Home Apps & Platform Desain Inovatif All Big Core di Dimensity 9300 Memaksimalkan Kinerja dan Efisiensi...

Desain Inovatif All Big Core di Dimensity 9300 Memaksimalkan Kinerja dan Efisiensi Smartphone

Pada tanggal 6 November 2023, MediaTek mengumumkan cip seluler andalan terbarunya, Dimensity 9300, yang memperkenalkan desain All Big Core yang unik. Konfigurasi ini membawa pengalaman pengguna ponsel pintar ke tingkat baru dalam berbagai aspek, termasuk gaming, pemrosesan AI generatif, dan kemampuan daya tahan baterai yang luar biasa.

Joe Chen, Presiden MediaTek, menjelaskan, “Dimensity 9300 adalah cip andalan MediaTek terkuat saat ini, yang menghadirkan peningkatan besar dalam daya komputasi ke ponsel pintar andalan dengan desain All Big Core kami yang inovatif.” Desain yang unik ini, dikombinasikan dengan Unit Pemrosesan AI on-chip yang ditingkatkan, membawa kita ke era baru aplikasi AI generatif.

Cipset ini didukung oleh Prosesor AI APU 790 generasi berikutnya dari MediaTek, yang dirancang untuk meningkatkan kinerja AI generatif dan hemat daya. APU 790 menggandakan performa operasi bilangan bulat dan bilangan real, sambil mengurangi konsumsi daya hingga 45%. Kecepatan pemrosesan APU 790 bahkan 8 kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya, dengan kemampuan untuk menghasilkan gambar dalam waktu satu detik menggunakan Stable Diffusion. MediaTek juga mengembangkan teknologi kuantisasi INT4 presisi campuran, yang bekerja bersama kompresi perangkat keras memori NeuroPilot, meningkatkan efisiensi penggunaan memori untuk model AI besar. APU 790 juga mendukung NeuroPilot Fusion, yang mampu mendukung model bahasa besar hingga 33B. Semua ini mendukung pengembangan aplikasi AI generatif multi-modal yang menawarkan pengalaman AI generatif terkini kepada pengguna.

Di bidang gaming, Dimensity 9300 menggunakan GPU andalan terbaru Arm, Immortalis-G720, yang meningkatkan performa gaming seluler sebanyak 46% dengan konsumsi daya yang sama dengan pendahulunya. Pengguna juga akan merasakan penurunan konsumsi daya GPU sebesar 40%, menjadikan pengalaman gaming lebih lancar tanpa menguras baterai. Dengan desain CPU octa-core ekstrem dan mesin raytracing perangkat keras generasi kedua dari MediaTek, pengguna dapat bermain game dengan pencahayaan global tingkat konsol pada kecepatan 60 FPS yang mulus.

Cipset ini juga menghadirkan pengalaman fotografi dan pengambilan video yang unggul dengan AI-ISP berdaya rendah dan HDR yang selalu siap pakai. Dukungan untuk mode sinematik 4K pada 30 fps, bokeh tracking secara real-time, AI Noise Reduction (AI-NR), dan pemrosesan AI pada foto dan video RAW memungkinkan pengguna untuk menciptakan konten berkualitas profesional. Selain itu, Dimensity 9300 mendukung format Ultra HDR baru di Android 14, yang membuat foto lebih hidup dan kompatibel dengan format JPEG universal.

Sistem tampilan cipset ini memanfaatkan kemampuan AI untuk mendeteksi objek utama dan latar belakang secara real-time, menciptakan pengalaman video yang luar biasa. Ini juga mendukung tampilan yang dinamis dengan penyesuaian kontras, ketajaman, dan warna objek utama, menghasilkan gambar dengan kesan mendalam yang setara dengan TV DTV unggulan.

Konektivitas adalah aspek penting dari pengalaman pengguna, dan Dimensity 9300 mendukung kecepatan Wi-Fi 7 hingga 6,5 Gbps serta teknologi MediaTek Xtra RangeTM untuk konektivitas jarak jauh yang lebih baik. Dengan Multi-Link Hotspot, koneksi Wi-Fi tethering dapat mencapai kecepatan hingga 3x lipat dibandingkan teknologi kompetitor.

Selain itu, fitur utama dari MediaTek Dimensity 9300 meliputi kekuatan inti yang sangat besar, kecepatan tampilan yang lebih cepat, konektivitas 5G yang lancar, dan dukungan memori LPDDR5T 9600Mbps.

Ponsel cerdas pertama yang dilengkapi dengan Dimensity 9300 akan hadir di pasar pada akhir tahun 2023, membawa pengalaman pengguna ponsel pintar ke tingkat yang lebih tinggi. MediaTek terus mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin dalam inovasi teknologi seluler, dan Dimensity 9300 adalah bukti nyata komitmen mereka untuk memberikan teknologi terdepan kepada pengguna.