
Grup GoTo Gojek Tokopedia Tbk (“Grup GoTo” atau “Perseroan”, BEI: GOTO), ekosistem digital terbesar Indonesia, dan TikTok, platform entertainment global terdepan, hari ini mengumumkan kemitraan strategis yang bertujuan memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Fokus utama dari kemitraan ini adalah pemberdayaan dan perluasan pasar bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tanah air.
Sebagai bagian dari kemitraan ini, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah naungan PT Tokopedia, dengan TikTok mengambil kendali atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.
TikTok berkomitmen untuk menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar sebagai bentuk dukungan jangka panjang terhadap operasional Tokopedia, tanpa mengurangi kepemilikan GoTo di Tokopedia. Melalui investasi ini, TikTok dan GoTo berharap dapat memperluas manfaat bagi pengguna dan pelaku UMKM di Indonesia. Kombinasi bisnis Tokopedia dengan TikTok Shop Indonesia diharapkan memberikan keuntungan bagi GoTo, yang tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk melalui layanan keuangan digital dari GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek. GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan pertumbuhan perusahaan ini.
Kemitraan strategis ini akan dimulai dengan periode uji coba yang akan diawasi oleh kementerian dan lembaga terkait. Pada fase uji coba ini, akan diluncurkan kampanye Beli Lokal pada tanggal 12 Desember, bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) – inisiatif pemerintah Indonesia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal. Kampanye Beli Lokal, hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asli Indonesia.
TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen untuk memberikan manfaat lebih luas bagi pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, serta mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang. Lebih dari 90% merchant yang terlibat dalam kemitraan ini adalah pelaku UMKM. Para pelaku UMKM ini akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program, termasuk promosi produk di platform Tokopedia dan TikTok, huluisasi UMKM, dukungan pemasaran, branding, praktik bisnis berkelanjutan, dukungan untuk ekspansi internasional, pembukaan pusat pengembangan talenta digital di berbagai lokasi di Indonesia, dan memastikan persaingan yang adil di lokapasar.
Transaksi ini diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan dan strategi Perseroan untuk memperluas cakupan pasar, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi, yang akan dipimpin oleh Patrick Walujo, dengan dukungan perwakilan dari PT Tokopedia dan TikTok.
Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo.