Home Review Review realme Smart TV Stick: Mengubah TV Biasa jadi Smart TV

Review realme Smart TV Stick: Mengubah TV Biasa jadi Smart TV

Di saat bermunculan smart TV yang menawarkan berbagai keunggulan, keberadaan TV digital biasa tidak lantas tersingkirkan. Dengan penambahan perangkat seperti TV stick, Kamu akan bisa menikmati tayangan dari layanan-layanan video on demand terkemuka seperti Disney, Netflix, Vido, dan lain sebagainya.

Salah satu produk TV stick terkini yang edar di pasaran adalah realme Smart TV stick. Praktis, TV stick yang dibanderol dengan kisaran harga Rp 500 ribuan ini langsung dapat dicolokkan ke TV digital biasa melalui interface HDMI. Dibanding TV Box android, realme Smart TV Stick memiliki dimensi yang lebih mungil sehingga fleksibel dan tidak makan tempat.

Desain dan Penggunaan

realme Smart TV Stick hadir dengan dimensi yang mungil dan juga ringan sehingga mudah untuk dipindahkan sesuai keinginan pengguna. Desainnya yang minimalis dan dibalut dengan warna hitam  menyatu dengan desain mayoritas televisi sekarang ini.

Realme Smart TV stick memiliki form factor seperti USB flashdisk dengan dimensi 90mm x 29.8mm x 14.5mm. Bedanya dengan flashdisk, port keluarnya menggunakan antarmuka HDMI. Bobotnya ringan sekitar 225.4 gram, membuatnya dapat langsung dicolokkan ke port HDMI tanpa memberikan beban berlebih.

Selain dicolokkan langsung, Kamu bisa memanfaatkan kabel  extender HDMI untuk menghubungkan nya dengan TV. Hal ini bisa dilakukan misalnya dalam skenario port HDMI berada di belakang dan posisi TV ada dalam bracket yang dekat sekali dengan tembok, sehingga realme Smart TV Stick tidak memungkinkan untuk dimasukkan langsung ke port HDMI.

Untuk mentenagai kinerjanya, realme Smart TV stick dibekali dengan kabel USB dan charger. Jika terdapat port USB di TV, Kamu bisa menghubungkan kabel realme Smart Stick TV ke port tersebut.

Untuk pengoperasiannya, realme Smart TV Stick dibekali dengan remote control yang menggunakan daya dua baterai AAA. Selain tombol navigasi 4 arah, remote realme ini juga dibekali dengan shortcut ke layanan Netflix, Youtube, Prime Video, dan Yotube Music

Hardware dan Performa

Meski mungil namun realme Smart TV Stick bertenaga sehingga siap sajikan pengalaman hiburan yang maksimal. Ditenagai dengan prosesor Quad-core ARM Cortex-A35, realme Smart TV Stick dipadukan dengan RAM 1GB dan ROM 8GB yang memenuhi kebutuhan standar masa kini. Selain itu terdapat dukungan HDR10+ untuk visual yang lebih menawan, dan dilengkapi dengan dukungan HDMI 1.4 untuk output hingga resolusi FHD.

Tidak ada kendala saat realme TV Stick dihubungkan dengan TV. Kamu tinggal memilih output HDMI dengan menggunakan remote TV dan tampilan realme Smart TV stick akan lansgung terlihat. Pengoperasiannya pun dapat dilakukan dengan mulus baik saat membuka video atau berpindah aplikasi.

Materi bodi maupun hardware realme Smart TV Stick sendiri memiliki kulaitas tinggi. Ia telah melalui sederet pengujian seperti 144 jam Uji Suhu Tinggi, Uji Jatuh 100 cm, Uji Pasang Kartu CA 500 kali, Uji Colokan Port USB 1000 kali, Uji Tombol Stick 5000 kali, Uji Tombol Remote 50000 kali.

Software dan Antarmuka

realme Smart TV Stick ditenagai oleh Google TV dan berjalan di versi Android terkini yaitu Android 11, sehingga dapat sajikan konten-konten populer seperti dari YouTube, Netflix, Google Play dan lainnya untuk hiburan tanpa batas. Dengan tampilan minimalis ala Google, realme Smart TV Stick berikan navigasi mudah serta mendukung kendali penuh dari Google Assistant dan Chromecast, yang bisa dioperasikan melalui suara via remote control Bluetooth.

