Home Smartphone Tips Memaksimalkan Layar 120Hz dan Gaming di realme 8i

Tips Memaksimalkan Layar 120Hz dan Gaming di realme 8i

Realme menyambut akhir tahun dengan mengeluarkan senjata pamungkasnya, realme 8i.  seri 8 paling bungsu ini membidik segmen mid-range di bawah harga Rp 3 juta. Satu yang menarik, realme 8i memliki layar dengan refresh rate layar 120Hz. Penggunaan refresh rate 120Hz ini merupakan yang pertama pada segmen mid-range dari realme.

Lalu, keuntungan apa yang bisa didapat pengguna dengan layar 120Hz?

Pengertian refresh rate

Semua konten di layar smartphone sebenarnya merupakan rangkaian image atau foto statis yang ditampilkan secara berurutan dengan kecepatan sangat tinggi. Kecepatan refresh diukur dalam hertz (Hz), yang menunjukkan seberapa banyak frame yang tersaji dalam satu detik. Refresh rate 60Hz menunjukkan ada 60 farme yang ditampilkan setiap detik. Layar 120Hz berarti ada 120 frame atau gambar yang ditayangkan bergantian dalam 1 detik.

Refresh rate yang lebih tinggi berarti lebih banyak gambar ditampilkan dalam jumlah waktu yang sama, yang berarti setiap gerakan di antara setiap frame tampak lebih mulus. Karena ada lebih banyak frame, ini berarti mengurangi jarak waktu tayang antara frame.

Kamu mungkin bisa merasakan perbedaan smartphone dengan refresh rate layar tinggi dan rendah. Smartphone Kamu akan terasa lebih responsif, karena layar jadi bereaksi lebih cepat terhadap perintah Kamu karena refresh ratenya yang tinggi. Aktivitas menggulir, membuka, dan menjalankan aplikasi juga semakin halus.  Motion blur —efek  blur yang Anda lihat di antara gerakan layar — juga akan berkurang sebagai akibat dari refresh rate yang lebih tinggi.

Di sisi lain, refresh rate tinggi juga memengaruhi performa gaming sebuah smartphone. Layar dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi juga memiliki input lag yang lebih rendah. Input lag adalah waktu antara aksi yang dipicu pada tampilan dan ayng terjadi di dalam berlangsung dalam game.

Smartphone dengan layar 60Hz memiliki input lag lebih lama aitu 16,63 milidetik. Itu adalah wkatu yang diperlukan untuk setiap gambar melakukan refresh, sementara input lag layar 120Hz dapat mencapai 8,33 milidetik, atau dua kali lipat lebih sering melakukan refresh.

Tips Memaksimalkan  Layar dan Gaming realme 8i

Kamu bisa memaksimalkan kemampuan layar realme 8i baik untuk menjalankan aplikasi sehari-hari maupun untuk gaming.

Pengaturan refresh rate bisa dilakukan melalui opsi screen refresh rate di menu setting. Ada 3 pilihan pengaturan layar yang tersedia di menu tersebut yaitu Auto select, standard, da high. Jika Kamu ingin mengatur layar agar kompatibel dengans emua apliaksi yang terinstal di realme 8i, sebaiknya memilih opsi Auto select karena tidak semua aplikasi dapat dijalankan pada refresh rate tertentu.

Sementara jika Kamu yakin ada apliakasi yang bisa dijalankan dengan refresh rate tinggi, silakan pilih opsi high. Realme 8i akan mengatur layar untuk bekerja pada refresh rate 120Hz. Saat ini sudah banyak game yang mampu dijalankan dengan refresh rate tinggi.

Sementara pilihan mode standar akan mematok layar untuk bekerja pada refresh rate 60Hz. Perlu diingat bahwa  semakin tinggi refresh rate yang Kamu gunakan, maka akan semakin cepat menghabiskan daya.

Untuk lebih optimal dalam bermain game, realme telah meneydiakan aplikasi game space.

Game Space  merupakan aplikasi yang bisa menyimpan semua game dan memiliki berbagai pengaturan untuk memaksimalkan  pengalaman Kamu dalam bermain.

Game space menawarkan fitur penunjang gaming seperti Do-Not-Disturb mode dan Semi-transparent Pop-ups untuk menghindarkan Kamu dari distraksi oleh notifikasi saat bermain game.

Game space juga dapat mengatur smoothness atau  kelancaran saat bermain game. Tak perlu melakukan pengaturan yang rumit kareana game space akan menjalankan sistem cerdas dan menganalisis permianans ecara otomatis dan mengoptimalkan sistem.

Game space juga dapat meningkatkan kinerja game melalui pengoptimalan khusus untuk game dan ponsel Kamu. Ada 3 pilihan mode yang bisa diatur melalui game space yaitu Competitive mode, balance mode, dan Low power consumtion mode. Untuk gaming yang sifatnya kompetitif, Akmu sebaiknya memakai opsi Competitive mode.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here