Home Science Tech Sony IMX 709, Sensor Reno Terbaru yang Bikin Foto Portrait Makin Seru

Sony IMX 709, Sensor Reno Terbaru yang Bikin Foto Portrait Makin Seru

Berbagai informasi menyebut bahwa kedatangan OPPO Reno terbaru tinggal menghitung hari. Seri OPPO yang mengunggulkan mode portrait ini sepertinya layak ditunggu. Sebabnya, Reno anyar ini akan menyematkan sensor kamera depan IMX 709. Sensor ini merupakan hasil kerjasama Sony dan OPPO dan Reno terbaru sekaligus menjadi smartphone pertama yang menyandangnya.

Lalu apa Hebatnya IMX 709 ini sehingga disebut bisa menghasilkan foto portrait yang jauh lebih baik dari Reno sebelumnya?

Peningkatan Sensitivitas Cahaya Hingga 60%

Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia dalam sesi workshop yang berlangsung beberapa waktu lalu menyebut bahwa sensor Sony IMX 709 ini mengalami peningkatan sensitivitas cahaya hingga 60% dan berhasil mengurangi noise sebesar 35% dibanding dengan sensor yang ditanam di kamera OPPO Reno6 Pro.

Canggih ID yang sempat menjajal mode portrait di Reno terbaru dan membandingkannnya hasilnya dengan jepretan Reno 6 mengamini hal tersebut. Hasil portrait yang didapat Reno terbaru jauh lebih tajam dengan warna yang lebih natural.

Proses riset IMX 79 sendiri tak main-main. Untuk menghasilkan sensor terbaik, OPPO melibatkan lebih dari 300 insinyur, menghabiskan 3 tahun lebih untuk pengembangan dan penelitian, menghaslkan  87 lebih hak paten, serta melibatkan uang tak kurang dari 15 juta dolar!

IMX 709 merupakan sensor RGBW (Red Gren Blue White) generasi terbaru dengan hasil tangkapan gambar yang lebih baik dibanding sensor RGBW konvensional. IMX 709 juga menjadi sensor pertama di industri yang menyematkan algortima Ai besutan sendiri langsung ke dalam sensor, sehingga pemrosesan gambar menjadi lebih cepat. Sensor ini cukup fleksibel karena mampu bekerjasama baik dengan chipset besutan Qualcomm maupun Mediatek.

Dari gambar di bawah, Kamu dapat melihat bahwa foto yang dihasilkan IMX 709 dengan sensor RGBW anyarnya mampu menghasilkan detil dan warna yang lebih baik.

HAsil foto Reno terbaru (kanan) dibandingkan dengan reno6

IMX 709 diketahui juga mengadopsi teknik yang disebut Quadra Binning Algoritm. Desain baru sensor RGBW-nya menambahkan 2 piksel putih di setiap empat piksel. Hal ini membuat IMX 709 mampu lebih mengenali sinyal merah, hijau, biru, dan putih dengan lebih baik.

Dengan perfroma dan inovasi yang dijhasilkan, tidak mengherankan jika foto portrait yang diambil menggunakan Reno terbaru hasilnya lebih memuaskan bukan?