Home Education Samsung Tech Institute Fasilitasi Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian HHP untuk Siswa SMK...

Samsung Tech Institute Fasilitasi Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian HHP untuk Siswa SMK Program STI

Samsung Tech Institute (STI) memfasilitasi penyelanggaraan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Hand Held Product (HHP) bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas 12 program STI. UKK HHP tahun 2023 dilaksanakan dari 9 Maret hingga 13 April 2023. Peserta yang dinyatakan kompeten akan memperoleh sertifikat kelulusan Program STI. Pelaksanaan UKK terdiri dari ujian teori dan praktik yang diawasi oleh tim dari BBPPPMPVP BOE Malang, Samsung Service Center, dan Mobile Xperience Samsung.

Tahun ini, STI menambahkan pilihan untuk kompetensi promotor HHP selain teknisi HHP. Sebanyak 1.156 siswa dari 37 SMK di Indonesia mendaftar untuk UKK HHP tahun ini. Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, mengatakan bahwa penyelenggaraan UKK untuk peserta SMK STI adalah bentuk komitmen Samsung dalam memajukan pendidikan vokasi di Indonesia.

UKK HHP dilaksanakan dengan ujian teori dan praktik sehingga melahirkan lulusan SMK STI yang piawai secara teori dan praktik. Wardani Sugiyanto, Direktur Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, mengapresiasi program STI dan pelaksanaan UKK sebagai salah satu model pembelajaran link and match antara SMK dan dunia usaha untuk mencetak talenta dengan kompetensi tinggi.

Dalam revitalisasi SMK, sinergi antara dunia pendidikan dan dunia usaha diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan SMK. Samsung Tech Institute bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK agar memiliki keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri. Program STI meliputi kurikulum STI (Hand Held Product, Audio Video, dan Home Appliance), training of trainers untuk para guru, sinkronisasi kurikulum antara SMK dan STI, serta peningkatan keterampilan siswa melalui pelatihan praktik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here