Home Apps & Platform Noice Hadirkan Noicemaker+ : Program Monetisasi untuk Kreator Konten Audio

Noice Hadirkan Noicemaker+ : Program Monetisasi untuk Kreator Konten Audio

Potensi pertumbuhan konten kreator di Indonesia semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan industri konten kreator di Indonesia yang diperkirakan mencapai Rp 7 triliun dan diprediksi akan meningkat lima kali lipat pada tahun 2027. Salah satu platform konten audio lokal, Noice, mencatat pertumbuhan konten kreator yang signifikan di aplikasi mereka. Saat ini, hampir 4,000 kreator dengan user-generated-contents (UGC) tergabung di Noice.

Untuk mendukung para kreator dalam berkarya dengan mudah, nyaman, produktif sekaligus menguntungkan, Noice menghadirkan program khusus yang bernama Noicemaker+. Program ini terdiri dari beragam fitur, dukungan exposure, hingga skema monetisasi yang telah disiapkan sedemikian rupa untuk membuat para kreator semakin semangat dan berdaya.

“Sesuai dengan komitmen kami untuk mengembangkan ekosistem konten audio yang berkualitas di Indonesia, Noice menghadirkan program Noicemaker+ untuk mendukung para kreator dalam berkarya dengan mudah, nyaman, produktif sekaligus menguntungkan. Program Noicemaker+ terdiri dari beragam fitur, dukungan exposure hingga skema monetisasi yang telah kami siapkan sedemikian rupa untuk membuat para kreator yang memproduksi karya di Noice lebih semangat dan berdaya karena mereka bisa terkoneksi dengan kreator dan public figure lainnya, tumbuh secara positif, bahkan hidup dari karya mereka sendiri,” kata Niken Sasmaya, Chief Business Officer (CBO) Noice.

Ribuan kreator UGC yang menghadirkan karyanya di Noice saat ini telah memproduksi lebih dari 4 juta menit durasi konten dengan genre yang paling banyak dihadirkan adalah hiburan komedi atau entertainment, disusul dengan edukasi dan konten seputar masyarakat & budaya. Kebanyakan dari mereka adalah Gen-Z & millenials yang berusia 18-34 tahun, serta datang dari berbagai daerah di Indonesia, dengan dominasi dari pulau Jawa.

Di sisi lain, jumlah pengguna Noice sendiri mengalami peningkatan pesat dimana saat ini telah ada lebih dari 5 juta pengguna se-Indonesia. Noice juga mencatat kebiasaan pendengar dalam menikmati konten pun mulai berubah perlahan terutama sejak tahun 2022 dimana masyarakat mulai banyak yang aktif untuk berkegiatan di luar rumah saat pandemi mulai mereda.

Program Noicemaker+ memberikan kemudahan bagi tiap kreator untuk mengembangkan konten mereka di aplikasi Noice. Bagi para kreator yang telah memasukkan konten mereka di aplikasi Noice melalui platform studio.noice.id, mereka akan mendapatkan undangan terbatas atau wajib mendapatkan 20 subscribers terlebih dahulu di konten mereka untuk memenuhi persyaratan sebelum mengakses program Noicemaker+. Setelah tergabung ke dalam program Noicemaker+, kreator nantinya akan terbagi menjadi 2 kategori yakni podcaster dan livecaster.

Podcaster merupakan kreator yang berkarya melalui konten podcast, sedangkan Livecaster merupakan kreator yang berkarya melalui fitur Noice Live dengan membuka sesi live di Noice secara rutin.

Di Noice, kreator bisa meraih keuntungan dan memonetisasi konten mereka dengan cara:

●       Menghadirkan podcast dengan VIP Episode: kreator dapat membuat episode spesial yang terkunci dan bisa didengarkan dengan membeli konten tersebut di dalam aplikasi menggunakan Noice Coins. Noice Coins adalah alat tukar yang bisa digunakan oleh para pendengar Noice untuk membeli konten premium dan memberikan hadiah virtual (Virtual Gifting) sebagai bentuk loyalitas dan apresiasi mereka kepada para kreator.

●       Dengerin-Duluan Episode: Dengerin-Duluan Episode adalah early-access episode yang bisa didengarkan terlebih dulu oleh para pendengar Noice menggunakan Noice Coins. Jenis konten ini sangat diminati bagi pendengar yang sangat menantikan episode terbaru dari konten podcast favorit mereka.

●       Virtual Gifting di Noice Live: Kreator bisa mendapatkan keuntungan dari hadiah virtual (Virtual Gifting) yang diberikan oleh pendengar.

●       Membuka room Noice Live VIP: kreator dapat membuka live room di Noice Live dengan topik atau guest spesial dan menjual tiket kepada pendengar untuk bisa mendengarkan sesi tersebut.

Para kreator yang tergabung dalam Noicemaker+ juga akan diberikan dukungan promosi berdasarkan performa konten mereka melalui media sosial, halaman tematik di dalam aplikasi, in-app discoverability, segmen konten, website khusus kreator di creators.noice.id, kolaborasi bersama kreator lainnya, hingga iklan di berbagai saluran promosi Noice. Tidak hanya itu, kreator-kreator juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang Noice hadirkan seperti Creator’s Gathering, Noicemaker Academy, dan banyak lagi. Di sisi lain, Noice mendukung para kreator untuk bisa melakukan promosi secara mandiri terhadap karya mereka untuk bisa menjangkau audiens yang lebih luas lagi.

“Menghadirkan karya podcast di Noice memberikan pengalaman berbeda buat kami, karena di platform ini ada fitur-fitur interaktif yang memperkuat interaksi kami dengan pendengar seperti misalnya fitur komentar dan Noice Live. Gak nyangka, dalam waktu kurang dari sebulan di Noice, podcast kami sudah punya lebih dari 1.000 subscribers dan selalu menduduki peringkat 20 teratas konten yang paling banyak didengarkan. Podcast ODGJ sendiri berisi kritik sosial yang dibalut dalam komedi satir berbahasa Jawa. Banyak yang tertarik mendengarkan podcast kami karena merasa relate dengan bahasanya, kebanyakan mereka orang Jawa juga dan ketika mendengarkan konten kami, mereka berasa nongkrong dengan teman se-kampung.” kata Yanuar, kreator UGC dari podcast ODGJ (Orang dengan Guyonan Jawa).

“Dukungan yang diberikan oleh Noice bagi para kreator lebih dari sekedar monetisasi, tapi juga dukungan promosi, koneksi ke komunitas sesama kreator dan pendengar yang lebih luas hingga berbagai fitur yang telah dikembangkan untuk memudahkan mereka berkarya. Di Noice ada content hosting, fitur sharing di media sosial, audiogram untuk membuat konten promosi sendiri dalam format audio-wave, akses pencarian (searchability) untuk menemukan konten para kreator, kolom komentar, segmen FYP (For You Page) yang terkurasi secara personal hingga dashboard analytics untuk memonitor performa karya mereka dengan mudah agar bisa melakukan evaluasi demi menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Dengan berbagai dukungan ini, Noice ingin jadi rumah yang nyaman buat semua kreator Indonesia berkarya lewat konten audio.” kata Emil Gaffar, VP of Creators, Noice.