Home Apps & Platform Qualcomm Bikin Snapdragon 480 , Smartphone 5G Makin Terjangkau?

Qualcomm Bikin Snapdragon 480 , Smartphone 5G Makin Terjangkau?

Hari ini (4/12), Qualcomm membuat langkah penting yang memungkinkan adopsi 5G secara luas dengan meluncurkan chipset 5G kelas bawah yaitu Snapdragon 480 yang baru. Beberapa bulan sebelumnya, Qualcomm memang telah menyebut bahwa mereka akan merilis seri Snapdragon 400 dengan kemampuan 5G, membawa standar konektivitas baru ke perangkat yang lebih murah di pasar, menargetkan permintaan pasar smartphone berbanderol $ 250 an yang sangat tinggi (sekitar 3,5 jutaan rupiah).

Debut Snapdragon 480 sebagai SoC baru sangat mengesankan bukan hanya karena fitur 5G-nya, tetapi juga karena memiliki peningkatan kinerja utama dalam banyak aspek, termasuk penggunaan dua inti Cortex-A76 sebagai CPU kerja utamanya – sebuah lompatan yang sangat besar. 480 telah mewakili chipset seri 400 melakukan lompatan besar dan memungkinkan pengembangan jutaan smartphone berharga terjangkau di pasar.

Komparasi Snapdragon Seri 400

Fitur Kunci Snapdragon 480

Snapdragon 480 5G Mobile Platform menawarkan kemampuan paling mutakhir untuk seri 400:

5G dan Konektivitas: Snapdragon 480 menghadirkan Snapdragon X51 5G Modem-RF System untuk mendukung mmWave dan Sub-6 GHz 5G; mode Standalone (SA) and Non-standalone (NSA); Time Division Duplexing (TDD), Frequency Division Duplexing (FDD), dan Dynamic Spectrum Sharing (DSS). Snapdragon X51 memungkinkan koneksi 5G multi-gigabit untuk mengunduh dan mengunggah secara cepat, serta mendukung berbagai frekuensi demi fleksibilitas dan aksesibilitas. Dengan Qualcomm® FastConnect™ 6200, Snapdragon 480 menawarkan 2×2 Wi-Fi (Dual Wi-Fi Antenna) dengan rangkaian fitur Wi-Fi 6, seperti antena 8×8 dengan MIMO multi-pengguna untuk perluasan jangkauan dan performa, ditambah dengan Bluetooth 5.1, serta kemampuan audio nirkabel terkini. Selain itu, Snapdragon 480 juga menghadirkan teknologi nirkabel tambahan terbaru seperti dukungan untuk GPS Dual-frequency dan NavIC untuk menentukan lokasi dengan lebih akurat.

Performa dan Baterai: Snapdragon 480 memungkinkan para pengguna smartphone untuk tetap produktif lebih lama dan pengisian daya dengan lebih cepat. Platform yang didasarkan pada proses 8nm ini menghadirkan CPU Qualcomm® Kryo™ 460 dengan kecepatan hingga 2.0 GHz, GPU Qualcomm® Adreno™ 619, dan prosesor Qualcomm® Hexagon™ 686 untuk menghadirkan peningkatan performa CPU dan GPU hingga 100%, serta peningkatan performa AI hingga 70% dibandingkan generasi sebelumnya. Snapdragon 480 juga mendukung teknologi Qualcomm® Quick Charge™ 4+, pertama dalam seri 400.

Kamera: Pengambilan foto dan video berkualitas dengan Qualcomm Spectra™ 345 ISP – triple ISP pertama untuk seri 400, yang mampu menangkap gambar dari tiga kamera secara bersamaan. Tiga kamera 13MP mampu mengambil gambar dari kamera ultrawide, wide, dan telephoto secara bersamaan atau menangkap video resolusi 720p secara serentak.

Hiburan: Snapdragon 480 meningkatkan pengalaman streaming dan gaming pengguna. Dukungan tampilan 120fps FHD+ menyediakan tampilan konten yang luar biasa jernih dan rendering grafis yang cepat serta lancar. Platform ini menawarkan pengalaman hiburan sangat imersif dengan audio Qualcomm® aptX™, yang mengoptimalisasi pengalaman gaming untuk permainan-permainan yang populer, streaming konten HD dengan mulus, dan durasi membuka aplikasi yang lebih cepat.