Antarmuka dibagi menjadi beberapa tab, memungkinkan pengguna untuk menelusuri film, acara, aplikasi atau untuk mengakses perpustakaan konten pengguna, berisi konten yang sebelumnya dibeli dari Google melalui Play Film & TV. Konten yang ditampilkan juga direkomendasikan berdasarkan profil pengguna, tetapi juga akan disajikan rekomendasi yang sedang tren, seperti konten-konten rilisan terbaru yang tersedia untuk dibeli.

Spesifikasi

Basic informationProduct Namerealme Smart TV Stick
Model NameRMV2106
VideoResolution1920*1080
DecodingFull HD AV1 decoder VP9 Profile-2 up to 1080p@60fps H.265 HEVC MP-10@L4.1 up to 1080p@60fps H.264 AVC HP@L4.2 up to 1080p@30fps MPEG-4 ASP@L5 up to 1080P@60fps (ISO-14496) WMV/VC-1 SP/MP/AP up to 1080P@60fps AVS-P16(AVS+) /AVS-P2 JiZhun Profile up to 1080P@60fps MPEG-2 MP/HL up to 1080P@60fps (ISO-13818) MPEG-1 MP/HL up to 1080P@60fps (ISO-11172)
SoundMicrophoneNear field Voice via BT RCU
DecodingMPEG-4 AAC Profile (AAC LC) MPEG-4 HE AAC Profile (AAC+) MPEG-4 HE AACv2 Profile (enhanced AAC+) AAC ELD (enhanced low delay AAC) xHE-AAC (ISO/IEC 23003-3 Extended HE AAC Profile FLAC, MP3, MIDI, Vorbis, PCM/WAVE, Opus, Ogg, WMA
Dimensions and weightOverall dimensions (including base)90mm x 29.8mm x 14.5mm
Gross weight225.4g
Terminal outletHDMI Plug TypeA, Micro-USB (5V DC In)
Core parameterChip platformS805X2
CPU architecture processCortex-A35*4
CPU frequency1.8GHZ
Number of processors64
GPU modelARM G31 MP2
APUNull
RAM capacity1GB
RAM specificationsDDR4
ROM capacity8GB
ROM specificationEMMC5.1
Standby power consumption0.5W
Whole machine power consumption<5W
EfficiencyExternal Power Supply Efficiency Level: VI
Body buttons and indicator lightsPower buttonNull
Indicator lightSupport (cool white light monochrome)
I/OHDMIHDMI1.4 Tx:1 (support CEC)
USB 2.0Micro USB: 1 (5V DC Input)
Data transmissionVideo playback*.mkv,*.wmv,*.mpg, *.mpeg, *.dat, *.avi, *.mov, *.iso, *.mp4, ,*.WebM
Music player*.mp3, *.wav, *.aac, *.m4a, *.flac, *.ogg, *.wma
Graphic formatJPEG, GIF, PNG, BMP, WebP, Raw
Data interfaceWiFi and BT
Transfer ProtocolHTTP/HLS/RTMP/RTSP/UDP
Bluetooth transmissionBT5.0
The maximum number of Bluetooth devices supported5
WLAN functionWIFI 5(802.11 a/b/g/n/ac) 2.4GHz/5GHz (Amlogic W155S1)
Remote controlBluetoothsupport
Infrarednot support
FunctionsHDR10support
HDR10+support
Dynamic HDR mapping algorithmsupport
HLGsupport
Mobile phone remotesupport
Voice controlremote voice control
Wake upnot support
Operating systemOperating systemAndroid TV Version 11
Power supply and operating environmentVoltage100V-240V~ 50/60HZ
Working temperature-10~40℃
Standby≤0.50W
Humidity< 80%
EfficiencyExternal Power Supply Efficiency: VI
Power5W
Relative humidity< 95%
Storage temperature-40~70℃
Warranty informationWarranty policy1 year warranty
Warranty noteReplace the faulty part

Kesimpulan

Realme Smart TV Stick memberikan Kamu cara alternatif  menikmati layanan Smart TV. Dengan dihubungkan ke TV digital biasa, Kamu bisa menikmati layanan video on demand maupun streaming musik kekinian layaknya Smart TV.

Bentuknya yang praktis dan mungil menjadikannya fleksibel ditempatkan dalam berbagai skenario, baik dicolokkan lansgung maupun menggunakan extender yang sudah disediakan. Dengan banderol harga terjangkau sekitar Rp 500 ribuan, kami yakin realme Smart Stick TV ini akan menjadi pilihan utama Kamu untuk menikmati layanan hiburan digital saat ini

Review realme Buds Q2s

Menikmati musik mapun mendengarkan podcast kini bisa dilakukan dengan lebih praktis. Tinggal putar aplikasinya melalui smartphone, Kamu bisa mendengarkannya dengan bantuan audio yang terhubung melalui bluetoooth.

