Home Tips Trik Cara ‘Menghidupkan’ Kembali Foto Orang–Orang Tersayang dengan MyHeritage

Cara ‘Menghidupkan’ Kembali Foto Orang–Orang Tersayang dengan MyHeritage


Kenangan terhadap orang-orang yang kita sayangi kadang tersisa hanya berupa selembar foto lawas. Karena usia, atau cuaca, mungkin pula kondisi fotonya sudah tak seindah memori yang kita simpan bersamanya.

Pernahkah Anda membayangkan, -dengan teknologi yang ada saat ini-, satu-satunya foto wajah orang yang kita sayangi bisa diperbaharui, diwarnai, bahkan bisa digerakkan layaknya rekaman video?

Berbahagialah, harapan Anda bisa terwujud saat ini melalui sebuah aplikasi: MyHeritage.


Aplikasi yang bisa Anda temui di Play Store Android dan App Store Apple ini sebenarnya merupakan aplikasi Family Tree, dimana Anda bisa menyusun silsilah keluarga lengkap dengan foto dan data anggotanya.

Aplikasi ini bahkan bisa memadankan seseorang dengan Anda untuk memastikan hubungan kekerabatan. Lebih gilanya, mereka menyediakan tes DNA untuk lebih memastikan posisi Anda dalam alur kekerabatan.

Menghidupkan Kembali Foto Lawas

Nah, untuk ‘menghidupkan’ kembali foto lawas, Anda perlu menginstal terlebih dahulu aplikasi MyHeritage melalui Play Store atau App Store. Kali ini Canggih ID mencoba menjalankan versi Androidnya.

Setelah terinstal, Anda diminta untuk melakukan sign in yang bisa dilakukan baik melalui akun Facebook, Google, maupun via email

Setelah login, tekanlah ikon 3 strip di aplikasi sebelah kiri atas, kemudian pilih ‘Photos’

Anda bisa memilih mengupload foto yang sudah ada di memori smartphone melalui menu ‘Add Photos”. Jika foto yang hendak Anda perbaiki masih berupa foto cetak, Anda bisa menggunakan menu ‘Scan photos & docs’.

Setelah foto diunggah tekan tombol view. Anda akan melihat di bagian atas terdapat deretan ikon-ikon yang mewakili fitur foto di MyHeritage.

3 yang pertama adalah animated photo, enhance photo, dan colorize photo yang diwakili dengan spektrum berwarna pelangi.

Anda bisa mewarnai foto hitam putih menjadi berwarna dengan fitur colorize photo. Jika foto kusam atau kurang jelas, Anda bisa menggunakan fitur enhance.

Dan, ini yang menarik. jika mengubah sebuah foto wajah menjadi video mimik wajah yang bergerak, pilih fitur animated photos di deretan ikon paling kiri. Total ada 10 animasi mimik wajah yang bisa Anda pilih.

Tunggu beberapa detik, MyHeritage kemudian akan menganalisis foto Anda. Setelah selesai maka akan muncul hasil berupa video animasi berdurasi beberapa detik.

Anda bisa memilih untuk membagikannya ke aplikasi lain semisal media sosial, atau menyimpannya dalam memori smartphone.

Nah, sekarang kenangan Anda bisa lebih bermakna dengan animasi dan foto yang lebih baik bukan? Selamat mencoba!

Catatan:

  • Beberapa fitur di MyHeritage versi gratis sifatnya terbatas, Anda diberikan pilihan untuk berlangganan
  • Foto yang bisa dianimasi adalah pas foto atau foto wajah. MyHeritage akan mendeteksi bagian-bagian wajah dan kemudian akan mengolahnya sehingga seakan-akan memiliki mimik, bisa berkedip, tersenyum, dan sebagainya.
  • Beberapa pendapat menyarankan untuk memakai VPN jika Anda kesulitan menguplaod foto atau menjalankan fitur MyHeritage

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here