Memasuki bulan suci Ramadan dan menyambut Idul Fitri 1445 H, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mempersembahkan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ untuk memastikan konektivitas yang mulus bagi para pelanggan. Komitmen ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan komunikasi kepada pelanggan di seluruh Indonesia, mulai dari perjalanan mudik hingga berkumpul bersama keluarga tercinta.
Vikram Sinha, Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyampaikan, “Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H, mohon maaf lahir dan batin, dari seluruh keluarga besar Indosat Ooredoo Hutchison. Kami mempersembahkan layanan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan digital pelanggan kami selama momen berharga ini. Dengan infrastruktur jaringan yang telah terintegrasi dan didukung oleh teknologi canggih berbasis cognitive learning serta tim yang handal, kami siap memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan kami.”
Diperkirakan bahwa mobilitas arus mudik selama Hari Raya Idul Fitri akan mencapai 71,7% dari total penduduk Indonesia, yang akan menyebabkan lonjakan trafik data sebesar 17% dibandingkan dengan rata-rata harian sepanjang tahun 2024. Lonjakan ini didorong oleh aktivitas digital masyarakat yang semakin meningkat, termasuk penggunaan media sosial, aplikasi pesan singkat, dan permainan online.
Untuk mengantisipasi lonjakan trafik tersebut, Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringannya sebesar 32% dan menambahkan 2.145 situs baru serta 38 BTS mobile. Selain itu, jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km juga diperkuat untuk memperkuat sinyal di lokasi-lokasi prioritas seperti jalur mudik, jalan tol, dan titik-titik penting lainnya.
Tidak hanya itu, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di berbagai jalur kereta, jalan tol, dan destinasi wisata. Lebih dari dua ribu petugas teknis Indosat siap bekerja keras di lapangan, didukung oleh tim Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) yang beroperasi 24/7, serta Command Center dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC) yang menggunakan sistem berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) untuk memastikan ketersediaan layanan yang optimal.
Selain fokus pada pelayanan pelanggan, Indosat juga mengedepankan tanggung jawab sosial perusahaan dengan program ‘Gerobak Berkah’. Melalui program ini, Indosat memberdayakan para penjaga masjid atau musholla dengan memberikan dukungan langsung berupa pemberdayaan usaha ekonomi kecil.
Dalam komentarnya, Asep Mahmud, marbot asal Masjid Al-Mujahiddin, Jakarta Barat, menyampaikan rasa syukurnya atas bantuan dari Indosat dan pelanggan yang telah membantu meningkatkan usahanya.
Semua upaya ini menegaskan komitmen Indosat dalam meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh masyarakat Indonesia, serta memberikan kontribusi positif bagi ekonomi lokal. Dengan demikian, Indosat Ooredoo Hutchison tidak hanya menjadi penyedia layanan telekomunikasi terdepan, tetapi juga mitra yang peduli terhadap kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.