Home Network & Operator XL Axiata Terima Penghargaan Opensignal Awards di Arena Mobile World Congress 2023

XL Axiata Terima Penghargaan Opensignal Awards di Arena Mobile World Congress 2023

XL Axiata berhasil meraih empat kategori penghargaan dari sembilan kategori dalam laporan Opensignal 2022, yaitu pengalaman kecepatan unduh, pengalaman video, pengalaman gim, dan pengalaman aplikasi suara. Pengakuan ini diberikan kepada XL Axiata dalam ajang Mobile World Congress 2023 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol. Dian Siswarini selaku Presiden Direktur & CEO XL Axiata menerima langsung trofi penghargaan tersebut dari CEO Opensignal, Dave Isenberg.

Dalam pernyataannya, Dian Siswarini mengatakan bahwa pengakuan dari industri melalui laporan Opensignal ini sangat membanggakan dan akan lebih memotivasi XL Axiata untuk melayani pelanggan dengan lebih baik lagi. XL Axiata telah meningkatkan standar kualitas jaringannya dan berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanannya di masa depan, termasuk memenangi kategori lainnya.

XL Axiata berhasil memenangi empat kategori dalam periode bulan 1 Agustus – 29 Oktober 2022. Keempat kategori tersebut yakni, pengalaman kecepatan unduh, pengalaman video, pengalaman gim, dan pengalaman aplikasi suara.

Dalam upaya meningkatkan kualitas jaringan, XL Axiata telah mengimplementasikan berbagai inisiatif dan inovasi. Beberapa di antaranya adalah menjaga ketersediaan dan kualitas sinyal pada seluruh BTS XL Axiata, serta optimisasi di sisi jaringan dan service (antara lain gim, video, voice). Upaya peningkatan kualitas jaringan tersebut dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga mampu mendekati harapan pelanggan. Selain itu, XL Axiata juga menerapkan smart investment, yaitu menambah kapasitas jaringan dengan mempertimbangkan pengaruh langsung terhadap pengalaman pelanggan.

Berikut ini adalah penjelasan terkait empat kategori laporan pengalaman seluler dari Opensignal yang berhasil dimenangi oleh XL Axiata:

Kategori Pengalaman Video: XL Axiata menjadi pemenang Pengalaman Video Opensignal dengan skor 46,5 poin (dari 100). Pengalaman Video Opensignal mengukur kualitas video yang streaming ke perangkat seluler dengan mengukur streaming video nyata melalui jaringan operator.

Kategori Pengalaman Gim: XL Axiata menjadi pemenang baru dari penghargaan Pengalaman Game oleh Opensignal dengan skor 67,1 poin (dari 100). Metrik Pengalaman Game Opensignal mengukur bagaimana pengguna seluler merasakan permainan seluler multipemain secara nyata pada jaringan operator.

Kategori Pengalaman Aplikasi Suara: XL Axiata menjadi yang teratas dalam Pengalaman Aplikasi Suara, dengan peningkatan 2,3 poin yang dilaporkan oleh pengguna di jaringannya. XL Axiata menjadi pemenang langsung baru dari penghargaan Pengalaman Aplikasi Suara. Pengguna XL Axiata menikmati pengalaman terbaik saat menggunakan layanan suara over-the-top (OTT) yakni aplikasi suara seluler seperti WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger.

Kategori Pengalaman Kecepatan Unduhan: Diukur dalam Mbps, Pengalaman Kecepatan Unduhan mewakili kecepatan sehari-hari yang dialami pengguna di seluruh jaringan data seluler operator. Pengguna seluler di Indonesia kembali mengamati kecepatan unduhan rata-rata tercepat di jaringan XL Axiata. Oleh karena itu, XL Axiata menjadi pemenang penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduhan, kali ini dengan skor 20,8 Mbps. Sementara itu, pengguna XL Axiata mengalami peningkatan terbesar dalam kecepatan pengunduhan rata-rata naik 10,9% sejak laporan terakhir Opensignal.

Hingga akhir 2022, XL Axiata mengoperasikan lebih dari 91 ribu BTS 4G yang melayani lebih dari 57 juta pelanggan. Jumlah BTS 4G ini meningkat 19% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik mencapai 54% (fiberized). Jaringan tulang punggung fiber optik milik XL Axiata membentang sepanjang lebih dari 130 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di Kepulauan Indonesia yang sangat luas.