
Smartfren berhasil mengantisipasi lonjakan traffic selama Ramadan dan Idul Fitri 1444H serta momen mudik dan arus balik. Hal ini ditandai dengan peningkatan akses layanan data secara year-on-year. Pada momen yang sama di 2022 lalu, Smartfren mencatat peningkatan akses layanan data sebesar 10% lebih tinggi dari hari-hari biasa. Sedangkan pada momen yang sama di tahun 2023 ini, peningkatan akses mencapai 14% lebih tinggi dari hari-hari biasa.
Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren mengungkapkan bahwa momen Ramadan, Idul Fitri, dan mudik tahun ini Smartfren melihat peningkatan akses internet yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh perubahan perilaku dan pola penggunaan internet di masyarakat. Saat ini semakin banyak kebutuhan dan kegiatan sehari-hari yang mengandalkan koneksi internet. Oleh karena itu, Smartfren terus melakukan peningkatan kapasitas jaringan dan optimisasi jaringan sehingga pelanggan dapat menikmati kualitas terbaik dari jaringan internet Smartfren kapan pun dan di mana pun berada.
Selama momen Ramadan, Idul Fitri, dan mudik, Smartfren mencatat peningkatan akses yang signifikan pada sejumlah aplikasi digital dibandingkan dengan tingkat akses pada hari biasa. Aplikasi TikTok mengalami peningkatan akses sebesar 28% dan YouTube sebesar 9%. Selain itu, penggunaan aplikasi pesan instan WhatsApp juga meningkat hingga 6%, sedangkan untuk media sosial seperti Facebook dan Instagram, serta game esports seperti Mobile Legends, Free Fire dan sejenisnya terjadi juga kenaikan traffic di kisaran 2%-5%.
Smartfren juga telah menerapkan teknologi-teknologi terbaru untuk meningkatkan pengalaman pengguna, salah satunya adalah implementasi content delivery network di sejumlah titik, sehingga dapat mengoptimalkan pengalaman akses internet pelanggan dan memperkecil latensi. Selain itu, Smartfren juga melakukan sejumlah inisiatif lain guna meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi seperti dengan memacu proses fiberisasi atau pemasangan serat optik untuk menyambut era 5G. Fiberisasi ini merupakan teknologi yang harus diimplementasikan guna meningkatkan kapasitas layanan telekomunikasi, terutama di wilayah-wilayah yang traffic datanya tinggi.
Smartfren juga terus meningkatkan coverage dengan menambah sejumlah total 4.000 BTS di seluruh wilayah operasionalnya. Dengan semua upaya dan inisiatif tersebut, Smartfren siap menghadapi momen besar selanjutnya dan memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggannya.