Home Apps & Platform Intel Innovation 2023: Memberdayakan Developer untuk Menyebarluaskan AI

Intel Innovation 2023: Memberdayakan Developer untuk Menyebarluaskan AI

Jakarta, 20 September 2023 – Acara tahunan Intel Innovation tahun ini telah menjadi sorotan dunia teknologi. Intel, salah satu pemimpin dalam industri teknologi global, telah mengumumkan serangkaian inovasi terkini yang bertujuan untuk membawa kecerdasan buatan (AI) lebih dekat ke dalam semua aspek kehidupan kita, dari perangkat klien hingga jaringan dan cloud.

AI, yang saat ini telah memasuki era “Siliconomy”, adalah fenomena yang mengubah lanskap global. Ini merupakan era ekspansi global yang didorong oleh kemajuan dalam teknologi silikon dan perangkat lunak, yang memengaruhi hampir semua sektor industri.

Pat Gelsinger, CEO Intel, dalam pidatonya di acara ini, menekankan pentingnya AI sebagai pergeseran generasi yang akan mengubah masa depan kita. “AI mewakili pergeseran generasi, sehingga memunculkan era baru ekspansi global di mana komputasi menjadi lebih penting untuk masa depan yang lebih baik bagi semua orang,” ujarnya. Bagi para developer, ini membuka peluang besar untuk menciptakan solusi inovatif dan meningkatkan kehidupan manusia di seluruh dunia.

Berikut adalah beberapa sorotan dari acara Intel Innovation 2023:

1. Teknologi Proses Terkini: Intel memastikan bahwa rencana teknologi proses “five-nodes-in-four-years” tetap berjalan sesuai rencana. Prosesor Intel 7 sudah dalam tahap manufaktur bervolume tinggi, Intel 4 siap diproduksi, dan Intel 3 di jalur yang benar untuk akhir tahun ini.

2. Inovasi dalam Silikon: Intel memperkenalkan teknologi silikon terbaru, seperti wafer Intel 20A yang memiliki test chip pertama untuk prosesor Intel Arrow Lake yang ditujukan untuk pasar komputasi klien pada tahun 2024. Intel juga mengumumkan substrat kaca, suatu terobosan yang akan membantu memenuhi kebutuhan beban kerja yang data-intensive dan berkinerja tinggi seperti AI.

3. Universal Chiplet Interconnect Express (UCIe): Intel menampilkan paket test chip yang menggunakan UCIe, standar terbuka yang memungkinkan chiplet dari berbagai vendor untuk bekerja sama. Ini akan membuka jalan bagi desain baru dalam penggunaan AI yang beragam.

4. Perkembangan AI: Intel menekankan komitmennya untuk mendukung perkembangan AI dengan mengumumkan pembangunan superkomputer AI terbesar dengan prosesor Intel Xeon dan 4.000 akselerator hardware Intel Gaudi2. Ini akan membantu meningkatkan performa AI dalam berbagai aplikasi.

5. Prosesor Intel Xeon Generasi Berikutnya: Intel mengungkapkan bahwa prosesor 5th Gen Intel Xeon akan diluncurkan pada 14 Desember, dengan peningkatan kinerja dan memori yang lebih cepat, serta efisiensi daya yang sama. Ini akan membawa pengolahan data di pusat data ke tingkat yang lebih tinggi.

6. AI PC: Intel akan meluncurkan prosesor Intel Core Ultra dengan neural processing unit (NPU) terintegrasi pertama dari Intel. Ini akan menghadirkan akselerasi AI dan inferensi lokal yang hemat daya pada PC, membuka pintu bagi aplikasi AI yang lebih luas.

7. Mendukung Para Developer: Intel mengumumkan ketersediaan umum Intel Developer Cloud, yang membantu developer mengakselerasi pengembangan aplikasi AI dengan menggunakan inovasi hardware dan software Intel terbaru. Rilis toolkit Intel Distribution of OpenVINO 2023.1 juga akan membantu developer membuka potensi AI yang baru.

8. Project Strata: Intel juga akan meluncurkan platform software edge-native untuk mendukung perkembangan infrastruktur intelligent edge dan hybrid AI. Ini akan memungkinkan developer untuk membangun, menyebarkan, dan mengelola aplikasi edge dengan lebih mudah.

Acara Intel Innovation 2023 telah mengungkapkan komitmen Intel untuk menjadikan AI lebih mudah diakses dan digunakan oleh semua orang. Ini adalah langkah besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi global yang didorong oleh kecerdasan buatan, dan memastikan bahwa teknologi silikon dan perangkat lunak terus menjadi keajaiban yang mengubah dunia. Intel terus menjadi pemimpin dalam industri teknologi, membawa perubahan positif bagi dunia kita.