Home Review Review realme C30 : Smartphone Sejutaan Paling Stylish dengan Baterai Besar

Review realme C30 : Smartphone Sejutaan Paling Stylish dengan Baterai Besar

Terkadang produsen harus memangkas berbagai hal agar smartphone yang mereka lepas ke pasaran bisa hadir dengan harga murah. Selain menyunat banyak fitur, bagian termudah yang bisa diabaikan adalah soal desain.

Itulah mengapa kita sering menjumpai smartphone harga sejutaan dengan tampilan dan build quality ala kadarnya.

Mendobrak anggapan tersebut, realme kali ini menyuguhkan smartphone budget terbarunya yaitu C30. Berbeda dari kebanyakan smartphone terjangkau lainnya, C30 dengan tagline HP Sejutaan #PastiStylish  tampil dengan desain estetis, ramping nan menawan . Lalu, bagaimana dengan sisi performa smartphone dengan banderol seharga Rp1.499.000 ini?

Desain

Sisi estetis menjadi hal paling menonjol dari realme C30. Bagian belakang mengguratkan garis-garis cekung secara vertikal. Meskipun terlihat tegas namun tetap lembut berkat sapuan warna kalem yang diusungnya. Kebetulan Canggih ID saat ini sedang mereview varian lake blue, sementara di pasaran tersedia dua varian warna lain yaitu Bamboo Green  dan Denim Black yang tak kalah menarik.

Realme menyebut desain C30 dengan istilah Vertical Stripe Desain. Build quality yang bagus dan desain yang menarik memberikan pengalaman visual mengesankan. Sementara dengan bodi ramping 8,5mm ultra slim, dimensi 164.1 x 75.6 x 8.5 mm dan bobot hanya 182gram membuat C30 nyaman digenggam.

Bodi C30 menjadi yang tertipis di kelasnya. Hal ini tak lepas dari upaya realme untuk mengoptimalkan struktur internal smartphone sehingga menghasilkan badan smartphone yang lebih ramping. Frame kokoh mengelilingi bagian samping C30 dengan warna senada dengan bodi belakang. Selain memberi kesan minimalis, frame ini juga memberikan perlindungan optimal .

Modul kamera tampil serasi dengan bagian belakang dengan frame lensa yang tak terlalu menonjol.  Lensa dengan dimensi cukup besar terlihat dominan didampingi lampu flash LED. Jika diperhatikan  lebih dekat, ada logo realme di bagian bawah kiri yang elegan dan dirasa pas dengan bahasa desain secara keseluruhan.

Bagian depan dikuasai layar dengan diselingi dengan bentukan mini drop di bagian atas untuk meletakkkan kamera selfie. Saat beranjak ke bagian samping kanan, seperti biasa Kamu akan mendapatkan tombol power dan tombol volume up and down. Sisi sebaliknya menyediakan nampan yang bisa dijejali dengan dua kartu SIM dan microSD sekaligus.

Di bagian bawah, berderat port audio, port USB, lubang mikropon serta grill speaker untuk keluaran suara. Sementara di sisi atas mulus tanpa ada fungsi tambahan.

Display

Realme C30 membentangkan layar berdiagonal 6,5 inci. Berbahan IPS LCD, C30 mengusung resolusi HD+ 720 x 1600 pixels dengan rasio aspek 20:9.

Resolusi HD+ memberikan sisi positif. Menjadikan konsumsi daya menjadi lebih irit. Kecerahan layar bagus walau dibawah sinar matahari. Walau dibanderol sejutaan, touch sampling rate realme C30 bisa mencapai angka 120Hz sehingga responsivitasnya cukup baik.

Rasio screen-to-body mencapai 88,7%, sehingga tampilannya cukup luas dan memberikan pengalaman imersif dan minim gangguan visual ketika menikmati tayangan film atau hiburan lainnya.

Saat digunakan, tampilan layar realme C30 masih cukup tajam. Tak ada masalah saat digunakan untuk menggulirkan menu, membuka email, ataupun browsing.

