Home Tren & Sosial Tiga Destinasi Terpopuler bagi Solo Traveler Indonesia

Tiga Destinasi Terpopuler bagi Solo Traveler Indonesia

Ada banyak momen yang bisa dipakai untuk bepergian. Menjelang Singles’s Day atau Hari Jomblo, platform perjalanan digital Agoda mengungkap destinasi paling populer bagi para solo traveler. Bagi wisatawan asal Indonesia, Singapura menjadi destinasi teratas, diikuti Kuala Lumpur dan Bangkok.

Single’s Day atau 11-11, berlangsung setiap tahun pada tanggal sebelas bulan November. Hari libur tidak resmi ini berasal dari China sebagai alternatif untuk Hari Valentine, merayakan mereka yang tidak berada dalam hubungan romantis. Seiring berjalannya waktu, Single’s Day semakin popular di seluruh dunia. Hari ini bahkan diakui sebagai salah satu hari belanja online paling berpengaruh, dengan banyaknya platform online, termasuk Agoda, yang menawarkan diskon khusus.

Agoda banyak membahas tentang perjalanan keluarga tahun ini. Namun, dengan peningkatan jumlah perjalanan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kami juga melihat lebih banyak solo travel,” kata Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda di Indonesia. “Solo trip mungkin merupakan salah satu apresiasi terbaik yang bisa diberikan kepada diri sendiri. Entah itu untuk menjelajahi budaya baru, mendapat teman baru, atau untuk terhubung kembali dengan orang-orang di seluruh dunia, solo trip sering kali mengharuskan Anda keluar dari zona nyaman. Namun, mereka yang melakukan petualangan seorang diri biasanya akan mendapatkan kenangan paling istimewa.

Untuk menentukan destinasi favorit solo traveler, Agoda meneliti destinasi paling populer bagi para solo traveler yang check-in pada akhir pekan di berbagai jenis penginapan. Di Asia Pasifik, tiga destinasi teratas meliputi Tokyo, Jepang yang berada di urutan pertama, disusul Bangkok, Thailand di urutan kedua, dan Seoul, Korea Selatan di urutan ketiga.

Sementara untuk Indonesia, destinasi paling populer untuk bepergian seorang diri adalah Singapura, Kuala Lumpur dan Bangkok.

Singapura

Singapura merupakan destinasi ideal bagi para solo traveler, dengan perpaduan unik antara modernisme dan sejarahnya. Negara kota yang dinamis ini memiliki banyak hal yang dapat ditawarkan kepada setiap pengunjung, baik melintasi jalanan Chinatown yang semarak, melihat kekayaan sejarah Little India, atau mencari ketenangan di Botanic Gardens. Para solo traveler dapat memanjakan diri dengan beragam kuliner, mulai dari pusat jajanan kaki lima yang menjual hidangan lokal nan lezat hingga pengalaman bersantap istimewa di restoran berbintang Michelin. Dengan ukuran wilayah yang tidak terlalu besar dan didukung sistem transportasi publik yang efisien, solo traveler dapat dengan mudah menjelajahi dan menikmati pengalaman di kota ini dalam waktu singkat.

Kuala Lumpur

Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia, adalah pilihan lain yang sangat bagus untuk para solo traveler. Kota ini memiliki perpaduan budaya yang luar biasa, dengan Petronas Twin Towers yang terkenal yang mewakili modernitas serta kawasan tua seperti Little India dan Chinatown yang melestarikan pesona tradisionalnya. Solo travelers dapat menjelajahi pasar jalanan yang ramai, menyantap jajanan kaki lima yang lezat, dan mengunjungi tempat wisata seperti Batu Caves sesuka hati. Keramahan penduduknya dan biaya akomodasi yang murah membuat Kuala Lumpur menjadi tujuan menarik bagi mereka yang ingin melihat dunia sendirian.

Bangkok, Thailand

Terkenal sebagai salah satu destinasi paling mudah diakses di dunia bagi para solo travelers, tidak mengherankan jika Bangkok masuk ke dalam daftar ini. Ibu kota Thailand ini ramah bagi solo traveler dengan anggaran berapa pun, tetapi sebagai rumah bagi Kao San Road yang penuh dengan hostel, Bangkok pasti masuk dalam rencana perjalanan para backpacker. Mencari teman baru tidak pernah semudah ini, berkat penduduk setempat yang ramah dan banyaknya solo traveler di mana saja di seluruh kota. Pada siang hari, ada banyak hal yang bisa dijelajahi, seperti Grand Palace, pasar akhir pekan Chatuchak yang terkenal, atau lorong-lorong Chinatown yang berseni dan semrawut.

Untuk merayakan Hari Jomblo, Agoda menawarkan promosi 11-11 yang dapat ditemukan di aplikasi Agoda, atau di Agoda.com/deals.