Home Apps & Platform F5 Memperkuat Perlindungan di Dunia Digital dengan F5 Distributed Cloud Services

F5 Memperkuat Perlindungan di Dunia Digital dengan F5 Distributed Cloud Services

Dalam Agility Conference yang diadakan setiap tahun, F5 (NASDAQ: FFIV) mengumumkan pengembangan major dari portofolio keamanan dan delivery aplikasi melalui peluncuran F5® Distributed Cloud Services, sebuah platform baru yang menyediakan solusi keamanan, solusi multi-cloud networking, dan solusi edge computing dalam sebuah platform terpadu berbasis software-as-a-service (SaaS). F5 juga meluncurkan layanan terbaru yang merupakan solusi pertama di atas platform ini,  yaitu F5 Distributed Cloud WAAP (Web Application and API Protection) yaitu solusi perlindungan keamanan terhadap aplikasi web dan API, yang mengintegrasikan berbagai kemampuan keamanan dari seluruh teknologi F5 ke dalam sebuah layanan software-as-a-service (SaaS) yang terpadu.

Saat ini, hampir semua perusahaan berada di tengah-tengah dua tren yang signifikan: evolusi aplikasi sebagai pusat dari kehidupan digital dari pelanggan mereka serta makin bertambahnya ancaman keamanan terhadap aplikasi tersebut. Hal ini menghadirkan tantangan tersendiri karena banyak perusahaan di masa kini yang mengelola portofolio aplikasi yang merupakan gabungan dari teknologi lama dengan infrastruktur modern yang lebih baru. Dalam State of Application Strategy Report 2022 keluaran F5, sebanyak 88% organisasi mengatakan mereka mengoperasikan sekaligus infrastruktur aplikasi lama dan modern, sementara 70% beroperasi menggunakan beberapa cloud (multicloud). Hal ini memperluas potensi terjadinya ancaman keamanan karena perusahaan seringkali terpaksa harus menerapkan kontrol keamanan yang tidak konsisten di berbagai lingkungan yang berbeda.

Selama beberapa tahun terakhir, F5 telah menyesuaikan bisnisnya dan secara signifikan memperluas penawaran perangkat lunak dan cloud demi memberikan portofolio solusi yang luas untuk membantu pelanggan mengatasi kompleksitas dan risiko ini. Melalui platform BIG-IP, NGINX, dan sekarang F5 Distributed Cloud Services, F5 menawarkan berbagai solusi terintegrasi berbasis pembelajaran mesin yang melindungi aplikasi dan API lama dan modern di manapun data center, cloud, dan edge tersimpan. Organisasi terbesar di dunia, termasuk bank, retail, penyedia layanan, dan lembaga pemerintah, telah mengandalkan F5 untuk menjaga keamanan aplikasi, melindungi API yang mendukung rantai pasokan digital mereka, mengatasi ancaman seperti malware dan bot, dan melawan penipuan yang merajalela.

“Aplikasi dan pengalaman digital yang dikuasai oleh F5 telah menjadi landasan bagi koneksi dan pencapaian humanis serta platform untuk inovasi bisnis dan penciptaan pasar yang signifikan,” kata François Locoh-Donou, Presiden dan CEO, F5. “Membantu organisasi melindungi aplikasi dari rentetan serangan siber yang terus-menerus menjadi misi kami di F5. Peluncuran F5 Distributed Cloud Services ini merupakan momentum yang krusial karena menyediakan cara yang lebih sederhana bagi pelanggan untuk mengelola tantangan yang kompleks dalam keamanan aplikasi modern.”

Memperkenalkan F5 Distributed Cloud WAAP

F5 Distributed Cloud WAAP menyederhanakan keamanan dan mengotomatisasi proses, memungkinkan tim aplikasi untuk fokus dalam menghadirkan fitur dan fungsionalitas yang akan meningkatkan pengalaman pelanggan mereka dan mendorong bisnis mereka ke depannya.

Layanan berbasis SaaS baru ini menggabungkan firewall aplikasi web F5 yang terdepan di industri, mitigasi bot, kemampuan perlindungan DDoS dan API ke dalam satu solusi yang mudah diterapkan, yang memungkinkan tim SecOps dan DevOps untuk menerapkan kebijakan keamanan yang konsisten di mana pun mereka perlu menerapkannya.

