Home Smartphone realme Terapkan Pengisian Daya Cepat di Smartphone Entry Level

realme Terapkan Pengisian Daya Cepat di Smartphone Entry Level

realme di Indonesia menghadirkan pengisian daya tercepat di segmen harga entry level yakni realme 11 dengan 67 Watt di harga Rp3 jutaan dan realme C51 dengan 33 Watt di segmen harga Rp1 jutaan, masing-masing membawa teknologi pengisian daya tercepat di segmennya. 

realme dikenal sebagai brand yang menggebrak dunia smartphone dengan teknologi fast charging. realme pertama kali memberikan teknologi pengecasan baterai 20W yang tertanam di smartphone mid-range realme 3 Pro pada tahun 2019. Di mana merupakan sebuah pencapaian terdepan saat itu dengan kompetitor hanya bermain di angka pengecasan 15W, dan kebanyakan masih eksklusif untuk smartphone kelas atas. Tidak berselang lama pada tahun yang sama, realme kembali menghadirkan inovasi teknologi melalui kecepatan pengecasan 50W di realme X2 Pro, menjadikan smartphone ini terdepan di kelasnya. realme buktikan bahwa teknologi pengisian daya cepat dan aman itu memungkinkan dan bisa dinikmati semua orang.

Bahkan angka tersebut meningkat lagi di tahun 2021 dengan pengisian daya 65W, yang memungkinkan baterai smartphone realme 7 Pro terisi penuh hanya dalam waktu setengah jam saja. realme tidak berpuas diri dan konsisten berinovasi meningkatkan kecepatannya menjadi 150W seperti yang dibawa oleh realme GT NEO 3 pada tahun 2022. Hingga pada 2023 realme menggemparkan dunia smartphone dengan menyematkan teknologi fast charging 240W di realme GT3. realme menjadi salah satu dari sebagian kecil brand yang berani mewujudkan teknologi fast charging ke unit komersial, sehingga bisa dirasakan langsung oleh para penggunanya.

Pada tahun ini juga, realme berinovasi menghadirkan smartphone dengan pengisian daya tercepat di segmen harga Rp3 jutaan melalui realme 11 yang didukung dengan 67W SUPERVOOC Charge dan baterai besar 5.000 mAh. Pengisian daya pada realme 11 hanya membutuhkan waktu yang singkat yakni 17 menit untuk 1-50% dan 45 menit untuk 1-100%. Fitur ini cocok bagi para pengguna yang memiliki jadwal kegiatan yang padat dan tidak ingin menunggu lama saat baterai smartphone kehabisan daya. 

Selain pengisian daya yang cepat, realme turut melengkapi pengalaman pengguna dengan berbagai algoritma pintar yang mendukung keamanan dan kenyamanan saat mengisi daya, di antaranya: VCVT Intelligent Tuning Algorithm untuk menyesuaikan tegangan dan arus daya, VFC Trickle Charging Algorithm untuk mengoptimalkan efisiensi pengisian daya di 10% terakhir, serta yang terakhir 38 Levels of Protection untuk memastikan keamanan saat proses pengisian daya berlangsung. 

Tidak hanya pada Number Series, realme juga menghadirkan dobrakan di industri smartphone dengan membawa pengisian daya tercepat ke segmen entry-level melalui realme C51 yang hadir dengan 33W SUPERVOOC Charge dengan harga hanya Rp1 jutaan. Hanya dengan harga sejutaan dan dilengkapi fitur NFC, realme melalui realme C51 memungkinkan teknologi fast charging dapat dimiliki oleh seluruh kalangan, bukan hanya eksklusif di lini kelas atas dengan banderol harga tinggi.

“Di realme, kami percaya bahwa berbagai inovasi teknologi terbaik, dalam hal ini fast charging sudah selayaknya dapat turut dinikmati oleh seluruh kalangan. Teknologi fast charging saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan utama, di mana waktu tunggu yang singkat saat mengisi daya akan turut mendukung produktivitas para pengguna tanpa harus menunggu terlalu lama saat kehabisan daya baterai. Oleh karena itu kami konsisten berinovasi dan membawa teknologi ini ke semua segmen produk yang kami luncurkan, bahkan hingga ke lini C Series,” sebut Michonne Wang – Marketing Director realme Indonesia.

