Home Network & Operator Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Trafik Selama Ramadan dan Idul Fitri 2023

Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Trafik Selama Ramadan dan Idul Fitri 2023

Telkomsel, perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, telah mempersiapkan sejumlah program dan aktivitas guna menghadapi momen Ramadan dan Idul Fitri 1444 H (RAFI 2023). Telkomsel akan memperkuat perannya sebagai digital society enabler melalui sejumlah program, seperti jaringan mobile broadband andal berteknologi terdepan, program loyalitas pelanggan, serta program Corporate Social Responsibility (CSR).

Kementerian Perhubungan RI memperkirakan pergerakan masyarakat selama Lebaran 2023 mencapai 123,8 juta orang atau tumbuh 14,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Telkomsel sendiri memproyeksikan akan ada pergerakan yang cukup signifikan terhadap trafik komunikasi pelanggan selama RAFI 2023.

Telkomsel memperkirakan trafik layanan data/broadband akan melonjak hingga 11,2 persen dibandingkan hari biasa. Pertumbuhan tersebut diperkirakan dari pertumbuhan aktivitas digital masyarakat selama RAFI 2023, seperti akses layanan media sosial yang melonjak hingga 6,2 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) sekira 20 persen, layanan streaming video tumbuh 15,6 persen, layanan mobile gaming naik 32,4 persen, akses browsing melonjak 2,4 persen, dan akses layanan e-commerce meningkat 7 persen. Sedangkan untuk trafik layanan panggilan suara (voice call) diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 8,5 persen serta layanan pesan singkat (SMS) tumbuh sekira 7,1 persen.

Untuk mengantisipasi pergerakan trafik selama momen RAFI 2023 ini, Telkomsel telah memfokuskan pada optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan. Telkomsel juga melakukan uji jaringan di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 17.895 Km guna memastikan pengamanan kualitas dan ketersediaan jaringan.

Telkomsel juga telah memperkuat kapabilitas infrastruktur jaringan dengan meningkatkan kapasitas 277 unit BTS 4G/LTE, menambah 221 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (COMBAT). Selain itu, Telkomsel juga menjamin ketersediaan produk, layanan, dan platform digital unggulan, termasuk di 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, “Telkomsel mengucapkan selamat menjalankan ibadah di Bulan Ramadan bagi umat muslim di seluruh Indonesia. Momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini terasa akan semakin penuh makna seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberikan kemudahan untuk masyarakat beraktivitas pasca masa pandemi COVID-19 yang sudah mereda. Mengusung tema ‘Nyalakan Kebersamaan’, kami berharap dapat mendorong semangat kebaikan yang penuh kehangatan. Telkomsel sendiri terus mengambil peran terdepan mempersiapkan berbagai inisiatif aktivitas perusahaan guna memastikan kelancaran serta kenyamanan pelanggan beraktivitas dan beribadah di bulan suci yang penuh keberkahan, melalui dukungan pemanfaatan teknologi digital terkini yang melampaui ekspektasi pelanggan.”

Telkomsel Hadirkan Berbagai Promo Produk dan Layanan Digital untuk Momem RAFI 2023

Telkomsel menghadirkan beragam promo produk dan layanan gaya hidup digital terkini yang customer centric dalam upaya mendampingi pelanggan pada momen Ramadan, Arafah, Fitri, dan Idul Adha (RAFI) 2023. Berbagai promo khusus tersebut meliputi paket kuota ketengan nonton untuk Platform MAXstream, paket bundling berlangganan platform audio streaming Langit Musik, promo gim online pilihan, flash sale, Promo Special Ramadan dari Platform Dunia Games, bundling fitur gim melalui Paket GamesMAX yang berkolaborasi dengan aplikasi gim online Mobile Legend Bang Bang dan Pokemon Go, serta paket bundling Gameqoo dan langganan platform video streaming Disney+ Hotstar. Telkomsel juga akan menggelar kompetisi gim online Dunia Games Waktu Indonesia Bermain (DG WIB) yang akan berlangsung selama Ramadan.

Telkomsel juga akan merilis sejumlah konten digital terbaru dari MAXstream, anatara lain film drama remaja ‘Suka Duka Uni Unaa’, serial komedi ‘APOSE’, dan film drama percintaan ‘Atas Nama Surga’, untuk menemani kehangatan pelanggan menjalani momen Ramadan. Selain itu, melalui platform audio streaming Langit Musik, Telkomsel akan menghadirkan berbagai keseruan konten live podcast dan online radio dengan berbagai tema menarik untuk para pelanggan melalui fitur terbaru Langit Musik Radio dan Langit Musik Live.

Program Mudik Bareng Telkomsel 2023 kembali digelar sebagai bentuk apresiasi terhadap kesetiaan pelanggan. Kali ini, program ini dihadirkan untuk pelanggan setia Telkomsel yang berasal dari para pekerja sektor informal, seperti pengemudi ojek online, pekerja kebersihan, dan para pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM), dengan tujuan mudik ke 9 kota menggunakan pilihan moda transportasi kapal laut dan bus. Pelanggan dapat mengikuti Program Mudik Bareng Telkomsel 2023 dengan melakukan penukaran Telkomsel Poin melalui Aplikasi MyTelkomsel. Selain itu, ragam program penukaran Telkomsel Poin serta berbagai penawaran promo paket kuota data menarik tetap akan hadir menemani keseruan pelanggan menjalankan momen RAFI 2023.

Selama momen RAFI 2023, seluruh kanal layanan pelanggan Telkomsel mulai dari layanan call center 188, layanan online akun resmi asisten virtual di berbagai platform instant messaging terkemuka, serta GraPARI Online siap beroperasi 24 jam melayani kebutuhan pelanggan. Telkomsel telah menyiagakan 376 GraPARI berkolaborasi dengan lebih dari 400 ribu mitra outlet di seluruh Indonesia, serta menghadirkan layanan Posko Telkomsel Siaga yang tersedia di sejumlah titik keramaian dan area transit transportasi mudik untuk melayani kebutuhan pelanggan secara offline (walk-in).

Telkomsel juga mendorong semangat berbagi di momen RAFI 2023 dengan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat melalui sejumlah aktivitas CSR. Serangkaian kegiatan berbagi kebersamaan kepada masyarakat yang membutuhkan akan digelar Telkomsel, antara lain dengan penyerahan bantuan kepada 280 masyarakat duafa dalam kondisi sakit/ penyandang disabilitas, 280 guru mengaji, 1.800 masyarakat duafa yang mendapatkan paket buka puasa/ sahur gratis, 1.800 masyarakat duafa yang mendapatkan paket bantuan sembako, 28 masjid, 280 yayasan duafa, disabilitas, serta panti jompo.

”Mengusung konsep sharing economy, bantuan yang diberikan oleh Telkomsel juga akan mengajak partisipasi dan dukungan dari sejumlah pelaku UMKM di wilayah sekitar penerima manfaat yang dilakukan melalui penyediaan makanan gratis untuk berbuka puasa dan sahur, dana sosial, bantuan perangkat ibadah, hingga paket sembako,” pungkas Hendri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here