Home Smartphone Tips Memaksimalkan realme 8i untuk Street Photography

Tips Memaksimalkan realme 8i untuk Street Photography

Membuat foto berkualitas tak melulu harus mengandalkan perangkat mahal. Sebuah smartphone seharga dua jutaan pun bisa menjadi alat seni yang dahsyat untuk menghasilkan foto berkualitas.

Salah satu smartphone yang bisa Kamu andalkan untuk mengabadikan momen-momen menarik adalah realme 8i.

Smartphone yang baru diluncurkan akhir November lalu ini mengemas fitur-kamera yang mumpuni.

realme 8i memiliki 50MP AI Triple Camera dengan kombinasi lensa utama 50MP (f/1.8) bersama dengan lensa B&W dan lensa Makro. Sementara itu, kamera selfie 16MP-nya dilengkapi dengan fitur kecantikan AI, mode HDR, mode potret, dan fitur Panoselfie.

Dibanderol seharga Rp2.399.000 (versi RAM/ROM 4/64GB) dan Rp 2.899.000 (versi RAM/ROM 6/128GB), realme 8i merupakan opsi menarik bagi Kamu yang ingin belajar street photography dengan memanfaatkan kamera smartphone.

Apa Itu Street Photography?

Street photography alias fotografi jalanan mungkin merupakan salah satu genre fotografi yang paling mudah. Sederhananya, Kamu bisa menenteng perangkat fotografi, -seperti smartphone kamera-, berjalan-jalan sambil mendokumentasikan berbagai kegiatan manusia.

Latarnya bisa bermacam-macam. Suasana pasar yang ramai, jalanan di malam hari, sebuah lorong, suasana kerja di sebuah co-working space, hingga jerit bahagia anak-anak yang sedang mengejar layangan.

Lalu, bisakah kita menghasikan foto jalanan yang artistik hanya dengan mengandalkan smartphone?

Tips Street Photography Menggunakan realme 8i

Membayangkan Komposisi

Banyak foto jalanan dihasilkan dari kejadian tak terduga dan spontan. Namun, Kamu masih bisa ‘merancang’ foto yang indah sebelum benar-benar memotretnya.

Misal, saat Kamu hendak memotret orang yang sedang menyeberang di sebuah zebra cross, pertama Kamu bisa menentukan angle pengambilan foto.

Faktor lain seperti jatuhnya bayangan gedung, latar obyek seperti gedung-gedung atau taman, adalah hal yang bisa kamu rancang sebelumnya. Tinggal menunggu obyek manusia yang tepat untuk lewat, maka Kamu bisa menghasilkan foto jalanan yang menarik!

Foto yang ‘Bercerita’

Aspek terpenting dari fotografi jalanan yang baik adalah orang lain bisa merasakan kejadian saat foto itu diambil.

Hal ini mungkin terdengar konyol, tetapi Kamu bisa melihat banyak contoh foto yang tampak seperti cuplikan adegan film yang ‘bercerita’.

Untuk membangun sebuah foto yang bercerita, Kamu perlu membidik obyek yang sedang berinteraksi. Seorang penjual yang sedang mengulurkan dagangannya ke pembeli, anak kecil yang sedang memberi makan kucing, hingga sepasang sejoli yang saling menatap penuh arti.

Di sini, Kamu bisa belajar bahwa foto yang bercerita mengandung 2 hal yaitu interaksi dan ekspresi. Dengan memasukkan kedua unsur tersebut, foto yang Kamu hasilkan dijamin akan lebih bermakna.

Manfaatkan Fitur Kamera realme 8i

Selain mengoptimalkan kamera 50MPnya, sebenarnya banyak fitur lain di realme 8i yang bisa membuat foto jalananmu makin ‘cetar’

Pengambilan foto luar ruang akan lebih dramatis jika Kamu mengaktifkan fitur chroma boost. Warna-warna yang ditampilkan akan lebih ‘keluar’ sehingga kesan yang dihasilkan menjadi lebih dinamis.

Fitur night mode bisa Kamu gunakan untuk menangkap suasana jalanan di malam hari dengan lebih detil. Agar bervariasi, Kamu bisa mencoba menambahkan dengan berbagai filter bawaan realme 8i.

Untuk memperkuat obyek, Kamu bisa memanfaatkan fitur potrait dan mengatur efek bokeh untuk latar. Dengand emikian, obyek yang Kamu bidik menjadi lebih menonjol dan memperkuat cerita di foto Kamu. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here