Home Smartphone Canggih Award 2021: OPPO Raih The Best Quality Service Center 2021

Canggih Award 2021: OPPO Raih The Best Quality Service Center 2021

Service center sebuah brand smartphone memiliki peran vital. Sebagai pihak yang berhadapan langsung dengan konsumen, service center menjadi garda depan penjaga kepercayaan pelanggan. Di sini, kualitas layanan juga dipertaruhkan. Sedikit saja ketidakpuasan akan menjadi sandungan untuk citra mereka.

Ada beberapa faktor yang membentuk kualitas service center sebuah brand.  

Pertama soal jaringan. Brand yang berkualitas akan serius melayani pelanggan dengan membangun jaringan service center sendiri. Kelebihannya, mereka bisa memperpendek jarak dengan pelanggan dan dapat memantau kualitas layanannya dengan lebih baik.

Brand dengan jaringan service center sendiri juga berarti memiliki struktur perusahaan yang kuat. Tak hanya secara finansial, tapi juga dari sisi  standar kualitas produk dan layanan. Mereka juga kebanyakan sudah memiliki pabrik sendiri. Artinya, suplai sparepart dan berbagai kebutuhan perbaikan perangkat konsumen bisa dipenuhi langsung dengan baik.

Faktor kedua adalah soal sumber daya manusia (SDM). Selain customer assistant yang bertatap muka langsung dengan pelanggan, keberadaan teknisi-teknisi andal mutlak diperlukan. Proses seleksi dan training yang ketat akan menjadikan pelanggan merasa aman saat perangkatnya ditangani teknisi-teknisi profesional.

Terakhir dan tak kalah penting adalah faktor inovasi. Dengan dunia yang selalu berubah dan menghadirkan tantangan baru, sebuah service center juga harus bisa beradaptasi dengan waktu. Memunculkan program-program baru, layanan yang menarik, serta penggunaan saluran-saluran digital terkini untuk melayani pelanggan terbukti efektif. Masa pandemi yang saat ini masih berlangsung juga menjadi ujian, apakah service center sebuah brand bisa tetap eksis menjaga kepercayaan pelanggan.

Canggih Award 2021: OPPO Service Center, The Best Quality Service Center 2021

Atas dasar ketiga faktor di atas, Canggih ID dengan bangga menobatkan OPPO Service Center sebagai The Best Quality Service Center 2021.

Dengan lebih dari 100 titik service center yang dikelola sendiri dan tersebar di seluruh Indonesia, pelanggan dengan mudah menemukan pusat layanan OPPO yang terdekat dari tempat tinggalnya. Pengelolaan service center secara mandiri oleh OPPO juga memastikan pelanggan mendapatkan sparepart yang mereka butuhkan. Bahkan service center OPPO bisa langsung meminta penggantian unit pelanggan secara langsung ke pabrik.

Faktor sumber daya berstandar ketatpun dipenuhi oleh Service Center OPPO.

“Setiap tahun OPPO mengadakan pelatihan dan sertifikasi,” Terang  Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

 “Sertifikasi teknisi berjenjang hingga level 4. Proses sertifikasi ini diawasi langsung oleh Head Quarter dari Cina langsung. Mereka memiliki tim khusus untuk pelatihan dan training. Tak hanya untuk teknisi, tapi juga bagi seluruh staf service center termasuk customer service agar pelayanannnya terhadap en user lebih optimal” Imbuh Aryo.

Masa pandemi tak serta merta membuat layanan service center OPPO mandeg. Mereka terus beradaptasi, menawarkan program-program inovatif mulai dari layanan online, gratis perbaikan, jaminan selesai perbaikan 1 jam, hingga diskon berbagai macam sparepart. Semua itu  dilakukan service center OPPO demi menjamin perangkat pelanggan bisa kembali normal.

Selamat buat OPPO Service Center!