Hardware

Realme C30 ditenagai dengan chipset Unisoc T612 ditunjang dengan RAM 2GB dan memori internal 32GB. Kabarnya realme sebentar lagi juga akan mengeluarkan varian RAM/ROM 4/64GB.

Meski namanya masih asing, namun kiprah Unisoc di dunia prosesor tidak main-main.

Unisoc sendiri merupakan anak perusahaan Unigroup yang menjadi satu-satunya perusahaan Tiongkok yang memasok chip 5G. Dalam proses tender terbesar yang pernah dilakukan oleh operator seluler nasional pada awal Agustus, Unisoc juga menjadi pemenang terbesar kedua dalam proses tender modul 5G China Mobile, setelah Qualcomm. Berarti Unisoc telah memperoleh 10% pangsa pasar global sebagai empat vendor prosesor smartphone teratas dunia.

Chipset Unisoc T612 dibangun dengan proses arsitektur octa-core 12nm dan memiliki clock speed hingga 1,82 GHz. CPU-nya terdiri dari dua struktur inti Cortex A75 untuk performa dan 6 inti Cortex A55 untuk efisiensi. Keduanya  menghadirkan kinerja yang kuat dan stabil untuk realme C30. Selain delapan inti CPU, SoC ini juga dibekali beberapa komponen. Di antaranya adalah GPU Mali-G57 untuk kinerja grafis, ISP tiga inti untuk multimedia. Tak  lupa, C30 juga sudah meneyrtakan modem 4G untu koneksi yang stabil.

Dalam pengujian internal realme dengan menggunakan aplikasi AnTuTu, realme C30 mencapai  skor  224.233.

UFS 2.2 penyimpanan berkecepatan tinggi

UFS 2.2 adalah teknologi memori flash terbaru yang dapat memberikan kecepatan baca dan tulis data 3 kali lebih cepat daripada eMMC 5.1. Sebagian besar kompetitor hanya menggunakan memori UFS 2.2 pada model kelas menengah ke atas, sementara realme menggunakannya dalam segmen harga entry-level di realme C30. 

Secara teori diatas, realme C30 lebih dari cukup untuk menjalankan tugas-tugas harian seperti seperti browsing, membuka aplikasi media sosial, berkirim pesan di aplikasi WhatsApp, hingga memutar lagu atau video.

Software

Realme C30 berjalan dengan menggunakan sistem operasi realme realme UI version GO edition berbasis sistem operasi Android 11. Tampilannya ringan, simpel dan bersih sehingga memudahkan Kamu untuk mengakses menu dan mengoperasikan aplikasi dengan lebih cepat.

Selain berbagai aplikasi bawaan Google seperti Gmail , Youtube, Map dan lain sebagainya, narzo 50A juga menyematkan beberapa aplikasi yang populer saat ini seperti TikTok, Spotify, Snack Video, dan aplikasi media sosial terkemuka Facebook. Kamu yang senang berbelanja tinggal memasukkan akun di aplikasi Shopee.

Realme juga tak lupa menyisipkan aplikasi in-house atau besutan mereka sendiri seperti realme store dan realme link. Dengan realme Store, selain dapat bebelanja smartphone realme dan berbagai asesorisnya, Kamu juga bisa mengecek status garansi dan mendapat layanan purna jual yang lengkap.

Baterai

Guna menunjang kinerja hardware dan softwarenya, realme C30 dibekali dengan baterai besar 5000mAh. Di atas kertas, daya sebesar I ni bisa dugunakan untuk  memutar audio terus menerus selama 102 jam. Dari hasil pengujian realme Lab, realme C30 bisa bertahan selama 45 hari dalam keadaan siaga.

Selian kapasitas baterai yang mumpuni, realme juga menyertakan software manajemen daya. Dalam mode Ultra Saving, realme C30 akan mengaktifkan pengaturan hemat daya yang lebih agresif. Bahkan pada daya rendah, ia akan memungkinkan pengguna untuk mempertahankan fungsionalitas dasar smartphone dengan menjalankan enam aplikasi yang dibutuhkan pengguna.

