Home Network & Operator Gerakan 100% untuk Indonesia: Wujud Komitmen Smartfren Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat Indonesia

Gerakan 100% untuk Indonesia: Wujud Komitmen Smartfren Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat Indonesia

Di era digital ini, sebagian besar masyarakat Indonesia telah terhubung dengan internet dan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Namun, masih terdapat sebagian masyarakat yang belum sepenuhnya merasakan manfaat dari akses internet atau belum memanfaatkannya secara optimal untuk kegiatan produktif.

Merespon hal tersebut, Smartfren memprakarsai gerakan 100% untuk Indonesia dengan harapan dapat mewujudkan pemerataan akses internet; sekaligus menggerakkan anak-anak muda agar dapat memanfaatkannya untuk mengukir prestasi seperti menjadi atlet esports, wirausaha digital, atau melahirkan karya-karya digital. Lewat gerakan ini ada sejumlah inisiatif yang tengah dijalankan, yaitu:

  • Teman UMKM Indonesia yang fokus kepada pengembangan potensi lokal dari sisi UMKM dengan memanfaatkan digital.
  • Teman Pintar Indonesia, sebagai sarana literasi digital untuk anak muda dan para ibu
  • Teman Kreasi Indonesia, yang merupakan wadah kolaborasi dengan berbagai usaha lokal.
  • WOW 100% Indonesia, yang sudah berjalan di sejumlah kota dan kabupaten sebagai wadah untuk menampilkan berbagai potensi dari sisi komunitas serta usaha lokal.

Rangkaian kegiatan tersebut dilakukan sepanjang 2023 di berbagai kota Acara ini menjadi awal dari rangkaian kegiatan serupa yang akan menjangkau berbagai kota di Indonesia.

Dani Akhyar, Head of Community Development & Public Relation Smartfren mengatakan, ”Smartfren mengajak masyarakat untuk ikut aktif dalam menyatukan perbedaan dan menjadikan perbedaan yang kita miliki sebagai inspirasi berkarya dan menyebarkan sikap positif. Harapannya, dari rangkaian inisiatif gerakan 100% untuk Indonesia ini dapat memicu perkembangan berbagai potensi sosial, ekonomi dan budaya di berbagai kota di tanah air.”

Guna menjalankan rangkaian kegiatan tersebut Smartfren Community menjalin kerja sama yang erat dengan berbagai pihak. Salah satunya di di Bandung Barat, Smartfren Community menandatangani nota kesepahaman dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bandung Barat; demi memperluas program literasi digital untuk anak-anak muda di sana. Acara tersebut juga dilanjutkan dengan pelatihan literasi digital bertajuk “Tips Kreatif Menghadapi Publik Digital” yang diikuti oleh ratusan anak-anak muda dan pelajar di Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

Selain itu, ada pula Smartfren Community di berbagai wilayah lain yang bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat, seperti pembinaan kreator digital lokal dengan tema “Potensi Bunda sebagai Content Creator” di Natuna bersama pemerintah Kabupaten Natuna; pelatihan digital marketing untuk UMKM di Malang bekerja sama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang; hingga pelatihan pengelolaan sampah dan wirausaha digital untuk UMKM di Tangerang Selatan bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Tangerang Selatan serta Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan.