Home Apps & Platform “Lakuin di TipTip” Ajak Masyarakat Dukung Perkembangan Industri Kreator Indonesia

“Lakuin di TipTip” Ajak Masyarakat Dukung Perkembangan Industri Kreator Indonesia

Setelah resmi hadir di bulan Juli lalu, TipTip kembali mengumumkan kampanye baru “Lakuin di TipTip” dan mengajak masyarakat Indonesia mendukung perkembangan industri kreator dengan memonetisasi kreativitas dan passion di TipTip. Kampanye ini turut membuka kesempatan bagi setiap pemangku kepentingan di industri kreator untuk saling mendukung guna mewujudkan pembangunan ekosistem ekonomi kreator Indonesia yang selalu bertumbuh.

TipTip melihat potensi pasar kreator yang sangat besar di wilayah Asia Tenggara. Jumlah kreator di Indonesia sendiri diperkirakan akan terus bertumbuh sebanyak 15% per tahunnya hingga 2027. “TipTip percaya potensi ekonomi kreator bisa berkontribusi positif pada industri kreatif sekaligus perekonomian Indonesia secara keseluruhan, terutama melalui sebuah ekosistem ekonomi kreator yang terus berkembang. Keyakinan ini tentu mendorong TipTip memperkuat posisi untuk mewujudkan potensi tersebut.” kata Albert Lucius, Pendiri dan CEO TipTip.

Hingga Oktober 2022, TipTip mencetak pertumbuhan positif dengan volume pendapatan meningkat hingga 9x serta jumlah pengguna yang bertambah 4x lebih banyak dari sejak resmi diluncurkan bulan Juli lalu. Pertumbuhan ini merupakan hasil dari rangkaian kegiatan Hyperlocal TipTip di 8 kota di Indonesia, termasuk Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Bali. Kunjungan TipTip telah menerima sambutan positif dari komunitas setempat dan berhasil merangkul lebih banyak masyarakat bergabung ke dalam ekosistem kreator TipTip. TipTip sendiri menargetkan dapat meraih 150,000 pengguna dan 15,000 kreator, serta memperluas cakupan hingga tingkat nasional hingga Q2 tahun 2023.

“TipTip berkomitmen ingin membawa semangat pemberdayaan baru dengan menyediakan wadah yang bisa menjawab tantangan kreator akan kendala monetisasi yang belum banyak diangkat oleh private sectors lainnya. Tidak hanya membebaskan kreator dari tuntutan algoritma dan kompleksitas platform, kami berharap kreator Indonesia bisa bebas membuat konten yang bagus dengan TipTip membantu monetisasinya.” tambah Albert. Keresahan akan peluang monetisasi ini juga sempat disampaikan oleh salah satu kreator terkemuka, Arief Muhammad dan diamini pula oleh para kreator lainnya beberapa waktu lalu.

TipTip meningkatkan beberapa fitur pengalaman yang semakin memudahkan komunitas TipTip memonetisasi passion mereka. Kreator bisa menjual Digital Konten atau membuat Live Session yang dilengkapi dengan fitur tipping bagi suporter di setiap sesinya. Tidak hanya bagi para pembuat konten, fitur promotor TipTip juga memberikan akses ke semua orang untuk bisa mempromosikan digital konten kreator manapun dan mendapatkan penghasilan darinya.

Triawan Munaf, Presiden Komisaris TipTip menambahkan, “TipTip membuka kesempatan bagi siapa pun yang ingin memperoleh penghasilan dari peran dan passion yang digeluti. Misi besar kami tidak akan terwujud jika tidak ada keterlibatan banyak pihak. Kami berharap TipTip bisa semakin kuat dalam membantu pembangunan ekosistem ekonomi kreator dan semakin banyak lagi masyarakat Indonesia yang bisa merasakan langsung dampak positif dari profesi sebagai pembuat konten.”

Kini, TipTip sudah menghadirkan ratusan konten menarik dari lebih dari 1,000 kreator yang bergabung sejak awal peresmiannya. Setiap bulannya ada sekitar 200 konten baru dari para kreator yang terbagi ke dalam ragam sub-topik kategori seputar topik pengembangan diri, kesehatan, bisnis dan entrepreneurship, hiburan, teknologi dan sains, dan topik menarik lainnya. Dilengkapi dengan fitur pengalaman monetisasi yang lengkap dan transparan bagi kreator, maupun suporter sebagai promotor, TipTip memastikan terciptanya budaya saling mendukung sebagai bentuk apresiasi kepada kreator.

“TipTip ini kayak jodohin passion saya. Tidak hanya ketemu sesama kreator, tapi juga dapat dukungan lebih dari suporter dan promotor. Konten saya pun bisa menonjol tanpa perlu khawatir kalah bersaing mengejar algoritma. Senang sekali bisa langsung berinteraksi dengan pendukung dan dapat apresiasi langsung dari mereka,” ungkap Antasena Perdana, salah satu kreator TipTip.

Kampanye “Lakuin Di TipTip” mengundang semua kalangan masyarakat bergabung dalam ekosistem kreator TipTip. Kegiatan Hyperlocal berikutnya diagendakan untuk merangkul lebih banyak kreator di Indonesia, khususnya di kota Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Aplikasi TipTip sudah tersedia di Google Store dan Apps Store. Pantau akun Instagram TipTip untuk update menarik lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here