Selain pengisian daya yang cepat, bagi para pengguna smartphone realme yang sedang berada di dalam situasi darurat juga dapat menghemat dan memperpanjang daya tahan baterai melalui berbagai metode berikut ini:

Tips dan Trik untuk Memperpanjang Daya Tahan Baterai

Tidak hanya berinovasi dalam teknologi fast charging, realme juga memiliki tips dan trik yang bisa para pengguna lakukan untuk mengoptimalisasi manajemen daya di realme UI secara efisien, sehingga pengguna bisa memperpanjang daya tahan baterai smartphone lebih lama lagi. Berikut 5 langkah yang bisa dilakukan:

  • Kecerahan otomatis

Layar dikenal secara luas sebagai komponen yang haus daya. Semakin tinggi kecerahan yang dipancarkan oleh layar, semakin tinggi daya yang digunakan. Sebaliknya, semakin rendah kecerahannya, semakin rendah pula daya yang digunakan. Oleh karena itu, dengan menetapkan kecerahan layar ke penyesuaian otomatis atau mengurangi kecerahan secara manual, pengguna dapat memperpanjang masa pakai baterai. Selain itu, langkah ini juga dapat melindungi mata dari bahaya cahaya yang benderang, yang membuat mata cepat lelah.

  • Kecepatan refresh layar

Kecepatan refresh yang tinggi memberi kita pengalaman visual yang lebih mulus dan lancar. Namun demikian, sama seperti resolusi tinggi yang sudah disebutkan sebelumnya, kecepatan refresh yang tinggi juga meningkatkan konsumsi daya. Pengguna bisa mencoba menurunkan kecepatan refresh untuk menikmati masa pakai baterai yang lebih lama jika sedang tidak dibutuhkan.

  • Mode Power Saving pada Always-On Display

Bagi yang menggunakan smartphone realme dengan dukungan fitur ini, Smart Always-on Display pada realme UI 4.0 dapat menampilkan waktu dan desain AOD (Always-on Display) yang stylish, serta menampilkan notifikasi dari berbagai aplikasi yang memudahkan para pengguna. Fitur ini merupakan opsi menarik untuk membuat smartphone menjadi lebih stylish dan atraktif. Namun begitu, tampilan yang terus menyala pada layar akan mengonsumsi daya yang lebih. 

Oleh sebab itu, realme menyematkan fitur Power Saving pada Always-on Display. Fitur ini dapat mendeteksi secara pintar smartphone saat sedang disimpan untuk beberapa waktu dan mematikan layar serta tampilan Always-on Display secara otomatis untuk menghemat daya baterai secara efektif. 

  • Mengoptimalkan penggunaan baterai

Jika suatu hari pengguna menemukan bahwa smartphone menghabiskan baterai terlalu cepat, maka inilah saatnya untuk mengambil langkah cepat, karena kemungkinan besar ada beberapa aplikasi yang secara diam-diam menyebabkan hal ini terjadi di latar belakang tanpa disadari.

Di realme UI 4.0, pengguna bisa masuk ke menu ‘Baterai > Pengaturan Lainnya’ dan aktifkan ‘Optimalkan penggunaan baterai’. Atur aplikasi ke ‘Pengoptimalan Otomatis’, dan sistem akan secara otomatis mengoptimalkan aplikasi apa pun yang menyebabkan pengurasan baterai yang berlebihan di latar belakang, sehingga memperpanjang masa pakai baterai.

  • Power Saving Mode – Penghematan daya sekali klik

Ada saat di mana pengguna tidak memungkinkan melakukan pengisian daya baik tidak membawa aksesori charger atau sedang berada di lokasi yang jauh dari stop kontak. Namun tidak perlu khawatir karena realme UI juga telah menyediakan ‘Power Saving Mode’. Sistem akan secara otomatis mendeteksi masalah konsumsi daya saat ini pada smartphone.

Cukup klik ‘Power Saving Mode’ untuk mengatasi masalah konsumsi daya dengan cepat dan mengoptimalkan pengaturan hemat daya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here