Salah satu produk audio terbaru yang hadir di pasar adalah realme Earbuds Q2s. Dilepas dengan kisaran harga Rp 200 ribuan, perangkat yang praktis ditempatkan di telinga ini menjanjikan daya tahan baterai yang lama, dukungan Dolby Atmos, dan suara bass yang membahana.

Dengan slogan Entertainment Tanpa Batas, realme Earbuds Q2s memposisikan dirinya sebagai Most Worth it all-around TWS di kelasnya. Lalu, bagaimana dengan performanya?

Desain

realme Buds Q2s dirancang dengan desain casing transparan yang unik, dan dengan keseluruhan garis lengkung yang terlihat seperti “kapsul luar angkasa” transparan.

Desain Cobble realme Buds Q2s terinspirasi oleh sesuatu yang umum di sekitar kehidupan tetapi sering diabaikan yaitu batuan alam. Diambil dari desain antropomorfik yang khas, bentuk batu bulat sepenuhnya dimasukkan ke dalam produk ini sendiri. realme Buds Q2s memperkuat estetika dari batuan yang hangat, lembut, dan nyaman.

Perangkat realme Buds Q2s sendiri menggunakan model earpiece memanjang seperti paruh yang ergonomis, sesuai dengan desain ergonomis bentuk bagian dalam telinga kebanyakan orang, kurva bud adalah ukiran halus menjadi 48° di bagian atas dan 72° di bagian bawahnya. Bentuk ini membuat realme Buds Q2s sangat pas dengan saluran telinga manusia dari segi kenyamanan dan mengisolasi kebisingan luar dengan lebih baik untuk pengalaman suara yang lebih imersif.

realme Buds Q2s juga tersedia dalam warna hitam, putih, dan hijau; tiga warna alami yang melengkapi bentuk bulatan realme Buds Q2s dan mengembalikan keindahan alam dengan sempurna.

realme Buds Q2s hadir dengan tiga jenis ear tips: besar, sedang, dan kecil. Memilih ear tip yang tepat dapat meningkatkan kenyamanan telinga dan mengurangi rasa sakit.

Untuk mengurangi bobot, realme Buds Q2s menerapkan desain struktur internal yang ramping, sehingga bobot seluruh bodi menjadi seringan 39g saja dan satu headphone seringan 4.1g, bahkan lebih halus daripada A4 kertas, dan sangat nyaman dipakai di telinga untuk waktu yang lama.

Pengoperasian

Untuk membuka casing, arahkan penutup headphone menghadap ke bawah. Kemudian letakkan headphone di liang telinga dan putar ke kiri dan ke kanan hingga telinga terasa nyaman.

Menggunakan kontrol sentuh

Kamu bisa menggunakan ujung jari yang lebih besar untuk mengklik area sentuh. Kamu juga bisa meningkatkan kekuatan klik ujung jari pada area sentuh untuk meningkatkan identifikasi sentuhan.

Membuka Charging Case

Kamu disarankan untuk memegang bagian bawah casing pengisi daya dengan satu tangan saat membuka penutup dan dengan lembut mengeluarkan earbuds dengan satu tangan.

Menghindari Latensi Super Rendah

Sinyal elektromagnetik yang kuat di lingkungan sekitar akan mengganggu koneksi headset Bluetooth. Oleh karena itu, untuk memastikan efek latensi rendah, disarankan untuk mengalihkan mode AAC ke mode SBC.

Memantau pengisian daya

Saat mengisi daya melalui USB, lampu indikator merah menunjukkan bahwa casing sedang diisi, dan lampu indikator hijau menunjukkan daya terisi penuh.

Cek baterai pada Earbuds

Setelah terhubung ke smartphone Anda, baterai earbud dapat diperiksa di realme Link atau status Bluetooth (Diperlukan dukungan dari sistem smartphone).

Kontrol Sentuh Pintar

Dengan sentuhan pintar yang dimiliki oleh realme Buds Q2s, pengguna dapat mengubah musik, menjawab atau menutup panggilan, serta mengaktifkan gaming mode.

