Home News Giliran Gojek – Tokopedia Bahas Merger

Giliran Gojek – Tokopedia Bahas Merger

Awal tahun ini beberapa entitas bisnis tancap gas dan dilaporkan mulai menjajaki penggabungan usaha alias merger. Setelah Indosat dan Tri Indonesia dilaporkan melakukan pembicaraan serius, kini giliran Gojek dan Tokopedia dikabarkan juga sedang melakukan pembicaraan soal penggabungan bisnis.

Raksasa transportasi online dan pembayaran Indonesia Gojek dilaporkan sedang dalam diskusi lebih lanjut membahas mengenai penggabungan usahadengan pionir e-commerce terkemua, Tokopedia. Hal ini dilaporkan oleh Bloomberg yang mendapat infomasi dari orang-orang yang tidak mau disebutkan identitasnya yang terlibat langsung menjelang penawaran umum perdana yang direncanakan dari entitas gabungan tersebut.

Lebih lanjut Bloomberg melaporkan, dua perusahaan rintisan paling bernilai di Indonesia ini telah menandatangani lembar persyaratan terperinci untuk melakukan uji tuntas bisnis masing-masing. Kedua belah pihak melihat potensi sinergi dan ingin mencapai kesepakatan secepat mungkin dalam beberapa bulan mendatang.

Entitas gabungan ini akan menciptakan powerhouse Indonesia dengan nilai sekitar $ 18 miliar (sekitar 250 triliun rupiah), dengan nilai Gojek dan Tokopedia masing-masing dipatok sekitar $ 10,5 miliar dan $ 7,5 miliar. Bisnis mereka sendiri bergerak di bidang transportasi, pembayaran hingga belanja dan pengiriman online. BIsa dibayangkan seperti Uber, PayPal, Amazon, dan DoorDash yang ebrgabung menjadi satu. GAbungan ini juga berencana untuk go public di AS dan Indonesia .

“Ini berpotensi menjadi kesepakatan blockbuster,” kata Usman Akhtar, mitra di Bain & Co. di Singapura. “Kesepakatan itu akan memberikan dampak besar di luar kedua perusahaan ini dan memiliki efek riak yang bahkan belum kita ketahui semuanya saat ini.”

Perwakilan Gojek dan Tokopedia saat ini menolak berkomentar.

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here