
TikTok mendukung Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) yang diprakarsai Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan berkolaborasi bersama GNLD Siberkreasi. Sejalan dengan kampanye #CiptakanKebaikan di TikTok, kolaborasi ini menghadirkan sejumlah program yang berfokus pada literasi digital dan edukasi penggunaan internet secara bijak untuk mempersiapkan Indonesia makin cakap digital.
Survei Global World Digital Competitiveness Index 2020 dari Institute Management Development (IMD) menunjukkan peringkat literasi digital Indonesia mengalami stagnasi selama dua tahun berturut-turut. Pada periode tahun 2019 dan 2020, Indonesia hanya menduduki peringkat ke-56 dari 63 negara yang telah disurvei. Data ini memperlihatkan bahwa Indonesia masih perlu mengerahkan tenaga ekstra dalam memperkuat gerakan-gerakan literasi untuk meningkatkan kemampuan digital masyarakat. Maka dari itu, pemerintah mengupayakan kerja kolaboratif dengan berbagai pihak untuk mengejar ketertinggalan ini.
“Literasi digital kini menjadi suatu kemampuan dasar bagi setiap individu untuk bisa lebih cerdas dalam berkomunikasi dan bersikap di dunia daring. Kami percaya kemampuan memanfaatkan teknologi digital yang baik tentu bisa membuka banyak peluang positif bagi bangsa Indonesia baik untuk kehidupan sosial maupun ekonomi. Untuk itu, Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi menggandeng TikTok sebagai mitra agar cita-cita kita bersama menuju negara cakap digital bisa cepat terealisasi,” tegas Semuel A. Pangerapan, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo.
Kolaborasi literasi digital antara Kementerian Kominfo, TikTok dan GNLD Siberkreasi ini menyajikan berbagai program sepanjang tahun 2021. Dengan mengajak masyarakat berkontribusi dalam menyebarkan konten positif, inspiratif, dan edukatif di platform digital agar tercipta komunitas yang suportif di dunia daring. Berikut 3 program yang akan berlangsung hingga akhir tahun ini:
- Sejumlah in-app challenge bertemakan empat pilar kurikulum kecakapan digital dari Kementerian Kominfo mulai dari cakap bermedia digital (digital skills), aman bermedia digital (digital safety), etika bermedia digital (digital ethics), hingga budaya bermedia digital (digital culture). Pengguna dapat memantau #MakinCakapDigitalChallenge dalam aplikasi TikTok untuk dapat berpartisipasi sekaligus mendapatkan literasi digital dalam bentuk video singkat yang menarik.
- Webinar bertajuk “Bincang Literasi Digital: Ciptakan Kebaikan di Platform Digital” akan menghadirkan diskusi komprehensif bersama narasumber kredibel seperti Ashilla Sikado (Kreator TikTok), Benjamin Adhisurya (Kreator TikTok), Saskhya Aulia Prima (Psikolog), hingga Dennis Adishwara (Figur Publik). Para narasumber akan berbagi perspektif tentang cara memulai langkah kecil dengan berbuat kebaikan di platform digital dari pengalaman atau keahlian masing-masing. Webinar ini bersifat umum dan gratis, peserta cukup membuka tautan s.id/ciptakankebaikan untuk mendaftarkan diri dan mendapatkan sertifikat eletronik.
- Berbagai bentuk kolaborasi multiplatform yang berkaitan dengan literasi digital untuk masyarakat.
“Sebagai platform digital yang bertumbuh, kami rasa penting untuk terus mengembangkan ruang digital yang aman, nyaman, dan positif. Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi dan TikTok memiliki semangat yang sama dalam upaya meningkatkan akselerasi literasi digital dan mendorong #CiptakanKebaikan di platform digital. TikTok tentu berharap kita semua bisa bersama-sama lebih cakap dan siap dalam memanfaatkan dunia digital untuk berbagi hal positif dan bermanfaat kepada sesama pengguna,” kata Faris Mufid, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia.
Kolaborasi bersama ini merupakan kelanjutan dari campaign #CiptakanKebaikan atau #CreateKindness sebagai bentuk komitmen TikTok dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya menciptakan kebaikan dan melawan perilaku negatif di platform digital. TikTok mengajak seluruh pengguna untuk berbagi konten positif kepada sesama melalui #CreateKindness pada aplikasi TikTok yang hingga saat ini telah mencapai lebih dari 1,1 miliar views secara global.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai kolaborasi TikTok dengan Kementerian Kominfo dan GNLD Siberkreasi, silahkan kunjungi akun TikTok @tiktokofficialindonesia dan @sibekreasi.id atau tagar #MakinCakapDigitalChallenge.