Home Review Review OPPO A96 : Desain Menawan, Performa Menjanjikan

Review OPPO A96 : Desain Menawan, Performa Menjanjikan

Hingga awal kuartal kedua tahun ini, OPPO tercatat telah meluncurkan 4 seri A yaitu A16e, A55, A76, dan A96. Sebagai varian tertinggi di seri A, A96 hadir dengan berbagai pembaharuan.

Selain kapasitas penyimpanan yang lebih besar, A96 yang dilempar ke pasar dengan harga Rp4.299 juta ini juga membawa fitur-fitur yang sebelumnya hanya ada di seri OPPO Reno dan OPPO Find. Sebut saja bokeh flare portrait dan pengisian daya cepat SuperVOOC.

Ekspektasi besar disandarkan pada kemunculan OPPO A96. Akankan kinerja dan performanya bisa menempatkan A96 menjadi pilihan utama konsumen jelang momen lebaran ini?

Desain dan Layar

OPPO A96 menganut desain round-edge dengan sudut-sudut membulat. Bagian belakangnya melengkung ke sisi samping, bertemu dengan frame berwarna silver yang juga tampil curvy di sekeliling bodi. Komposisi ini menjadikan A96 ergonomis dan pas dengan kontur genggaman tangan.

Modul kamera seperti biasa ditempatkan di sisi atas sebelah kiri dilapis frame tipis di sepanjang sisinya. Dua kamera dengan dimensi yang sama disusun secara vertikal didampingi lampu flash LED dan tulisan AI 50MP Sensor di sampingnya. Posisi kamera sedikit agak menonjol di atas modul dan dikeliling ring silver. Tampilannya yang simpel memberi kesan minimalis yang kuat di bagian belakang.

Varian Pearl pink yang Kami uji kali ini menampilkan warna putih mutiara dengan semburat pink yang akan berubah komposisinya saat diterpa cahaya dalam sudut yang berbeda. Jika dicermati lebih dekat, terlihat tekstur kristal yang menambah kesan cantik dan berkelas.

Kliauan cahaya dengan kompospisi warna yang berbeda-beda hadir berkat lapisan OPPO Glow yang melincunginya. Selain menambah kesan artistik, lapisan ini juga membuat permukaan kesat dan tidak meninggalkan sidik jari saat dipegang.

Beralih ke bagian depan, OPPO menempatkan layar berdiagonal 6,59 inci dengan resolusi FHD 1080×2412 piksel. Terdapat punch hole di sisi kiri atas untuk menempatkan kamera depan. Bezel yang tipis disekitarnya membuat rasio layar ke bodi A96 bisa mencapai 90,8%.

OPPO A96 menempatkan tombol volume up and down di sisi kiri layar. Di seberangnya, terdapat tombol power yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Di titik ini, frame agak cekung ke dalam sedangkan tinggi tombo sejajar dengan frame secara keseluruhan.

Sebuah gril speaker diletakkan tipis memanjang di bagian atas layar bersamaan dengan satu grill lagi di bagian bawah. Begitu juga lubang mikropon hadir di frame bagian atas dan bawah. Melengkapi bagian bawah, terdapat port audio 3,5mm dan port USB tipe C.  

Bodi A96 tergolong langsing dengan dimensi 164.4 x 75.7 x 8.4 mm dan bobot 190,9 gram, membuatnya nyaman untuk digenggam. Serfikasi IP5X membuatnya tahan debu, demikina juga IPX4 membuatnya tahan percikan air.

Display dan Antarmuka

Untuk kelancaran pengoperasiannya, layar A96 sudah dibekali dengan refresh rate 90Hz dengan  touch sampling rate 180Hz. Keberadaan 96% NTSC wide colorgamut membuat tampilan display A96 lebih cerah dan kaya warna.

Display OPPO A96 bisa diatur untuk menampilkan skema warna light yang lebih cerah atau dark. Selain bisa diatur secara manual, keduanya juga bisa aktif bergantian melalui setting otomatis di menu “Auto switch”.

Untuk kesehatan mata, A96 menyediakan fitur All Day AI Eye comfort dengan pilihan Sunlight and Moonlight Display. Sementara fitur adaptive sleep akan otomatis menyalakan layar saat kamera depan menemukan wajah Kamu  dan sebaliknya akan mematikan saat sistem tidak mendeteksi wajah Kamu.

OPPO A96 menggunakan antarmuka ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Desain ikon dan menunya yang lebih minimalis membuat pengoperasiannya juga lebih mudah dan lancar.

Untuk mengotak-atik tampilan, Kamu bisa masuk ke menu personalisasi di bagian setting- personalizations. Selian bisa mngubah Thems dan Walpaper, Kamu juga bisa mneysuaikan berbagai fungsi tampilan seperti Icon styles,  layout aplikasi, pilihan skema warna,  hingga mengganti font dan mengubah ikon notifikasi.