Melalui modulasi frekuensi CPU, penyesuaian backlight, dan pengaturan lainnya, serta pengaturan penghematan daya yang ditargetkan untuk aplikasi tertentu, konsumsi daya sistem dapat dikurangi, dan masa pakai baterai ponsel dapat diperpanjang. Ultra-Saving Mode dapat mendukung standby hingga 45,37 jam dengan daya 5%.

Berdasarkan hasil lab realme, Ultra Saving Mode memungkinkan realme C30 dapat digunakan selama 1,55 jam untuk chatting melalui WhatsApp, 2,35 jam menelepon dan 4,03 jam mendengarkan Spotify hanya dengan baterai 5%.

Kamera

Untuk urusan fotografi, realme menyematkan 8MP AI Camera 8 dengan aperture  f/2.0, 27mm (wide), 1/4.0″, 1.12µm, dan sudah dilengkapi dengan auto fokus ( AF) dan lampu flash. DI bagian depan, tersedia kamera selfie  MP dengan aperture f/2.2, 27mm (wide).

Dengan konfigyrasi ini, Kamu dapat mengambil gambar maupun berswafoto dengan cukup baik. Tambahan filter pada kamera realme C30 memudahkan penggunanya dalam berkreasi memotret keseharian dan membagikannya melalui pesan instan. Videonay bisa menghasilkan 3 output resolusi & frame yaitu di 1080p 30fps, 720p 30fps, dan 480p 30fps.

Galeri Foto

Kesimpulan

Realme C30 merupakan smartphone sejutaan paling stylish saat ini. Tak berlebihan rasanya jika Kami menyimpulkan demikian.

Vertical Stripe Desain yang diusungnya elegan dan sangat menarik. Hal ini membuat desain C30 mampu bersaing dengan smartphone yang emmiliki harga lebih mahal.  Keberadaan Unisoc T612 Kami kira cukup untuk mendampingi kinerja sehari-hari . Sebagai smartphone budget, realme C30 sangat layak untuk diperhitungkan.

Dapatkan realme C30 dengan Harga Spesial

realme C30 smartphone Rp 1 jutaan  #PastiStylish dengan varian memori 2GB+32GB bisa didapatkan dengan harga spesial Rp 1.449.000 dan gratis kuota IM3 hingga 396GB dalam program Flash Sale yang berlangsung mulai 7-14 Juli 2022 pukul 10:00 WIB di realme.com, Shopee, Lazada, JD.ID, Tokopedia, Blibli, akulaku, dan TikTok Shop realme.indonesia serta akan tersedia di seluruh realme Brand Store di Indonesia mulai tanggal 15 Juli 2022 dengan harga normal Rp 1.499.000. Sedangkan untuk realme C30, varian memori 4GB+64GB akan dibanderol dengan harga spesial Rp 1.749.000 yang akan segera hadir, bersama dengan pilihan warna Denim Black.

Spesifikasi realme C30

SpesifikasiDetil
WarnaLake Blue, Bamboo Green, Denim Black
Ukuran Layar6,5 inci
Rasio bodi ke layar88.7%
Resolusi layarHD+ 1600×720 piksel
Dimensi164.1×75.6×8.5mm
Bobot182g
Baterai5000mAh
RAM2GB
ROM32GB, UFS 2.2
Kamera belakang8MP AI Camera, aperture f/2.0, 4P lens, 4X digital zoom Video 480p @30fps,720p @30fps, 1080p @30fps
Kamera depan5MP AI selfie camera, aperture f/2.2 720p video recording
ChipsetUnisoc Tiger T612 (12 nm) Octa-core (2×1.8 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G57
Memori eksternalAda, hingga 1TB
WirelessMendukung 2.4Ghz Mendukung Bluetooth 5.0
SensorLight sensor, Proximity Sensor, Acceleration sensor
Sistem Operasirealme UI Go Edition berbasis Android 11
Paket pembelianrealme C30 Adaptor 5V2A Kabel mikro USB Jarum tusuk slot kartu SIM Panduan Cepat Informasi Penting Produk dengan Kartu Garansi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here