Home Tren & Sosial Bekerja dari Rumah dan Dampak Positifnya Bagi Karyawan

Bekerja dari Rumah dan Dampak Positifnya Bagi Karyawan

Pandemi Covid-19 telah mengubah kebiasaan kerja di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Banyak perusahaan yang memutuskan untuk mengadopsi sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk menghindari penyebaran virus.

Setelah masa pandemi, muncul sistem kerja baru yang disebut hybrid, yaitu bekerja di kantor dan rumah secara bergantian. Kedua sistem kerja ini mengandalkan internet sebagai sarana komunikasi dan akses ke berbagai sarana pendukung yang dibutuhkan dalam bekerja.

Survei Databoks menunjukkan 68 persen pekerja di Indonesia berharap perusahaan tetap menerapkan sistem kerja hybrid pasca pandemi. Sementara 23 persen menginginkan sistem kerja penuh dari rumah (WFH).

Keinginan tersebut cukup beralasan, karena para karyawan ini merasakan manfaat yang positif dengan bekerja dari rumah yaitu fleksibilitas waktu, efisiensi biaya, work life balance, dan menurunkan stres.

Salah satu manfaat utama kerja dari rumah adalah fleksibilitas waktu. Karyawan dapat menentukan jadwal kerja sendiri, dan bekerja sesuai dengan waktu yang paling efektif untuk mereka.

Kerja dari rumah juga membantu karyawan menjadi lebih produktif, sekaligus menghemat biaya transportasi dan makan siang.

Meski manfaat bekerja dari rumah sangat dirasakan oleh para karyawan yang memilih sistem kerja WFH, namun kendala tetap ada, diantaranya koneksi internet yang lambat, kurangnya interaksi sosial, dan gangguan dari lingkungan sekitar.

Dari ketiga kendala tersebut, koneksi internet yang lambat atau tidak stabil menjadi masalah utama yang kerap dihadapi oleh para keryawan yang bekerja dari rumah. Survei Ookla di tahun 2020 menempatkan Indonesia di peringkat 111 dari 132 negara dalam hal kecepatan internet.

Internet yang cepat dan stabil adalah sebuah solusi untuk memudahkan kerja dari rumah dengan beberapa manfaat seperti komunikasi yang mudah, kecepatan mengakses layanan penyimpanan, fleksibilitas dalam mengatur waktu kerja, dan meningkatkan produktivitas. Oleh karena itu, dukungan dari customer service (CS) menjadi sangat penting.

Bekerja dari rumah memberikan dampak positif bagi karyawan dalam hal fleksibilitas waktu, efisiensi biaya, work life balance, dan menurunkan stres. Koneksi internet yang cepat dan stabil sangat diperlukan untuk memudahkan kerja dari rumah dan meningkatkan produktivitas. Dukungan dari customer service (CS) menjadi sangat penting untuk menyelesaikan kendala teknis yang muncul selama bekerja dari rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here