Solusi baru ini menyatukan teknologi keamanan aplikasi F5 yang terbaik, termasuk:

  • Perlindungan aplikasi dari F5 Advanced WAF, yang lebih efektif dan efisien melindungi dari serangan aplikasi yang paling umum.
  • Keamanan API dari temuan otomatis dan deteksi anomali berbasis pembelajaran mesin Volterra, yang mengotomasikan seluruh proses pencarian, pengamanan, dan pemantauan API
  • Pertahanan bot berdasarkan teknologi AI F5 Shape
  • Perlindungan Denial of Service (DDoS) yang terdistribusi secara global.

“Kami memilih implementasi F5 Distributed Cloud WAAP untuk solusi alternatif berbasis SaaS dan CDN karena karakteristiknya yang dapat disesuaikan dan sederhana, serta adanya kemudahan bagi kami untuk melakukan perpindahan secara masif ke cloud,” kata Ian Young, Sr. Manager of Global Networks and Unified Communications di Vertafore.

“Kemampuan solusi ini untuk mengaktifkan layanan keamanan tambahan secara mudah melalui satu platform yang dapat diterapkan di mana saja memberikan alternatif menarik.”

Sekarang, F5 Distributed Cloud WAAP sudah tersedia secara global dan akan diluncurkan di Azure Marketplace pada akhir Februari. Pelanggan dapat mempelajari lebih lanjut melalui real-time simulator dan di F5.com.

“Virtual workforces, penjualan secara digital, layanan, dan pengalaman pelanggan mendorong kebutuhan akan layanan keamanan untuk lebih dekat dengan pengguna,” kata Erin Chapple, Wakil Presiden Perusahaan Microsoft, Produk dan Desain Inti Azure. “Peluncuran F5 Distributed Cloud WAAP di Azure memberi pelanggan lebih banyak pilihan dalam mengatasi risiko keamanan siber yang kompleks untuk aplikasi yang berjalan pada infrastruktur cloud.”

Pendekatan baru F5 Distributed Cloud untuk keamanan dan pengiriman aplikasi

F5 Distributed Cloud Platform menyediakan keamanan aplikasi dan layanan pengiriman berbasis SaaS cloud-native. Layanan ini dikelola secara terpusat tetapi dapat digunakan di mana saja, sehingga aplikasi ini diperlukan untuk memaksimalkan dampak bisnis dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih unggul. Dibangun di atas kombinasi platform dan layanan yang diperoleh dari Volterra, F5, dan Shape Security Services menjadikan F5 Distributed Cloud unik karena:

  • Memiliki sebaran native di multi-cloud, data center, dan edge environments.
  • Memberikan visibilitas lengkap dan kontrol kebijakan di semua aplikasi dalam satu dasbor.
  • Menyatukan keamanan aplikasi, jaringan multi-cloud, dan layanan platform aplikasi pada satu platform SaaS.
  • Menyediakan jaringan global personal yang terintegrasi di 22 wilayah metropolitan utama.

Ada beberapa Layanan F5 Distributed Cloud yang saat ini tersedia untuk pelanggan.

  • F5 Distributed Cloud Transit memungkinkan fungsionalitas jaringan multi-cloud (MCN) dengan konektivitas yang aman dan berkinerja tinggi antara cloud dan firewall jaringan.
  • F5 Distributed Cloud Load Balancer and Kubernetes Gateway menyediakan load balancer terintegrasi, Kubernetes, dan API gateway yang dengan mudah menerapkan beban kerja modern dan layanan mikro di seluruh cluster, lokasi, dan penyedia cloud.
  • Platform ini juga memiliki kemampuan cloud-native computing di tepi jaringan, yang dikenal sebagai app delivery network (ADN) yang meningkatkan pengalaman pengguna akhir dengan mendistribusikan aplikasi ke F5 Global Network.

Selain itu, F5 juga telah mengambil langkah-langkah untuk mengintegrasikan pengalaman pelanggan di seluruh portofolio yang berkembang dengan menyederhanakan penamaan produk. Banyak layanan F5, Shape, dan Volterra yang telah diganti namanya menjadi F5 Distributed Cloud Services, termasuk F5 Distributed Cloud Bot Defense, F5 Distributed Cloud DDoS Mitigation, F5 Distributed Cloud WAF, dan F5 Distributed Cloud API Security.

