Home Health 5 Negara Ini Akan Menggratiskan Vaksin COVID-19 untuk Warganya

5 Negara Ini Akan Menggratiskan Vaksin COVID-19 untuk Warganya

Dunia berada di tengah pandemi Covid-19. Tercatat, penyakit yang disebabkan oleh virus corona telah membunuh 1,5 juta orang secara global, demikian menurut data oleh Universitas John Hopskin.

Berbagai negara telah merencanakan untuk memberikan vaksin awal tahun depan untuk memutus rantai penyakit dan menyudahi pembatasan sosial. Inggris pada Rabu (2/12) menjadi negara pertama yang menyetujui vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19. Menurut World Health Organistaion (WHO), saat ini terdapat lebih dari 100 kandidat vaksin COVID-19 yang sedang dikembangkan, beberapa di antaranya masih dalam tahap uji coba pada manusia.

Beberapa negara telah mengumumkan untuk melaksanakan program vaksinasi Covid-19 gratis untuk semua warganya saat nanti vaksin tersebut tersedia. Siapa saja?

Jepang

Jepang akan memberikan vaksin virus corona secara gratis kepada semua penduduknya berdasarkan undang-undang yang disahkan pada Rabu (2/12). RUU tersebut mengatakan bahwa pemerintah JEpang akan menanggung semua biaya vaksin untuk 126 juta penduduk Jepang, dan telah disetujui oleh majelis tinggi parlemen, setelah sebelumnya disetujui secara kuat oleh majelis yang lebih rendah.

Perancis

Perdana Menteri Prancis Jean Castex mengatakan pada hari Kamis (3/12) bahwa “hanya (tinggal- red) beberapa minggu” sebelum negara itu akan mulai meluncurkan vaksinasi COVID-19 dan bahwa hal tersebut akan dilakukan secara gratis untuk semua wargannya.

Castex juga mengatakan pada konferensi pers bahwa vaksinasi akan dilakukan dalam tiga tahap.

Amerika

Presiden Terpilih AS Joe Biden telah berjanji bahwa jika ia terpilih sebagai presiden dalam pemilihan 3 November, dia akan memastikan vaksinasi COVID-19 tersedia secara gratis untuk semua orang Amerika, sesuai rencana respons pandemi yang muncul hanya beberapa hari sebelum pemilihan presiden AS. Vaksin yang aman dan efektif, harus gratis untuk semua orang, baik Anda diasuransikan atau tidak, “kata Joe Biden pada Oktober lalu.

Norwegia

Norwegia akan memberikan vaksin yang akan melawan Covid-19 secara gratis kepada penduduknya jika nanti sudah tersedia. Demikian kata pemerintah mereka pada Oktober lalu, dan hal ini akan menjadi bagian dari program vaksinasi nasional negara itu.

India

Pada 25 Oktober, Menteri Perhimpunan India, Pratap Sarangi mengatakan bahwa seluruh rakyat di negara itu akan diberikan vaksin Covid gratis. BJP (partai berkuasa) telah mengumumkan vaksin Covid gratis untuk Bihar (negara bagian India), sambil merilis manifesto partai untuk jajak pendapat majelis.

Pemerintah Tamil Nadu, Madhya Pradesh, Assam dan Puduchchery juga telah mengumumkan vaksin Covid gratis untuk orang-orang di negara bagian mereka, sementara kepala menteri Delhi Arvind Kejriwal telah menuntut vaksin gratis untuk semua warga negara di seluruh negeri.

Sumber Doctor photo created by jcomp – www.freepik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here