Home Review Review Samsung Galaxy M53 5G: Cantik dengan Layar Besar dan Kamera Menawan

Review Samsung Galaxy M53 5G: Cantik dengan Layar Besar dan Kamera Menawan

Lini seri M milik Samsung dikenal memiliki build quality yang bagus dengan kinerja yang dapat diandalkan. Terbaru, mereka menghadirkan Samsung Galaxy M53 5G dengan banderol harga resmi Rp6.299.000. Jika pendahulunya M52 5G menggandeng chipset Snapdragon 778G 5G, kali ini M53 5G dengan tagline #GakAdaMatinya memilih Dimensity 900 besutan MediaTek. Jumlah kamera ditingkatkan menjadi Quad Camera dengan kamera utama menyuguhkan resolusi besar 108MP.

Pertanyaannya, apakah M53 berhasil menyodorkan perfroma yang lebih baik dibanding pendahulunya M52 5G? Bagaimana dengan kinerja Kameranya?

Desain dan Build Quality

Masih berpegang teguh dengan tema desain klasik, perangkat ini dilengkapi dengan panel belakang berbahan polikarbonat yang dengan finishing matte yang cukup halus namun kesat di tangan. Canggih ID mendapatkan unit dengan varian brown yang memancarkan warna coklat keemasa yang anggun. Samsung juga menyedikan dua varian warna lain yaitu green dan blue yang tak kalah bagusnya.

Secara ergonomis, smartphone ini super ringan dan tipis dengan berat hanya 176g dan ketebalan 7,4mm. Ini sebuah pencapaian yang bagus menurut Kami, mengingat M53 5G memakai layar yang cukup lebar layar 6,7 inci dengan baterai berdaya besar 5.000 mAh.

Di sudut kiri atas panel belakang, Kamu akan mendapatkan quad-camera yang disatukan dalam sebuah modul yang menyatu dengan mulus ke dalam bingkai. Lampu LED diletakkan di luar modul , tepatnya di bagian bawah. Dalam paket pembeiliannya, Samsung Galaxy M53 5G tidak menyertakan casing tambahan, begitu juga adaptor pengisian daya 25 W, yang didukung oleh perangkat.

Di bagian depan, Kamu akan mendapatkan layar 6,7 inci dengan bezel minimalis. Bagian dagu sedikit lebih tebal dibanding sisi lainnya. Punch-hole di bagian atas dihuni kamera selfie dengan bentuk yang tak terlalu mencolok. Di sisi kanan terdapat tombol daya yang berfungsi ganda sebagai sensor sidik jari dan ebrderet dengan sepasang tombol volume. Tombol daya mudah dijangkau dengan satu tangan. Di bagian bawah, terdapat port pengisian daya dan transfer data USB Type-C bersamaan dengan speaker tunggal dan mikrofon. Baki (tray) SIM hybrid diletakkan di sisi kiri.

Smartphone ini tidak memiliki speaker stereo dan jack audio 3,5 mm. Jadi, Kamu mungkin memerlukan perangkat audio wireless untuk dapat lebih menikmati hiburan yang tersedia.

Display

Salah satu kelebihan smartphone besutan Samsung adalah tampilan layarnya. Dan Galaxy M53 5G pun demikian, menampilkan layar Super AMOLED Plus 6, 7 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 120 Hz. Beberapa waktu lalu, spesifikasi layar seperti ini mungkin hanya ada di perangkat Samsung kelas premium, namun kini hal tersebut sudah diturunkan ke smartphone di segmen menengah. Hadir dengan dengan sudut pandang yang sangat baik sehingga dapat menampilkan pengalaman menikmati konten dengan reproduksi warna akurat. Kontras layar yang tajam menghasilkan pengalaman menonton yang imersif dengan warna hitam pekat dan warna cerah.

Kecerahan maksimal layar mampu digeber hingga angka 420 nits. Keterbacaan layar cukup bagus meski terkena sinar matahari. Secara keseluruhan, layarnya menyuguhkan tampilan yang dapat digunakan dengan sempurna di berbagai kondisi pencahayaan.

Layarnya mampu menghasilkan rate refresh sehalus 120 Hz. Kamu dapat menurunkannya hingga 60 Hz untuk menghemat baterai. Tidak ada dukungan kecepatan refresh adaptif, jadi hanya dua itu saja pilihan yang disediakan. Menggulir dapat dilakukan dengan mulus, membuat kinerja ponsel terasa tajam tanpa tersendat. Layar M53 5G sudah mendukung Widevine L1 untuk tampilan HD pada aplikasi streaming.

Performa

Samsung Galaxy M53 5G mengemas MediaTek Dimensity 900 SoC sebagai otak. Pilihan ini berbeda dengan pendahulunya, M52 yang memilih chipset Snapdragon 778G. Untuk menopangnya, Samsung menyediakan RAM sebesar 8GB dan memori internal 256GB, kombinasi yang cukup lega untuk digunakan dalam keseharian maupun task berat.

Samsung jarang menggunakan chipset MediaTek di seri M mereka, jadi ya, ini pilihan yang menarik. Namun terlepas dari fakta tersebut, MediaTek Dimensity 900 memiliki kinerja konsisten baik untuk tugas harian dan maupun untuk kinerja lebih berat seperti bermain game.

M53 menjalankan sistem operasi Samsung One UI 4.1 berbasis Android 12 . Samsung sendiri memberikan komitmen dua tahun pembaruan Android dan 4 tahun pembaruan keamanan. Hal ini menjadi nilai lebih M53 karena tak banyak smartphone kelas menengah yang memmberikan garansi pembaharuan sebanyak Samsung. One UI sendiri secara tampilan bersih dan mudah dilihat serta ramah untuk pengguna baru.

