Home Apps & Platform Adopsi AI Secara Luas Jadi Bahasan Utama Intel AI Summit 2024 Indonesia

Adopsi AI Secara Luas Jadi Bahasan Utama Intel AI Summit 2024 Indonesia

Dino Strkljevic, Regional Director, AI PC, CCG Category Sales, Asia Pacific Japan and India, Intel Corporation

Jakarta, Indonesia – 30 Mei 2024 – Intel menyelenggarakan AI Summit perdana di Jakarta dengan tema “Bringing AI Everywhere”. Acara ini mengumpulkan para pemimpin industri, vendor software independen (ISV), dan kreator konten untuk mengeksplorasi berbagai inovasi AI dan strategi keterbukaan yang mendorong pengadopsian AI secara luas. Strategi ini mencakup pendekatan terbuka untuk mengurangi hambatan bagi pengembang dan pelanggan dalam mengadopsi AI secara etis dan bertanggung jawab.

Platform dan Teknologi Konvergensi AI dan Keamanan

Intel fokus pada pengembangan platform dan teknologi yang menggabungkan AI dan keamanan, dengan tujuan melindungi data dan model AI di seluruh pusat data, cloud, PC, dan Edge. “Kami baru saja mulai membuka potensi AI yang sangat besar untuk meningkatkan kehidupan semua orang, di mana saja,” kata Jen Baile, VP of the Sales and Marketing Group of Intel Southeast Asia, Australia, and New Zealand. Intel menyediakan spektrum lengkap platform hardware dan software yang menawarkan solusi terbuka dan modular dengan biaya kepemilikan yang kompetitif.

Inovasi Terdepan dalam AI

Summit ini menampilkan berbagai keynote, demonstrasi teknologi, dan diskusi yang memamerkan portofolio AI Intel, termasuk:

  1. Prosesor Mobile Intel® Core™ Ultra
    • Prosesor pertama dengan teknologi proses Intel 4 dan teknologi pengemasan Foveros 3D.
    • Dilengkapi akselerasi AI di CPU, GPU, dan NPU, membuatnya menjadi prosesor client Intel yang paling berkemampuan AI dan paling hemat daya.
  2. Intel® Gaudi® 3 AI Accelerator
    • Menyediakan komputasi AI empat kali lipat lebih besar untuk BF16, peningkatan bandwidth memori 1,5 kali lebih besar, dan peningkatan bandwidth jaringan dua kali lipat dibandingkan pendahulunya.
    • Ideal untuk pelatihan dan inferensi AI pada model bahasa besar (LLM) dan model multimodal yang populer.
  3. Prosesor 5th Gen Intel® Xeon®
    • Memberikan peningkatan kinerja bagi aplikasi AI di cloud, jaringan, dan edge dengan efisiensi energi yang lebih baik.
    • Kompatibel dengan prosesor 4th Gen Intel® Xeon®, memungkinkan pelanggan untuk melakukan upgrade tanpa mengganti infrastruktur secara keseluruhan, sehingga mengurangi biaya dan emisi karbon.

Diskusi Panel dan Kolaborasi Ekosistem AI

Acara ini juga menyelenggarakan diskusi panel dengan pemimpin dari Intel, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Amazon Web Services (AWS), BCA, meeting.ai, dan Telkomsel. Mereka berbagi insight mengenai peluang dan tantangan dalam pertumbuhan ekosistem AI di Indonesia.