“Aplikasi dan model bisnis saat ini beradaptasi lebih cepat dari sebelumnya, dan itu berarti keamanan aplikasi dan infrastruktur harus jauh lebih agile dan efektif,” kata Surung Sinamo, Country Manager F5 Indonesia. “Kami dengan cepat mengintegrasikan portofolio layanan kami ke platform distributed cloud services, dan terus berinovasi dalam menyediakan layanan baru, sehingga pelanggan kami dapat memiliki kemampuan yang mereka butuhkan dengan kecepatan yang mereka butuhkan untuk mencapai transformasi bisnis mereka yang berkelanjutan.

F5 Distributed Cloud Services merupakan solusi cepat dan terpadu bagi bisnis di Indonesia untuk dapat meningkatkan perlindungan aplikasi dan API, yang merupakan hal terpenting di ranah digital.”

Kutipan tambahan:

“Kami telah menghadirkan aplikasi dan layanan IT internal selama satu tahun terakhir dan memilih F5 sebagai mitra utama untuk membantu dalam mengamankan dan mempercepat layanan kami,” kata Ryan Burgess, Director, Technology Infrastructure, BlueShore Financial.

“F5 Distributed Cloud WAAP menyediakan kombinasi yang kami butuhkan—tingkat efektivitas yang tinggi dapat melindungi properti web dan aplikasi perbankan daring, ditambah dengan kelincahan dan kemudahan pengoperasian berbasis SaaS.”
“Aplikasi modern telah berkembang sangat pesat,” kata Bob Laliberte, Principal Analyst, ESG.

“Mereka lebih kompleks, memanfaatkan API secara ekstensif, dan jauh lebih terdistribusi. Akibatnya, solusi keamanan aplikasi harus lebih fleksibel dan dapat diterapkan di mana pun beban kerja aplikasi tersebut berada. Untuk memastikan fleksibilitas, diperlukan model berbasis SaaS yang mampu mendistribusikan layanan cloud di mana saja dengan visibilitas dan kontrol yang konsisten. F5 telah menciptakan Distributed Cloud Services yang inovatif agar para perusahaan dapat dengan mudah menggunakan service dari F5 dimana saja dan kapan saja”
“Seiring F5 Distributed Cloud WAAP memperluas solusi keamanan terdepan di industri perusahaan ke tepi jaringan, Ping Identity sangat antusias untuk melanjutkan kemitraan jangka panjang dan komitmen untuk memperkuat akses dan kemampuan keamanan bagi pengguna perusahaan,” kata Bernard Harguindeguy, Senior Vice President, Special Project, Ping Identity.

“Ping Identity terus berusaha untuk memastikan organisasi dapat mencapai keamanan yang lebih kuat, dan kemitraan kami bersama F5 adalah salah satu cara kami memberikan manajemen akses yang kuat dan keamanan untuk pelanggan perusahaan global.”
“Peluncuran F5 Distributed Cloud WAAP merupakan pencapaian penting bagi F5 dengan manfaat yang sangat dinanti-nantikan oleh pelanggan kami,” kata Gustaf Sahlman, CEO, Promon.

“Mengatasi serangan otomatis, termasuk serangan bot, kami membutuhkan pendekatan ekosistem dan kolaborasi erat antara vendor teknologi seperti F5 dan Promon. Dengan menghadirkan keamanan jaringan yang ditingkatkan, F5 menampilkan respons yang sama terhadap dinamika  dan perubahan sehingga membantu kami mendapatkan tempat di antara para pemimpin teknologi selama 25 tahun.”
“Stellar Cyber menyambut baik peluncuran F5 Distributed Cloud WAAP, dan kami percaya bahwa mitra  kami turut menyambut peluncuran ini dengan baik ,” kata Jim O’Hara, Chief Revenue Officer, Stellar Cyber. “Stellar dan F5 telah bekerja sama untuk membantu pengguna mencapai tujuan mengoperasikan platform keamanan tunggal untuk visibilitas yang lebih luas dan perbaikan di seluruh lingkungan hybrid— termasuk saat ini keunggulan jaringan akan semakin penting. Fokus kami adalah memungkinkan tim IT untuk merespons ancaman dalam hitungan detik, lebih cepat daripada hitungan hari atau minggu saat menggunakan Open XDR, dan F5 Distributed Cloud WAAP dapat memperkuat kemampuan ini.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here