Home Smartphone 6 Langkah Menyiapkan OPPO A96 Agar Nyaman Digunakan Orang Tua

6 Langkah Menyiapkan OPPO A96 Agar Nyaman Digunakan Orang Tua

Menghadiahkan smartphone OPPO A96 kepada orang tua tentu menjadi kebahagiaan tersendiri. Selain sebagai bukti kasih sayang anakterhadap orang tua, memberikan smartphone kepada mereka juga membuta komunikasi juga lebih lancar.

Namun terkadang, tampilan dan menu smartphone yang terlalu rumit membingungkan bagi orang tua. Terkadang mereka juga sering lupa meski kita sudah mengajarkan fungsi-fungsi seperti mencari kontak, melakukan panggilan video, atau menggunakan whatsapp.

Nah, untuk membantu meringankan kesulitan orang tua saat menggunakan smartphone, Kali ini Canggih ID menyuguhkan 6 langkah praktis yang bsia langsung dipraktekkan di OPPO A96. Selain orang tua jadi terbantu, komunikasi juga bisa lebih lancar

Dari kiri: mengatur font, dark mode, dan memperbesar ikon

1. Atur ukuran dan tampilan (display)  Font

Kita yang masih memiliki mata normal mungkin tak masalah saat mengoperasikan smartphone dengan ukuran font standar. Namun buat orang tua tentu menjadi kendala tersendiri. Untuk mengubah ukuran font menjadi lebih besar, masuklah ke menu personalizations – Font & Display Size. Sebelumnya, kita harus membedakan antara font size dan display size. Font size adalah ukuran font atau huruf  itu sendiri, sedangkan display size adalah ukuran perbandingan huruf terhadap elemen layar yang lain semisal ikon dan gambar.

Kamu bisa mengatur ukuran font menjadi medium, large atau very large melalui slide yang tersedia. Kamu juga bisa mengatur display size ke posisi very large agar tampilannya lebih terlihat.

2. Dark mode

Orang tua terkadang memerlukan tampilan dengan kontras yang kentara agar lebih mudah melihat dan membaca layar. Hal ini bisa dilakukan dengan mengubah tampilan layar ke mode Dark. Caranya, masuklah ke menu setting – Display kemudian ubah tampilan ke dark. Kamu juga bisa mengaktifkan mode eye comfort di emu yang sama. Agar orang tua tidak bingung, matikan auto rotate sheingga beliau selalu menggunakan dalam posisi vertikal.

3. Kelompokkan kontak keluarga

Agar orang tua mudah menelepon , sebaiknya taruh kontak anggota keluarga dalam kelompok favorit. Caranya, buka contact – kemudian nama anggota keluarga dan tekan agak lama, akan muncul jendela pop up. Kemudian pilih add to favorit

Dari kiri: mengelompokkan kontak, find my phone , dan simpel mode

4. Tempatkan shortcut Ikon dan perbesar Ikon

Kamu bisa menempatkan aplikasi aplikasi yang paling sering digunakan oleh orang tua di halaman paling depan, misalnya aplikasi Whatsapp, telepon, pengingat sholat dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memperbesar ukuran ikon dengan cara menekan layar di sembarang halaman homescreen yang kosong, kemudian pilih menu ikon, atus melalui slide ke ukuran maksimal (paling kanan)

5. Pastikan fitur Find my Device dalam posisi selalu aktif (On)

Terkadang orang tua lupa menaruh OPPO A96. Untuk memudahkan mencarinya, Kamu bisa mengaktifkan menu find my device di menu setting – security – Find my device. Kamu terlebih dahulu harus menginstal aplikais Find My Phone dari Google Play Store. Jika mereka lupa, Kamu bisa membantu mereka dengan menggunakan  fitur play sound

6. Mengaktifkan simple mode

Ini adalah cara paling umum untuk mneyiapkan smartphone A96 bagi orang tua. Simpe mode bisa Kamu aktifkan melalui menu home screen & lock screen – home screen mode – simple mode. Dengan mode ini, OPPO A96 suda menyiapkan tampilan yangs esuai untuk orang tua maupun anak-anak di bawah umur. Homescreen jadi makin besar dan mudah dilihat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here