Home Apps & Platform Mendix Low Code Platform di AWS Bantu Percepat Pengembangan Aplikasi AI dan...

Mendix Low Code Platform di AWS Bantu Percepat Pengembangan Aplikasi AI dan ML di Indonesia

Mendix, bagian dari bisnis Siemens, bekerja sama dengan Amazon Web Services (AWS) memperkenalkan solusi inovatif yang dirancang untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia. Melalui kolaborasi dengan PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), platform low-code Mendix kini tersedia di AWS, memungkinkan pengembangan aplikasi kecerdasan buatan (AI) dan machine learning (ML) secara lebih cepat dan efisien.

Mendix-AWS menawarkan solusi yang memungkinkan bisnis dari berbagai industri untuk membangun dan mengembangkan aplikasi AI generatif dengan mudah. Solusi ini memanfaatkan kemampuan AI dan ML untuk mendorong inovasi dan merampingkan proses pengembangan aplikasi dalam skala besar. PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), pemimpin pasar distributor produk dan solusi TI di Indonesia, ditunjuk sebagai distributor dan mitra resmi untuk memperkenalkan solusi ini ke pasar Indonesia.

“Kolaborasi dengan AWS memungkinkan kami untuk menyediakan lebih dari 20 konektor AWS-Mendix, termasuk konektor Autentikasi AWS universal. Konektor-konektor ini mempermudah integrasi layanan AWS ke dalam aplikasi Mendix melalui fitur seret dan lepas, sehingga layanan AI/ML seperti Amazon Bedrock, SageMaker, Rekognition, Textract, Translate, dan Polly dapat diakses dengan mudah,” kata Tarig Elomari, VP Presales Solution Architect Mendix APAC.

Platform Mendix, yang telah menjadi cloud-native di AWS sejak 2016, menawarkan berbagai opsi penerapan aplikasi di AWS. Salah satunya adalah Mendix Cloud, yang dirancang dengan cloud publik yang memiliki ketersediaan tinggi dan biaya rendah, tersedia di 16 wilayah AWS dan terus berkembang. Pelanggan AWS juga dapat membeli platform ini melalui AWS Marketplace, memberikan kemudahan tambahan.

Mendix memiliki potensi besar untuk mentransformasi berbagai industri seperti layanan keuangan, manufaktur, dan ritel. Platform low-code Mendix yang canggih, dikombinasikan dengan kolaborasi dengan AWS, memungkinkan pengembangan aplikasi yang efisien dalam lingkungan cloud yang aman. Platform ini mendukung organisasi untuk berinovasi dan mengatasi kompleksitas transformasi digital dengan peningkatan efisiensi dan kecepatan.

Anthony Amni, Country Manager AWS Indonesia, menambahkan, “Dengan memanfaatkan kemampuan cloud AWS, perusahaan dapat memigrasikan beban kerja on-premise mereka ke cloud dengan efisien, memanfaatkan skalabilitas, fleksibilitas, dan efektivitas biaya yang ditawarkan cloud. Proses ini diperkuat oleh kekuatan Mendix dalam memodernisasi aplikasi, memastikan bahwa aplikasi dioptimalkan untuk lingkungan cloud dan dilengkapi dengan fitur terbaru.”

Lie Heng, Director Technology Solution PT Synnex Metrodata Indonesia, menegaskan, “Kolaborasi strategis ini akan memperluas jaringan mitra kami dan target pasar yang lebih luas. Solusi Mendix-AWS memberdayakan organisasi di Indonesia untuk merangkul digitalisasi, meningkatkan kolaborasi, dan mencapai pertumbuhan berkelanjutan. Kami yakin solusi ini akan mempercepat transformasi digital di Indonesia.”

Dengan demikian, solusi Mendix-AWS siap memberdayakan bisnis di Indonesia, mendukung transformasi digital, dan meningkatkan produktivitas serta inovasi dalam pengembangan aplikasi AI generatif.