Home Network & Operator Indosat Ooredoo Hutchison dan Google Cloud Perkuat Kerja Sama Strategis untuk Pengalaman...

Indosat Ooredoo Hutchison dan Google Cloud Perkuat Kerja Sama Strategis untuk Pengalaman Digital Berbasis AI di Indonesia

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Google Cloud memperkuat kerja sama strategis jangka panjang mereka untuk mempercepat transformasi Indosat dari perusahaan telekomunikasi (Telco) menjadi perusahaan teknologi berbasis AI (AI Native TechCo). Kolaborasi ini bertujuan untuk menghadirkan pengalaman digital yang lebih baik bagi lebih dari 100 juta pelanggan Indosat dan menawarkan solusi AI bagi perusahaan dan bisnis di seluruh Indonesia.

Tujuan dan Fokus Kolaborasi

Kerja sama ini memadukan jaringan luas dan data pelanggan Indosat dengan teknologi AI terintegrasi dari Google Cloud. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan pengalaman yang lebih mengesankan bagi pelanggan serta menyediakan solusi AI yang dapat digunakan oleh berbagai sektor bisnis di Indonesia. Beberapa fokus utama dari kolaborasi ini meliputi:

  1. Modernisasi Layanan Pelanggan:
    • Implementasi Contact Center AI dari Google Cloud yang memanfaatkan kemampuan AI generatif (GenAI) untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas agen customer service.
    • Fitur seperti transkripsi panggilan langsung, rekomendasi tanggapan berdasarkan analisis percakapan real-time, dan analisis sentimen pascapanggilan diharapkan dapat meningkatkan kecepatan, akurasi, dan efektivitas penyelesaian pertanyaan pelanggan.
  2. Pembuatan Konten Dinamis dan Hiperpersonalisasi:
    • Agen AI Kreatif dengan kemampuan multimodal dan multibahasa akan membantu dalam pembuatan konten yang disesuaikan dengan profil dan kebutuhan spesifik pelanggan.
    • Integrasi dengan sistem manajemen hubungan pelanggan dan manajemen konten akan memungkinkan pemasaran yang lebih efektif melalui interaksi yang dipersonalisasi di berbagai saluran.
  3. Analitik Geospasial dan Pemodelan Prediktif:
    • Penggunaan model machine learning (ML) Google Cloud yang dilatih dengan data operasional Indosat untuk membantu pengambilan keputusan strategis dalam berbagai industri.
    • Teknologi ini juga akan membantu dalam mengidentifikasi area dengan potensi pertumbuhan tinggi namun memiliki keterbatasan cakupan jaringan, sehingga dapat memperluas kapasitas jaringan dan menjembatani kesenjangan digital.
  4. Operasi Jaringan dan TI yang Ditingkatkan:
    • Optimalisasi operasi jaringan dan TI dengan model ML khusus yang mampu memprediksi return on investment (ROI), mengurangi konsumsi energi, dan mengoptimalkan pemanfaatan aset.
    • Solusi ini juga dapat mendeteksi dan menyelesaikan masalah secara proaktif, menghasilkan penghematan biaya, operasi yang lebih berkelanjutan, dan peningkatan keandalan layanan.
  5. Transformasi Back Office:
    • Penerapan aplikasi pencarian perusahaan yang didukung oleh GenAI khusus untuk mempermudah akses informasi oleh tim SDM, Hukum, Pengadaan, dan Keuangan.
    • Aplikasi ini akan meminimalisir waktu pencarian manual, mempercepat pengambilan keputusan, dan meningkatkan produktivitas.

Inisiatif Ekosistem Digital

Selain mengimplementasikan solusi-solusi tersebut dalam operasi bisnisnya, Indosat dan Google Cloud juga akan mengeksplorasi inisiatif go-to-market bersama untuk memberdayakan ekosistem digital di Indonesia. Solusi AI yang dioptimalkan akan tersedia bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), startup, perusahaan, dan organisasi sektor publik melalui infrastruktur Google Cloud yang berbasis AI.

Komentar Para Pimpinan

Vikram Sinha, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Kolaborasi kami dengan Google Cloud bukan hanya menjadi tonggak penting bagi Indosat, tetapi juga sebagai langkah signifikan dalam misi kami untuk bertransformasi menjadi AI Native TechCo. Bersama kami akan memanfaatkan potensi penuh dari cloud dan AI untuk mendorong inovasi, menciptakan peluang baru, dan menggerakkan ekonomi digital Indonesia ke depan.”

Karan Bajwa, Vice President Asia Pasifik di Google Cloud, menambahkan, “Inisiatif ini tidak hanya akan menunjukkan kekuatan transformasional AI dalam telekomunikasi, tetapi juga menjadi cetak biru bagi sektor lain yang ingin memanfaatkan teknologi ini untuk mendorong pertumbuhan dan dampak nasional.”

Dengan kolaborasi ini, Indosat dan Google Cloud berkomitmen untuk mendorong inovasi, menciptakan peluang baru, dan memajukan ekonomi digital Indonesia melalui teknologi AI yang canggih dan solusi cloud yang terintegrasi.