Home Laptop/PC Review Acer Aspire 5: Buat Produktif Bisa, Kasual Juga Oke!

Review Acer Aspire 5: Buat Produktif Bisa, Kasual Juga Oke!

Acer kembali menghadirkan generasi terbaru untuk lini seri Aspire 5 yang ditujukan bagi pengguna mahasiswa, blogger, fotografer, hingga pekerja profesional dan kantoran. Kali ini laptop yang dibahas akan dibekali dengan prosesor seri AMD Ryzen™ 5000 Mobile Processors dengan grafis Radeon™ Graphics yang menjanjikan performa 20% lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu AMD Ryzen 4000 Series. Seperti apa hasil performanya? Langsung simak ulasan berikut ini.

Desain

Identitas desain perangkat Acer tidak pernah melupakan konsep ringkas yang mendukung mobilitas pengguna. Begitu pula dengan Acer Aspire 5 ini, hadir dengan bodi yang ringkas hanya 1,79cm dan ringan hanya 1,7kilogram sehingga mudah untuk dibawa bepergian kemanapun. Tidak hanya ringkas dan ringan, tampilan Acer Aspire 5 masih stylish selagi mempertahankan kesan profesional dan tidak berlebihan. Kombinasi bahan plastik pada bagian yang tidak terlihat, dan aluminium kokoh pada permukaan perangkat menghasilkan keseimbangan keringanan dan rancang bangun tetap solid. Selain itu, laptop ini memiliki fitur sederhana yang menjadi hal favorit banyak pengguna, yaitu engsel yang bisa dibuka hanya dengan satu tangan.

Layar

Cantik di luar dan cantik di dalam, Acer Aspire 5 dilengkapi layar dengan panel LED berukuran 15.6 inci dan resolusi hingga FHD. Kombinasi ukuran dan resolusi yang disematkan ini sangat cocok dan seimbang untuk mempertahankan kejernihan layar pada ukuran layar. Layar luas, jernih, dan cerah tidak cukup memuaskan bagi Acer untuk memanjakan penggunanya. Oleh karena itu Acer Aspire 5 juga disematkan teknologi Acer ComfyView™ untuk meningkatkan kenyamanan konsumen untuk menggunakan perangkat dalam sesi durasi yang lama.

Prosesor

Acer Aspire 5 tersedia dalam 2 varian otak komputasi, yaitu Ryzen 3 5300U dan Ryzen 5 5500U yang lebih powerful dan mumpuni untuk melaksanakan program produktivitas. Prosesor komputasi ini dikombinasikan di Aspire 5 dengan Radeon Graphics. Prosesor terbaru yang semakin bertenaga dari AMD Ryzen ini menghadirkan kinerja yang makin cepat dan efisien untuk laptop hingga 20% peningkatan dibandingkan AMD Ryzen 4000 generasi sebelumnya. Acer Aspire 5 memiliki 8 core dan 16 thread yang dibangun dengan arsitektur 7nm terbaru AMD sehingga membantu efektifitas dan efisiensi komputasi prosesor. Alhasil, keunggulan ini menunjukkan peningkatan performa, sekaligus penghematan konsumsi daya baterai yang lebih baik.

Sistem Pendingin

Membahas prosesor dan daya tahan baterai, departemen ini didukung dengan konfigurasi sistem pendingin yang seharusnya menjaga konsistensi dan performa optimal. Aspire 5 Ryzen memiliki fitur 3 mode pendingin yang dapat digunakan sesuai dengan skenario penggunaan, yaitu Normal, Silent, dan Performance. Prosesor dengan sistem pendingin yang memadai akan membantu efektifitas kerja perangkat, sehingga tidak perlu menurunkan performanya dikarenakan suhu yang terlalu tinggi (thermal throttling). Selain itu, suhu yang terlalu tinggi dapat mempersingkat umur komponen, yang berarti mencegah kerusakan dini pada perangkat.

Konektivitas

Desain laptop ringan dan ramping tidak membuat Acer pelit untuk melengkapi Swift 3 Infinity 4 dengan beragam konektivitas. Tersemat USB Type-C dengan kapabilitas Thunderbolt™ 4, 2 port USB 3.2 Gen, dan salah satu port paling berharga bagi eksekutif muda maupun pengguna yang sering presentasi, port HDMI 2.0®. Konektivitas mumpuni ini membuat pengguna tidak perlu repot-repot menambah bawaan seperti adapter atau dongle tambahan. Menggunakan perangkat sederhana seperti flashdisk, kabel USB juga praktis dan tinggal colok.

Media Penyimpanan

Untuk ruang penyimpanan dan memori, Aspire 5 Ryzen 5000 (A515-45) juga sangat dapat fleksibel dan lapang. SSD NVMe berkapasitas 512GB yang disematkan memberikan kelegaan ruang penyimpanan sekaligus responsif yang baik berkat kecepatan data transfer sistem NVMe. 512GB mungkin tidak selalu cukup bagi seluruh pengguna, maka dari itu Aspire 5 Ryzen 5000 juga dilengkapi dengan 1 slot SATA (dengan HDD Kit) yang memberikan kebebasan dan pilihan bagi pengguna untuk menambahkan HDD tambahan hingga kapasitas 2TB untuk menyimpan lebih banyak segala jenis file, mulai dari dokumen, hingga hasil multimedia seperti foto, video, musik, dan film.

Exo Amp Antenna

Perangkat mobilitas tinggi selalu membutuhkan koneksi internet nirkabel agar dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Tidak cukup dengan modul wi-fi dan bluetooth sederhana, Acer melengkapi konektivitas Aspire 5 dengan Exo Amp Antenna yang membantu meningkatkan cakupan sinyal hingga 360 derajat tanpa gangguan. Di tengah peningkatan teknologi 5G dengan janji kecepatan tingginya, stabilitas koneksi perangkat menjadi aspek penting yang kadang terlupakan oleh pengguna.

Kesimpulan

Acer Aspire 5 kian dikenal sebagai penawaran Acer akan laptop dengan kapabilitas mumpuni, namun dengan harga lebih terjangkau dibandingkan lini Acer lainnya yang juga populer, yaitu Swift. Acer Aspire 5 sangat cocok bagi pengguna yang membutuhkan daya performa mumpuni, dengan desain yang tetap stylish nan profesional, namun tanpa perlu merogoh kocek yang dalam. Ditambah dengan fleksibilitas media penyimpanan yang lapang dan cepat, Acer Aspire 5 sangat cocok bagi pengguna dengan kebutuhan santai dan kasual hingga pengguna dengan produktivitas tinggi sekalipun.

Spesifikasi Aspire 5 Ryzen 5000 (A515-45)