Samsung Galaxy M53 sudah mendukung koneksi 5G dan kompatibel dengan band 5G yang digunakan oleh operator di Indonesia.  Ada beberapa fitur yang cukup menarik seperti Object Eraser in Gallery, Auto Data Switching, dan Intelligent Voice Focus. Auto Data Switching  dapat secara cerdas mengalihkan ke SIM sekunder Kamu untuk melakukan panggilan atau menggunakan data saat SIM utama tidak menemukan jaringan.

Intelligent Voice Focus memanfaatkan kemampuan AI untuk mengurangi kebisingan suara latar belakang agar panggilan menjadi jelas. Kami menguji fitur ini dan berjalan cukup baik saat digunakan di keramaian.

Dari kiri: hasil benchmark dengan menggunakan Antutu, Geekbech Single score dan Multi core, Geekbench OpenCL, dan Geekbench Vulkan

Kamera

Samsung Galaxy M53 mengemas quad-camera di bagian belakang, lebih banyak jumlahnya dibanding dengan triple-camera milik penndahulunya, M52. Lensa utama memiliki resolusi 108 MP didampingi lensa ultrawide 8 MP, lensa makro 2 MP, dan sensor kedalaman 2 MP. Untuk selfie, M53 memilih sensor kamera depan Sony IMX 616 sebesar 32 MP.

Hasil foto siang hari terlihat cukup hidup dan detail. Pengambilan gambar secara Close-up menghasilkan gambar yang enak dilihat dengan dengan dynamic range warna yang bagus dan natural.

Foto portrait yang dihasilkan cukup bagus dengan warna kulit alami menjadi lebih alami dan detil.

Beralih ke lensa ultrawide, warna foto yang diambil melalui lensa ini sama dengan dengan warna hasil foto dari lensa utama, dan ini merupakan hal yang bagus. Rentang dinamisnya cukup baik.

Pemotretan dalam cahaya redup atau malam hari dengan menggunakan lensa utama menghasilkan gambar artistik dengan noise yang sedikit. Jika ingin hasil yang lebih baik, Kamu bisa mengaktifkan mode malam. Jika Kamu ingin bersenang-senang dengan Snapchat Lens, cobalah fitur Fun.

Kamera selfie 32 MP menghasilkan gambar detail dengan warna yang sangat baik dan penerjemahan warna kulit lebih alami. Untuk mendapatkan hasil natural, Kami sarankan untuk mematikan mode beauty di setting. Selfie potret juga bagus dengan pemisahan gambar latar dan obyek yang rapi. Sekali lagi, Kamu bisa mengaktifkan mode malam untuk menghasilkan foto selfie dalam kondisi cahaya minim.

Kamu dapat merekam video dengan resolusi tertinggi 4K pada 30 fps. Kamu juga bisa membuat video video Slow Motion dengan kecepatan 240 fps pada resolusi 1080p dan 960 fps pada resolusi 720p. Galaxy M53 mengandalkan Electronic Image Stabilization untuk menstabilkan rekaman video. Kamera juga dilengkapi dengan mode Super Steady  yang sangat membantu.

Galeri

Baterai

Samsung Galaxy M53 5G menawarkan baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 25 W yang bisa Kamu beli secara terpisah seharga Rp. 299.000 mengingat paket pembelian hanya menyediakan kabel pengisian daya saja. Dengan kapasitas baterais ebesar itu, penggunaan sehari-hari seperti  bermain game,  mengedit foto, dan menjelajah media sosial bisa dilakukan dengan baik tanpa harus bolak-balik melakukan charging. Jika penggunaannya tak terlalu intensif, baterai M53 bisa bertahan lebih dari sehari.

Kesimpulan

Samsung Galaxy M53 5G memudahkan Kami untuk memebrikan rekomendasi. Buat Kamu yang emncari smartphone dengan build quality, desain, dan kinerja layar yang memadai, M53 adalah pilihan yang paling masuk akal. Perangkat kuat namun juga ringan digenggam dengan tampilan berkelas; sesuatu yang tidak terlalu umum pada segmen harga ini.

Selain itu, layar besar Super AMOLED Plus 6,7 inci membuat Kamu betah berlama-lama menonton konten. Yang susah dikejar oleh kompetitor adalah, perangkat ini memberikan jaminan dua kali pembaruan Android dan 4 tahun pembaruan keamanan.

Spesifikasi

ProsesorMediaTek Dimensity 900 (6nm) (Octa-Core hingga 2.4GHz)
MemoriRAM: 8GB Memori Internal: 256GB RAM Plus hingga 8GB Micro SD hingga 1TB
Layar6,7 inci FHD+ Super AMOLED+ Infinity-O Display 120Hz Refresh Rate 240Hz Touch Sampling Rate
Dimensi164,7 x 77,0 x 7,4 mm 176 g
KameraKamera Belakang: ●        Utama: 180MP (f1.8) ●        Ultra Wide: 8MP (f2.2) ●        Depth: 2MP (f2.4) ●        Macro: 2MP (f2.4) Kamera Depan: 32MP (f2.2) Perekam Video: Hingga 4K | @30fps
Jaringan2G / 3G / 4G LTE / 5G Sub6 FDD, 5G Sub6 TDD
Jumlah Slot3 Slot (SIM 1 + SIM 2 + Micro SD) Slot Micro SD hingga 1TB
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4G + 5GHz) Bluetooth® v 5.0 USB Type 2.0-C Location (GPS, Glonass, BeiDou, Galileo)
Baterai5.000 mAh 25W Fast Charging*
WarnaBlue, Green, Brown
Sistem OperasiAndroid 12, One UI 4.1
USBUSB Type-C
Fitur LainnyaNFC, Pemindai Sidik Jari Samping, Dolby Atmos**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here