalankan game, misalnya dengan mengatur resolusi grafis yang lebih tinggi tanpa lag.

    Telkomsel juga menyajikan portal khusus untuk gamers yaitu Dunia Games (DG). Tak hanya berisi update mengenai game dan event terbaru, Dunia Games juga menyediakan berbagai macam game, items, dan juga kuota data. Selain tersedia dalam bentuk website, Dunia Games juga hadir di aplikasi Android dan iOSSifat game yang kompetitif difasilitasi dengan jaringan yang baik akan membuat  pengalaman gamers menjadi lebih imersif. Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai paket hemat 4G yang disediakan oleh Telkomsel, Anda bisa mengunjungi link berikut ini https://www.telkomsel.com/en/promotions/paket-hemat-4g-telkomsel.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here