Blibli, e-commerce lokal terdepan, memulai rangkaian perayaan anniversary, atau hari ulang tahun, ke-10 yang akan jatuh di tanggal 25 Juli 2021 dengan program bertajuk “10th Bareng Kamu”. Melalui program ini, Blibli berterima kasih atas dukungan dari pelanggan, seller, dan mitra bisnis dengan menghadirkan berbagai kegiatan serta kejutan seru. Menginjak satu dekade, Blibli pun terus memperkuat inovasi agar bisa membantu mempercepat transformasi digital Indonesia.
Kusumo Martanto, CEO Blibli, mengatakan “Selama 10 tahun, Blibli sudah diberikan kepercayaan yang luar biasa untuk menjadi rekan keseharian dan solusi bagi kebutuhan masyarakat dengan hadirnya platform e-commerce serta ekosistem yang sudah Blibli bangun dan terus kembangkan.”
Kusumo menambahkan bahwa Blibli berdiri di atas tiga prinsip dasar yaitu kualitas, pelayanan, dan kolaborasi yang memandu perkembangan Blibli. Prinsip tersebut mendorong inovasi di fitur e-commerce mulai dari teknologi pembayaran seperti PayLater yang memberi kemudahan membayar belanjaan, hingga Subscription yang mengotomatisasi pemesanan groceries. Di sisi layanan, Blibli menjadi yang pertama untuk menawarkan kemudahan seperti Customer Care 24 jam setiap hari dan free ongkir (ongkos kirim) ke semua pelanggan. Blibli melahirkan semua inovasi tersebut untuk mempercepat transformasi digital Indonesia.
Pertumbuhan Blibli pun tidak terlepas dari dukungan dari para pelanggan; seller yakni brand principle, distributor, retailer, dan UMKM; mitra bisnis dari sektor logistik, perbankan, dan institusi keuangan; serta pemerintah.
“Dukungan yang luar biasa ini telah membuahkan hasil yang sangat baik. Selama lima tahun terakhir, Blibli berkembang dari sisi jumlah penjualan, pengguna dan seller hingga 20 kali lipat. Dan tentunya seleksi produk yang ada di Blibli hari ini juga sudah jauh lebih beragam dibanding di saat kami mulai berdiri,” ujar Kusumo.
E-commerce merupakan salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan signifikan selama lima tahun terakhir. Laporan dari e-Conomy SEA 2020 dari Google, Temasek, dan Bain & Company menunjukkan bahwa GMV e-commerce Indonesia terus meningkat, hingga diproyeksikan mencapai 124 miliar USD pada tahun 2025.
Cindy Kalensang, Project Lead Blibli 10th Bareng Kamu, mengucapkan “Menginjak usia satu dekade merupakan momen yang sangat spesial bagi Blibli. Karena itu, Blibli menghadirkan program “10 Tahun Bareng Kamu” karena kami ingin merayakan perjalanan sejauh ini bersama orang-orang terpenting, dan mereka adalah para pelanggan, seller, mitra bisnis, dan pastinya tim Blibli.”
Program “10 Tahun Bareng Kamu” ditujukkan untuk memanjakan pelanggan melalui beberapa tahapan berikut:
● Road To Anniversary (15-24 Juli)
Penawaran spesial saat periode “Road to Anniversary” di mana akan ada ratusan brand deals dari brand ternama baik lokal maupun global agar pelanggan bisa mendapatkan produk 100% orisinil dan berkualitas tinggi. Selain itu, Blibli juga mengadakan program Gamification dan Cari Teman dengan total hadiah dan voucher belanja bernilai miliaran rupiah
● Live Show with Park Seo Jun dan artis ternama Indonesia (24 Juli, 19:00 WIB)
Satu hari menuju puncak perayaan Blibli Anniversary, Blibli akan menyajikan tayangan hiburan live show di televisi. Acara ini akan menghadirkan banyak entertainer ternama, termasuk Blibli International Brand Ambassador, Park Seo Jun. Ini akan menjadi kali pertama aktor asal Korea tersebut hadir dalam acara televisi Indonesia. Pada saat bersamaan dengan live show, Blibli akan memberikan beragam penawaran spesial termasuk cashback 100% untuk pelanggan baru
● Puncak Perayaan Blibli Anniversary (25-27 Juli)
Pada 25-27 Juli, Blibli akan meningkatkan level of shopping excitement dengan menghadirkan cashback spesial hingga Rp 10 juta, selain program Diskon Gercep yang menawarkan potongan harga hingga 99% untuk berbagai produk idaman, mulai dari air purifier, laptop, sepatu olahraga, hingga motor yang akan dijual setengah harga
Untuk membuat pengalaman berbelanja semakin baik, Blibli menyediakan layanan pengiriman cepat mencakup 2 Hour Delivery, serta subsidi gratis ongkos kirim berkali-kali. Di tengah PPKM Darurat, Blibli juga memperpanjang masa retur menjadi 30 hari agar pelanggan semakin leluasa untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Blibli menjadikan perayaan anniversary sebagai momen memberikan kesempatan bagi semua seller untuk meraih rejeki di pertengahan tahun. Blibli juga memberikan dukungan pemasaran digital, seperti pemberian paid ads credit Bliklan, yang akan membantu meningkatkan traffic ke toko online para seller.
Bukan saja pelanggan dan seller online yang bisa berpartisipasi di anniversary Blibli. Melalui solusi omnichannel yaitu Blibli Mitra, Blibli InStore, dan Blibli Click & Collect, Blibli merangkul seller offline, khususnya UMKM, beserta pelanggan mereka untuk menikmati program diskon khusus sepanjang periode anniversary.
Berbagai keuntungan dan kemudahan ini merupakan perwujudan komitmen Blibli untuk selalu memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi pelanggan. Hal ini tentunya sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First. Blibli juga menghadirkan fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care, #KarenaKamuNo1.