Fungsi display yang lebih banyak bisa Kamu temukan di menu setting – Convenience Tools. Untuk Kamu bisa memunculkan tombol virtual melalui dengan mengaktifkan fitur assistive ball. Tombol ini memiliki banyak fungsi, antar lain untuk beralih ke homescreen dengan cepat, kembali ke menu sebelumnya, atau membuka task sebelumnya.

Fungsi Quick Return Bubble bermanfaat banget buat Kamu yang suka ngegame. Saat Kamu meninggalkan layar game, Quick Return Bubble akan menampilkan jendela mini berisi info game yangs edang Kamu mainkan. Untuk kembali berain, Kamu tinggal menekan jendela tersebut.

Smart Sidebar memungkinkan Kamu memiliki ruang ikon tambahan di sisi kanan layar. Untuk menampilkannya, Kamu tinggal mengusap sisi kanan ke sebelah kiri. Smart Sidebar ini berisi 6 shortuct aplikasi maupun fitur yang bisa Kamu modifikasi.

Untuk masuk ke mode split screen, Kamu cukup menggeser layar menggunakan 3 jari ke atas. Sedangkan untuk membuat screenshoot, Kamu cukup melakukan kebalikannya, menggeser 3 jari dari atas ke bawah.

Performa dan Fitur

OPPO A96 ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 680. Diproduksi dengan fabrikasi 6nm, Snapdragon 680 memiliki 8 inti Kryo 265 yang terbagi menjadi 2 kelompok cluster. Cluster cepat terdiri dari empat core Cortex -A73 dengan kecepatan 2,4 GHz dan cluster hemat daya dengan kecepatan clock 1,9 GHz  yang terdiri dari empat inti Cortex A53.

Kinerja Snapdragon 680 ditopang dengan RAM LPDDR4X sebesar 8GB. Melalui fitur fitur RAM Expansion, Kamu bisa menambahkan RAM virtual yang diambil dari storage dengan besaran hingga 5GB. Jadi total, Kamu bisa memiliki RAM maksimal hingga 13GB!

Selain itu, A96 memiliki kapasitas memori internal terbesar di kelasnya, yaitu 256GB. Ia juga mengadopsi teknologi ROM Expansion. Fitur ini akan berfungsi otomatis saat Kamu menyematkan tambahan microSD. Sistem akan secara otomatis memindahkan file-file multimedia maupun dokumen dari aplikasi media sosial maupun aplikasi perpesanan ke ruang memori di microSD.

Fitur Triple ISP yang biasa ada di chipsest Snapdragon seri Highend kini juga tersedia di Snapdragon 680. ISP merupakan singkatan dari Image Signal Processor, sebuah prosesor yang bekerja khusus untuk mengolah gambar. Dalam chipset Snapdragon 680 ini, ISP yang dipakai Snapdragon 680 adalah Qualcomm Spectra™ 346.

Triple ISP Concurrency  yang disandang oleh Qualcomm Spectra 346 menawarkan tangkapan citra dari beberapa kamera berbeda secara bersamaan plus transisi zoom super mulus antar lensa. Kamu dapat mengambil gambar dalam mode ultra-wide, wide, maupun telefoto yang kemudian disempurnakan dengan low light photography yang didukung  AI sehingga menghasilkan gambar yang lebih cerah meski di lingkungan yang gelap.

Saat bermain game, akan muncul aplikasi assistant yaitu Game Space. Game Space dapat Kamu gunakan untuk mengatur notifikasi mana yang hendak Kamu tampilkan agar tidak mengganggu saat bermain game. Selain itu, Game Space juga  menampilkan infomasi statistik dan sumber daya yang digunakan seperti persentase pemakaian GPU, CPU, dan besaran FPS.

Untuk memaksimalkan daya yang ada, Kamu bisa memilih berbagai mode performance yaitu Pro Gamer Mode, balanced mode, dan low poer mode. Tentu saja agar kompetitif, Kamu bisa mengatur performnya ke Pro Gamer mode (dengan catatan baterai cukup atau terisi penuh). Ingin membagikan permainan ke media sosial? Kamu bisa memanfaatkan menu screenshot untuk mengambil gambar tangkapan atau merekam layar dalam bentuk video melalui screen recording.

Selain dibekali dengan sistem keamanan menggunakan sidik jari, A96 juga memiliki fitur face recognition unlock yang dapat membuka kunci smartphone dengan cepat.