  • Double-tap : Play / pause musik;menjawab / mengakhiri panggilan
  • Triple-tap : Lagu selanjutnya
  • Tahan lama pada satu sisi: Menolak panggilan
  • Tahan lama pada dua sisi: Masuk / keluar dari Gaming Mode

Fitur-Fitur Unggulan

Meski diposisikan sebagai erabuds terjangkau, realme Earbuds Q2s tetap mengemas fitur-fitur unggulan diantaranya

Baterai Tahan Lama Hingga 30 Jam

realme Buds Q2s memiliki baterai 40mAh di setiap buds nya dan baterai 400mAh di casingnya. Dengan casing terbaru, realme Buds Q2s mendapatkan peningkatan besar dibandingkan generasi sebelumnya dengan total 30 jam total pemutaran dan 7 jam pemutaran dalam satu waktu, merupakan waktu yang cukup untuk menonton 12 film atau mendengarkan 600 lagu, atau menonton tiga season dari Game of Thrones. Dengan rata-rata penggunaan 3 jam per hari, realme Buds Q2s hanya perlu diisi dayanya lebih dari sepuluh hari sekali.

realme Buds Q2s mendukung fast charging via Type-C port, dengan 10 menit pengisian daya, pengguna bisa mendengarkan musik selama 3 jam nonstop, dan 2,5 jam untuk mengisi daya buds bersamaan dengan charging case.

10mm Dynamic bass boost driver

Driver besar 10mm menggunakan diafragma komposit polimer PEEK & TPU berkualitas tinggi untuk pengalaman suara yang luar biasa. Bahan PEEK mereproduksi suara frekuensi menengah ke tinggi yang lebih baik, tetapi PU menyediakan bass yang dalam dan kuat. realme Buds Q2S juga menggunakan solusi Bass Boost + realme yang telah diperbarui, dibuat oleh tim ahli akustik realme setelah pengujian yang dilakukan terus menerus, membuka potensi bass, dan menambahkan dinamis dan lapisan lebih lanjut ke musik dengan bass yang mendebarkan.

Dukungan Dolby Atmos

realme Buds Q2s telah didukung oleh Dolby Atmos, menghadirkan kualitas suara surround stereo, dan menawarkan pengguna untuk memilih suara yang sesuai sesuai dengan penggunaan lingkungan dan skenario penggunaan.

Sebagai catatan, fungsi Dolby Atmos hanya bisa digunakan oleh smartphone yang memiliki Fitur Dolby Atmos

Mode Gaming Dengan Latensi Rendah 88ms

Beralih ke Mode Gaming latensi rendah untuk sinkronisasi sempurna antara video dan audio saat bermain game atau menonton film. Latensi berkurang sebanyak 51% dan hanya membutuhkan 88ms untuk mentransfer suara dari ponsel Anda ke realme Buds Q2S.

Environmental Noise Cancellation Pada Panggilan

Mikrofon tunggal membentuk sistem pengurangan kebisingan yang kuat yang didukung oleh algoritma pembatalan kebisingan ENC, yang secara signifikan mengurangi kebisingan di sekitarnya selama panggilan dan memungkinkan orang lain untuk mendengar lebih jelas dan memiliki percakapan yang lebih menarik.

Kesimpulan

Dengan harga terjangkau, realme Erabuds Q2s ternyata mengemas fitur-fitur yang bisa diandalkan. Baterai tahan lama hingga 30 jam, suara bass yang oke, dan juga dukungan Dolby Atmos dan mode gaming latensi rendah menjadikan perangkat audio ini layak menjadi pilihan utama earbuds untuk menaikmati ragam hiburan musik dan audio. Bagi Anda yang ingin memiliki realme Smart TV Stick dapat melakukan Pre-Order tanggal 24-27 Mei 2022 dan Flash Sale 28 Mei pukul 12:00 WIB di Shopee, Lazada, JD.ID, akulaku, Blibli, Tokopedia, realme.com, dan Tiktok.

Spesifikasi

WarnaHitam, Putih, Hijau
Kontrol SentuhDouble-tap : Play / pause musik;menjawab / mengakhiri panggilan Triple-tap : Lagu selanjutnya Tahan lama pada satu sisi: Menolak panggilan Tahan lama pada dua sisi: Masuk / keluar dari Gaming Mode
Sistem PanggilanSingle Mic Noise Cancellation
KontektivitasBluetooth 5.2 Jangkauan Konektivitas hingga 10M
Ukuran dan BeratCharging Case 60.35*44.61*32.54 mm Berat: 39g(2 Buds + Charging Case), 4.1g (Satu Buds)
Pengisian DayaUSB Type-C
Masa Hidup Baterai30 Jam (total dengan Charging Case) Persentase baterai dapat dilihat di smartphone
Box1 realme Buds Q2s 1 Kabel USB Type-C User Guide Warranty Card

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here