Home Apps & Platform XL Axiata – PT BAL Hadirkan Solusi untuk Pasokan Air Bersih di...

XL Axiata – PT BAL Hadirkan Solusi untuk Pasokan Air Bersih di Gili Terawangan dan Gili Meno

Teknologi Internet of Things (IoT) semakin banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang, termasuk distribusi air bersih. Terbaru, XL Axiata Business Solutions bekerja sama dengan PT Berkat Air Laut (BAL) menerapkan solusi Smart Water Meter dengan NB-IoT di area Gili Terawangan dan Gili Meno, Lombok Utara.

Melalui teknologi NB-IoT, monitoring distribusi air bersih bisa dilakukan secara real-time dan efisien. Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, mengatakan bahwa solusi ini akan membantu PT BAL yang selama ini melakukan monitor air bersih secara manual dengan mencatat distribusi air bersih ke rumah-rumah. Dengan solusi Smart Water Meter NB-IoT, petugas PT BAL bisa mematikan dan menghidupkan distribusi air cukup menggunakan aplikasi pada dashboard.

Selain mempermudah monitoring distribusi air bersih, penerapan solusi Smart Water Meter dengan NB-IoT ini juga memberikan manfaat lain bagi PT BAL, seperti real-time monitoring penggunaan air dan billing yang transparan dengan akurasi tagihan yang lebih tepat. Hal itu juga bisa mempermudah pihak bank dalam menilai atau memperhitungkan cash flow PT BAL jika ada rencana kebutuhan pinjaman kredit investasi.

Gili Terawangan dan Gili Meno merupakan salah satu daerah pariwisata yang cukup dikenal hingga manca negara. Feby Sallyanto berharap XL Axiata Business Solutions dapat menjadi preferred ICT Solutions provider yang mampu memberikan solusi ICT terbaik dalam mendukung pelaku industri pariwisata setempat. Selain itu, solusi ini juga bisa membantu memastikan pasokan air bersih bagi warga setempat yang masih kesulitan mendapatkan pasokan air tawar bersih. PT BAL merupakan satu-satunya perusahaan pemasok air tawar bersih di area tersebut.

Solusi Smart Water Meter dengan NB-IoT berupa alat meteran air yang di dalamnya terdapat kartu SIM NB-IoT dari XL Axiata untuk mengirimkan data-data yang dibutuhkan dari meteran air ke server dan dashboard yang dioperasikan PT BAL. Teknologi NB-IoT sendiri merupakan bagian dari teknologi Low Power Wide Area Network (LPWAN) berlisensi yang memang didesain khusus untuk komunikasi IoT dengan cakupan jaringan yang lebih luas dan daya tahan baterai hingga 10 tahun. Solusi ini diharapkan bisa menjadi solusi yang efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih bagi masyarakat Gili Terawangan dan Gili Meno.