OPPO A96 menghadirkan speaker ganda yang dapat memberikan suara stereo berkualitas tinggi berpadu dengan teknologi audio Dirac HD untuk keluaran suara yang lebih presisi dan solusi pengoptimalan untuk berbagai sistem audio guna meningkatkan kualitas suara. Dari pengujian Kami, meski memutar lagu dalam volume tinggi, suara yang dihasilkan tetap jernih.

Baterai dan Daya

OPPO A96 dibekali baterai berkapasitas 5000mAh didampingi dengan teknologi pengisian daya cepat SuperVOOC 33W. Dibanding fast charging biasa, SuperVOOC ini bisa diilang lebih cepat dan lebih aman karena pengisian daya-nya diatur oleh micro controller.

Terdapat pengaturan tambahan di menu setting–battery. Power  saving mode untuk menghemat daya dan super power saving mode untuk pengaturan yang lebih irit dengan hanya menjalankan beberapa aplikasi. Sementara jika Kamu membutuhkan daya optimal untuk bermain game misalnya, bisa mengaktifkan high performance mode.

Kamera

OPPO A96 mengendong 2 kamera belakang dan sebuah kamera selfie. Dua kamera belakang etrdiri dari kamera utama 50 MP, f/1.8, 27mm (wide), PDAF dan kamera pengukur kedalaman 2 MP, f/2.4, (depth).

Pengambilan foto dengan mode normal bisa dilakukan dengan perbesaran , dengan pebesaran 1x, 2x, dan 5x. Saat mengaktifkan fitur malam hari, Kamu bisa menggunakan berbagai macam filter seperti Cosmopolitan, astral, Dazzle.

Pengambilan foto dalam mode portrait dapat memanfaatkan fitur AI retouching yang dapat diatur besarannya dari 10 hingga 100%. Di mode portrait, Kamu bis amenggunakan filter Bokeh Flare Portrait yang sbeelumnya hanya ada di seri Find dan seri Reno. Dengan mode ini, Kamu bisa membuat cahaya yang ada latar belakang obyek membentuk bola-bola bulat sepeti yang dihasilkanoleh kamera DSLR. Filter lain yang bisa Kamu gunakan di mode ini adalah Film, B&W, Tokyo, Sweet, Time, dan Paris.

Berbagai mdoe foto lainnya juga ditawarkan oleh A96 seperti slow mo, time lapse, dan extra HD. Khusus mode Extra HD, Kamu bakan bisa menghasilkan foto 108MP dengan resolusu 9024 x 12032 piksel.

Sementara kamera depan A96 memiliki sensor 16 MP, f/2.0, 26mm (wide). Foitru seperti nght mode, portrait, dan mode normal turut hadir di kamera depan, berikut dengan filter-filter yang menarik.

Galeri

Kesimpulan

Dibandeol seharga Rp4.299 juta, OPPO A96 menawarkan desain yang cantik dan juga kuat. Hal ini dibuktikan dengan sertifikasi IP5X dan IPX4 yang telah dikantonginya. Memiliki ruang penyimpan data internal sebesar 256GB membuat A96 menjadi smartphone kelas menengah dengan penyimpanan terbesar di kelasnya. ROM 8 GB yang bsia diekspansi hingga 13GB menunjukkan bahwa OPPO tak main-main menyokong kinerja seri A terbaru ini. Jadi, jika Kamu sedang mencari smartphone menengah yang tak hanya ciamik soal desain, namun juga unggul di perfroma, OPPO A96 sangat layak untuk dipertimbangkan.

Spesifikasi

FiturSpesifikasi
Prosesor Snapdragon® 680
Dimensi Panjang: sekitar 164,4 mm  Lebar: sekitar 75,7 mm  Ketebalan: sekitar 8,4 mm  Berat: sekitar 190,9 gram
Layar 6,59 inci   Resolusi 1080 × 2412 FHD  90Hz refresh rate + Adaptive Refresh Rate  180Hz touch sampling rate  96% NTSC wide color gamut  90.8% screen-to-body ratio
Kamera Depan 16MP F/2.0
Kamera Utama 50MP F/1.8, 5x Perbesaran Digital, 20x Bidikan Beruntun  2MP F/2.4 Kamera Bokeh
Buka Kunci perangkat Side Fingerprint Unlock + Face Recognition Unlock
RAM & Penyimpanan Internal 8GB + Ekspansi RAM (2GB, 3GB dan 5GB)  256GB + perluasan MicroSD hingga 1TB
Baterai dan Pengisian Daya 5000mAh  33W SUPERVOOCTM
Sertifikasi IPX4, IP5X, Netflix HD, Amazon HD
Speaker Dual Speakers Dual Microphones
NFC Didukung
Penampang Belakang OPPO Glow, Anti Noda & Sidik Jari, Anti Goresan
Warna Starry Black & Pearl Pink
Harga Rp4.299.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here